Menjadi Masyarakat yang Berdaya bersama Daya Mart

Bisa enggak sih kita belanja di minimarket sambil turut memberdayakan masyarakat?

Jawabannya: BISA BANGET!

Bukan Dompet Dhuafa namanya kalau enggak inovatif dan kreatif. Alhamdulillah, pada Jumat, 9 Februari 2018 lalu Dompet Dhuafa sukses meluncurkan minimarket berbasis sosial bisnis bernama Daya Mart di Zona Madina, Desa Jampang, Parung, Bogor. Zona Madina dipilih karena kawasan tersebut adalah kawasan yang lengkap dan strategis. Berbagai tempat-tempat penting terdapat di sana, mulai dari sekolah binaan Dompet Dhuafa, Rumah Sakit, masjid, desa wisata dan bahkan berbagai usaha mikro.

Selain pihak Dompet Dhuafa, peluncuran tersebut juga dihadiri oleh awak media, blogger, warga setempat, Kepala Desa Jampang dan tentu saja saya. Adanya Daya Mart di Zona Madina menjadikannya sebagai Daya Mart  ke-7 di Indonesia sekaligus menjadikan yang pertama di kawasan Jabodetabek. Wuiiih! Sssttt... 6 Daya Mart sebelumnya telah berdiri di Padang, Sumatera Barat lho..
Peluncuran Daya Mart Zona Madina (dokpri)
Daya Mart enggak kalah dari minimarket-minimarket lainnya loh! (dokpri)
Daya Mart Zona Madina membawa angin segar bagi masyarakat Zona Madina. Daya Mart  enggak sekadar menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat Desa Jampang, Parung saja, akan tetapi juga turut menumbuhkan ekonomi warga sekitar. Melalui UKM, masyarakat setempat dapat memasarkan produk-produk unggulannya lewat Daya Mart dan tiap keuntungan yang diperoleh dari Daya Mart akan disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Pokoknya membeli di Daya Mart enggak bakal nyesel deh. Membeli berbuah pahala, dimana lagi kalau bukan di Daya Mart?

Walau Daya Mart hadir di tengah-tengah desa yang dikelilingi oleh warung-warung tradisional, enggak berarti bahwa Daya Mart menggusur keberadaan warung loh. Sebaliknya, Daya Mart justru bermitra dan melibatkan para pemilik warung untuk berjalan secara bersama-sama.

"Daya Mart akan berjejaring dengan warung-warung sekitar dengan mensupport dengan memberikan modal barang dan memberikan diskon. (Daya Mart) memberikan manfaat kepada mustahiq. Saya berterima kasih kepada semua pihak." Jelas Iwan Ridwan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise saat memberikan sambutan.

Tari adalah salah satu warga Desa Jampang, Parung yang telah merasakan manfaat dari adanya Daya Mart di tempat tinggalnya. Dalam peluncuran minimarket baru tersebut ia mengaku bersyukur karena bisa bermitra dalam memasarkan produk-produk UKMnya.

"Saya merasa bersyukur dan beruntung. Dengan adanya Daya Mart saya punya kesempatan untuk mandiri dan menambah keuangan buat keluarga. Saya dipimpin untuk maju." Jelas Tari. "Mudah-mudahan akan semakin banyak Daya Mart (di Indonesia)."

