Semarak Asian Games 2018, dari Jakarta untuk Asia

Wah, enggak terasa ya sob sebentar lagi Asian Games 2018 tiba. Tinggal sebulan lagi. Itu artinya, sedikit lagi Indonesia akan menjadi saksi dari perjuangan para atlet se-Asia dalam meraih gelar juara. Yeay!

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Pesta Olahraga se-Asia ke-18 patut kita apresiasi. Hal ini menandakan bahwa Indonesia telah menjadi negara yang mampu dan patut diperhitungkan di kancah Asia dan dunia. Soalnya tidak semua negara di Asia mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah, apalagi lebih dari sekali. Bangga!
 
Dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan, maka semakin besar juga peran kita dalam menyukseskannya. Namun keberhasilan Asian Games 2018 tidak hanya dilihat dari segi infrastruktur atau prestasi atletnya saja, melainkan juga dilihat dari seberapa besar dukungan bersama yang diberikan dari berbagai daerah di Indonesia.
(dok. tribunnews.com)
Oleh karena itu dari jauh-jauh hari berbagai daerah di Indonesia berlomba-lomba dalam menyebarkan semangat Asian Games 2018. Setiap daerah mungkin memiliki cara beragam, namun tujuannya tetap satu, yakni demi Indonesia!
Sebagai orang yang lahir dan besar di Jakarta saya merasa beruntung. Sejak setahun yang lalu  ibukota telah memviralkan semangat Asian Games kepada seluruh warganya dengan berbagai cara. Dan menurut saya itu luar biasa. Woah!

Apa sajakah itu? Sepanjang pengalaman saya, inilah berbagai dukungan yang daerah saya (Jakarta) berikan demi kesuksesan Asian Games 2018.
 
1. Asian Games di Jakarta Fair 2018
Inilah tradisi yang dilakukan oleh daerah saya, Jakarta setiap tahunnya. Yap! Apalagi kalau bukan Jakarta Fair. Tahun ini Jakarta Fair 2018 dilaksanakan selama 40 hari dari 23 Juni hingga 1 Juli 2018.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada Jakarta Fair 2018 kita dapat melihat tiga maskot lucu Asian Games 2018. Siapa lagi kalau bukan Bhin-bhin, Atung dan Kaka. Tiga maskot ini hadir dalam bentuk patung yang dapat kita temui di area anjungan provinsi.
Befoto bersama maskot Asian Games 2018 di Jakarta Fair 2018 (dokpri)
Dengan berstatus sebagai pameran terbesar se-Asia Tenggara dan Jakarta Fair dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai daerah, hadirnya maskot Asian Games menjadi langkah yang tepat. Soalnya Jakarta Fair 2018 tak hanya tempat buat belanja saja namun juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat yang hadir untuk mengenal lebih dalam tentang Asian Games 2018.
Maskot Asian Games di Jakarta Fair 2018 (dokpri)

2. Asian Games di Car Free Day
Dukungan ibukota dalam menyongsong Asian Games juga tampak di kegiatan Car Free Day. Parade budaya yang diadakan dalam rangka menyambut 100 hari menjelang Asian Games pada 13 Mei 2018 adalah contohnya.
Kemeriahan Parade menjelang 100 hari Asian Games 2018 di Jakarta (dok. detikcom)
Melalui kegiatan ini, berbagai elemen masyarakat mulai dari pelajar, PNS, TNI, Polri dan lainnya turut larut dalam euforia Asian Games. Sebagian peserta bahkan berasal dari luar daerah. Dengan diadakannya kegiatan ini membuat kita harus memberikan apresiasi. Hal itu karena demam Asian Games 2018 akan semakin menyebar kepada warga Jakarta.
  
3. Penjualan merchandise di pusat perbelanjaan
Industri kreatif memberi pengaruh besar terhadap kesuksesan suatu acara. Tak terkecuali dengan Asian Games 2018. Untuk itulah dukungan pun diberikan dengan menyediakan berbagai merchandise resmi Asian Games 2018 di berbagai pusat perbelanjaan ibukota, mulai dari Sarinah, Gandaria City bahkan hingga Senayan City. Pokoknya banyak deh! Saya bahkan sempat membuat vlog tentang merchandise ini di Sarinah.

4. Spanduk dukungan Asian Games
Hal yang saya suka dari daerah saya adalah bahwa ternyata dukungan tidak hanya datang dari pemerintahan provinsi saja, melainkan juga dari unit pemerintahan terkecil seperti tingkat RW dan bahkan RT.

Hal itu tampak pada tersebarnya berbagai spanduk bergambarkan 3 maskot Asian Games yang bertuliskan bahwa RW sekian mendukung kesuksesan Asian Games 2018. Sederhana, namun saya sangat suka! 

Dengan begitu maka diharapkan bahwa akan semakin tinggi kesadaran masyarakat, dari tingkat terkecil untuk turut ambil bagian dalam kesuksesan Asian Games 2018.

5. Mempersiapkan Bus Transjakarta
Masalah transportasi menjadi hal yang penting dalam kesuksesan Asian Games 2018. Oleh karena itu Pemprov DKI Jakarta juga berbenah diri dengan menyediakan bus transjakarta. Jumlahnya? Enggak tanggung-tanggung. Ada 416 buah lho! Penyediaan bus ini terjalin berkat kerja sama antara Pemerintah DKI Jakarta dan Swedia.
Demi memudahkan mobilitas para pengunjung, Pemprov DKI juga menyediakan bus transjakarta loh!

Wah, ternyata banyak banget ya persiapan yang dilakukan di Jakarta demi Asian Games 2018!

Bagaimana Saya Mendukung Asian Games 2018?

Dukungan dari setiap daerah demi kelancaran Asian Games 2018 adalah hal yang patut kita acungi jempol. Namun apalah artinya jika daerah melakukannya namun kita sebagai warganya tidak terlibat dalamnya. Tentu tidak akan berjalan sukses.

Oleh karena itu, penting banget nih bagi kita untuk memberikan dukungan. Enggak usah berat-berat kok, dari hal-hal sederhana saja. Saya pun telah melakukannya agar semangat Asian Games 2018 
menjadi lebih berkobar.