Kata siapa hanya minimarket seperti I***maret atau A***maret aja yang punya kartu anggota? Daya Mart juga punya kok! Menariknya, pemilik kartu anggota Daya Mart enggak sembarangan karena hanya kaum mustahiq yang tinggal di sekitar Zona Madina saja yang dapat memilikinya. Tentu dengan proses seleksi yang ketat. Dengan kartu ini, masyarakat dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan hidup karena mereka mendapatkan diskon sebesar 5 hingga 10% untuk sekali proses transaksi belanja. Ke depannya kartu anggota bakal memiliki tanggal kadaluarsa dan untuk mendapatkannya lagi harus mengikuti proses seleksi lagi.
Penyerahan simbolis kartu anggota Daya Mart kepada Ibu Tari, salah seorang warga Desa Jampang, Parung, Bogor (dokpri)
Sebagai tanda simbolis dari diluncurkannya kartu anggota Daya Mart Zona Madina, Dompet Dhuafa melakukan kegiatan secara simbolis berupa penyerahan kartu anggota kepada Ibu Tari. Sebagai tanda bukti akan diresmikannya Daya Mart, acara pun berlanjut pada pemotongan pita yang dilakukan oleh pihak Dompet Dhuafa dan Kepala Desa setempat. Setelah itu jeng.. jeng... kita bisa berbelanja deh di Daya Mart!
Berfoto bersama usai pengguntingan pita (dokpri)
Enggak mau ketinggalan dengan warga Jampang, saya juga ikutan berbelanja loh di Daya Mart. Baru masuk sebentar, wah saya merasa Daya Mart asik banget. Selain lengkap dengan berbagai kebutuhan hidup dan perlengkapan, pelayanannya juga memuaskan. Petugas Daya Mart melayani dengan ramah dan baik saat kita melakukan transaksi. Fasilitasnya pun lengkap. Di samping bisa ngopi-ngopi ganteng atau cantik, di Daya Mart kita juga bisa bayar berbagai tagihan online dan fotocopy atau ngeprint loh!
Ngopi-ngopi ganteng dulu lah di Daya Mart! (dokpri)
Pilih kamu atau dia ya? (dokpri)
Suasana transaksi di Daya Mart (dokpri)
Belanja sambil beramal, dimana lagi kalau bukan di Daya Mart? (dokpri)
Nah, buat teman-teman yang tinggal di dekat Zona Madina atau kebetulan pergi ke sana, enggak ada salahnya yuk belanja di Daya Mart! Daya Mart tak sekadar minimarket melainkan inspirasi dalam menjadikan masyarakat yang berdaya. Sukses terus Daya Mart. Semoga jumlahnya semakin terus bertambah ya!

Komentar

  1. Warung makin bersinegri dengan minimarket. Wow.

    BalasHapus
  2. wah keren ya konsepnya si daya mart...semoga makin banyak nih daya mart di seluruh Indonesia..Amin ^0^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Iya ka konsepnya unik banget. Ternyata belanja di minimarket bisa berbagi jg ya k orang lain.

      Hapus
  3. Ikut bangga punya lembaga seperti dompet dhuafa ya mas, apalagi program2nya peduli pada kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak soalnya membantu masyarakat banget :)

      Hapus
  4. Semoga Daya Mart buka cabang baru di lokasi lainnya di Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Mudah-mudahan mbak biar aku gak perlu jauh-jauh ke Parung untuk belanja. Hihi.

      Hapus
  5. inisiatif-inisiatif umat seperti ini yang kadang lebih dahsyat dari sekadar ceramah. Inilah dakwah bil hal. Umat akan makin kuat jika berjamaah dan berjejaring. lanjutkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dakwah gak selamanya harus dilakukan di dalam masjid ya mas. Lewat pemberdayaan seperti ini dakwah juga bisa dilakukan.

      Hapus
    2. ide bagus.dirikan daya mart di lingkungan masjid.

      Hapus
  6. Daya Mart? Saya baru dengan dan baru baca ini. Jika ada te.lat belanjang yang dapat bersinergi dengan pedagang pedagang kexil seperti warung warung di kampung kampung, ini wajib kita dukung. Semoga sukses ya Daya Mart

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga jangkauan Daya Mart semakin meluas ya mbak.

      Hapus
  7. Sejujurnya aku baru tahu adanya Daya Mart ini. Namun programnya menarik sekali, di mana keuntungan penjualan akan didonasikan untuk pemberdayaan kaum dhuafa. Sukses terus Daya Mart.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Aku pun suka dengan konsep Daya Mart. Memberdayakan ummat banget.

      Hapus
  8. Belanja sekaligus beramal secara bersamaan, kenapa tidak?

    BalasHapus
  9. Wah nggak jadi ikut ngeliput nih daya mart. Alhamdulillah ya memberdayakan umat dengan kemampuan yang ada pada lingkungan dan SDM nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sayang waktu acara liputan waktu Mbak Gita lagi gak tepat ya. Alhamdulillah senang deh dengan adanya program seperti ini.