Pertama, saya memberikan dukungan dengan cara mengunggah informasi tentang Asian Games 2018. Saya telah melakukan ini sejak tahun lalu. Salah satu postingan saya adalah berupa foto saya bersama maskot Asian Games 2018. Saya percaya bahwa media sosial punya kekuatan. Maka dari itu saya memanfaatkannya.
(dokpri)
Selain itu, saya juga memberikan dukungan dengan menyukai dan mengikuti berbagai akun media sosial Asian Games 2018. Saya tak ingin ketinggalan informasi. So, saya juga melakukan update melalui situs dan berbagai media sosial Asian Games. Jika ada netizen yang bertanya tentang Asian Games dan saya telah mengetahui informasi tersebut, saya pun tak sungkan untuk membantu admin medsos untuk memberikan jawaban.
Update informasi terus tentang Asian Games 2018 (dokpri)
Asian Games 2018 memiliki 13 lagu resmi yang memiliki genre yang berbeda-beda. Sebagai bentuk dukungan, saya mengunduh lagu-lagu tersebut dari youtube dan sering menyetelnya di rumah. Beberapa kali saya juga mengirimkan lagu-lagu Asian Games ke teman atau grup whatsapp. Saya ingin tak hanya saya saja yang larut dalam euforia Asian Games 2018, namun juga orang-orang di sekitar saya. Dalam waktu dekat saya juga berencana membeli CD original soundtrack Asian Games 2018 dan pernak-pernik Asian Games 2018. Saya suka semua lagunya, tapi paling favorit ya "Bright As The Sun" dong!
"Bright As The Sun", lagu terfavorit dari seluruh lagu resmi Asian Games 2018
Pada saat pelaksanaan nanti, saya juga berencana memberikan dukungan dengan membeli tiket opening ceremony. Saya ingin menjadi saksi seperti apa sih pembukaan Asian Games yang terakhir kali diadakan di GBK 56 tahun yang lalu? Tentu bakalan jadi pengalaman berkesan bagi saya.
Yang siap nonton opening ceremony mana suaranya???
Saya juga pengen membeli tiket pertandingan. Saya juga telah mengajak teman saya untuk ikut serta di dalamnya. Sebenarnya sih saya pengen nonton semuanya hehe. Namun karena tidak memungkinkan, maka saya akan memilih cabang olah raga tertentu saja untuk ditonton. Pokoknya saya ingin memberikan semangat kepada para atlet merah putih yang bertanding. Wah, pasti seru!
Promosi Asian Games 2018 di Taman Mini Indonesia Indah (dokpri)
Terakhir, inilah dukungan yang saya berikan untuk kesuksesan Asian Games. Enggak kelihatan sih, namun jika semua orang melakukannya tentu sangat berarti. Dukungan itu diberikan melalui doa. Saya senantiasa berdoa agar Asian Games 2018 nanti berjalan dengan lancar dan sukses serta berharap agar atlet-atlet tanah air dapat unjuk gigi dan meraih banyak prestasi. Bagaimana pun, kesuksesan pelaksanaan Pesta Olahraga Terbesar Se-Asia nanti tak terlepas dari peran Tuhan.

Akhirnya, Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Kita boleh saja memiliki banyak perbedaan dan latar belakang. Tapi atas persamaan darah kita yang sama-sama berwarna merah-putih, saatnya kita satukan dukungan bersama untuk Indonesia. Buktikan bahwa Indonesia adalah energi Asia!
(dok. kompas.com)

Komentar

  1. Anak-anak event Asian games dong kak. Seru banget pasti deh. Saya selalu terharu kalau bisa ikut meramaikan event2 besar negara.

    BalasHapus
  2. Waaahh...seru banget sih euforia Asian Games di Kota Jakarta. Sebagai warga Bekasi yang sering ke Jakarta, Saya juga merasakan semangat Energy of Asia loh. Kalau bukan Kita siapa lagi yang akan mendukung Indonesia di ajang Asian Games 2018. Go Indonesia, go go go!

    BalasHapus
  3. Udah lama ga ke jakarta jadi belum merasakan euforia Asian games, tapi sering liat banyak teman-teman yg memposting informasi dan keseruan Asian games.. Jadi pingin datang dan melihat langsung keseruannya

    BalasHapus
  4. Semoga terpilih jadi salah satu penulis dari 34 yang dicari ya. Saya batal ikut lomba ini. Hikz! Acaranya bakal bentrok (halah... Kaya yg mau kepilih saja)

    BalasHapus
  5. Gena Asian Games udah terdengar dari sebelum Piala Dunia.. Jadi antusias deh pokoknya sambil berharap Indonesia bisa jadi juara umum

    BalasHapus
  6. tinggal menunggu beberapa hari lagi, suasana semakin meriah dan para pendukung mana suaranyaaa

    BalasHapus
  7. Gak berasa ya mbak Asian Games sudah di depan mata. Pasti euforia makin kenceng nih kl sudah hari H nya nanti. Moga lancar ya mbak

    BalasHapus
  8. Asian Games 2018 ini terbaca deh semaraknya, hampir semua medsos membahas. Semoga sukses

    BalasHapus
  9. Blogger Eksis juga selalu dukung untuk penyelenggaraan Asian Games di Indonesia. Semaraknya memang begitu terasa apalagi di Jakarta. Aku jadi pengen menulis tentang Asian Games juga nih*

    BalasHapus

Posting Komentar