      Hapus
  10. Kalau di minimarket lain yang ditempatkan di dekat kasir itu telur palsu alias telur mainan yang sebiji 12 rb. Kalau di Daya Mart itu di bawah kasir telur asli ya? :) itu setengah kilo 12 rb. Bisa dapat 7 sampai 9 buah hehehe..

    Semoga kedepannya di Cianjur bagian selatan juga ada Daya Mart ya. Amin... Biar bisa bantu perekonomian warga pelosok juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Jangankan Cianjur, semoga Daya Mart bisa menjangkau seluruh daerah di pelosok Indonesia.

      Hapus
  11. Kalau semua minimarket Kaya gini InsyaAllah perekonomian rakyat kecil bisa membaik. Suka deh dengan caranya daya mart yang gak mematikan warung2 kecil di sekitarnya. Keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kusuka banget. Jadi walaupun ada minimarket, warung2 di sekitarnya enggak mati, malahan justru dirangkul.

      Hapus
  12. Josh, keuntungan penjualannya didonasikan untuk pemberdayaan kaum dhuafa ya. Support Daya Mart!

    BalasHapus
  13. Berdaya banget dengan adanya Daya Mart. Produknya lengkap. Mudah-mudahan Daya Mart buka cabang di sekitaran Banjir Kanal Timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga nanti Daya Mart berdiri di sana juga ya :)

      Hapus
  14. Wah keren ini semoga daya jangkauannya semakin luas ya hingga ada dimana-mana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga jangkauannya terus meluas dan bahkan menjangkau seluruh pelosok Indonesia biar makin banyak orang yang merasakan manfaatnya :)

      Hapus
  15. saya baru tau Daya Mart melalui artikel ini. membuat saya jadi sadar kalau misalnya teknologi sudah berkembang baik dan bisa menghadirkan mini-market yang segini hebatnya. sukses terus! semoga cabangnya bisa banyak dimana-mana ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Aku juga baru tahu tentang Daya Mart pas ikut peluncuran kemarin. Amin banget mbak. Biar manfaatnya makin meluas ya.

      Hapus
  16. Semoga memberikan manfaat luar biasa untuk masyarakat sekitar karena memang kebutuhan sehari hari dibutuhkan. Semoga projek baik ini terus berlanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga terus berkembang dan menyebar ya kak.

      Hapus
  17. kaya gini ini nih, yang bikin masyarakat kita insya allah makin sejahtera dan maju. aku percaya kalo kita mau membangun negeri ini menjadi lebih baik, ndak perlu nunggu dari pemerintah, satu langkah kecil dari kita insya allah akan membawa perubahan. ahh semoga makin banyak daya mart daya mart di tempat lain ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin kak. Setuju banget mbak jangan nunggu pemerintah karena lama. Harapanku semoga Daya Mart terus tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

      Hapus
  18. Wah, sebisa daya mart bisa masuk kota besar dan terus berkembang. Aamin.

    BalasHapus
  19. Perbedaan Daya Mart dengan Mart- Mart lain itu apa,ya? Selain keuntungan dari donasi penjualan? Berapa persen produk UKM yang tersedia disini selain produk dari perusahaan besar? Semoga minimarket ini berkembang dan benar-benar bisa memberdayakan masyarakar sekitarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaan lainnya Daya Mart dibangun dari uang umat lewat infak/sedekah yang berasal dari para donatur DD. Jadi saat kita menyisihkan sebagian rezeki kita lewat DD, secara tidak langsung juga membantu lahir dan tumbuhnya Daya Mart-Daya Mart berikutnya. Nah kalau presentasenya secara angka ku kurang tahu mbak, tapi yang pasti sih disediakan tempat kok bagi para UKM lokal dalam mempromosikan dagangannya.

      Amiin banget mbak. Semoga terus berkembang ya Daya Mart.

      Hapus
  20. Sekarang mulai bermunculan minimarkat yg diberdayakan demi menunjang umkm dan masyarakat sekitar

    BalasHapus

Posting Komentar