Terkuak! Ternyata Ini Dia Wajah Ayahnya Shizuka dan Giant!

Siapa sih yang enggak kenal sama Doraemon?

Jangankan generasi 90an, kids jaman now yang identik dengan generasi tiktok pun juga loh!
Maklum. Di saat anime-anime lain sudah tidak ditayangkan lagi di stasiun TV, Doraemon justru semakin eksis. Dari tahun 1990 hingga sekarang robot kucing berwarna biru ini selalu tayang dan enggak pernah absen dari layar kaca. Doraemon tayang di saluran RCTI setiap Minggu pagi.
Doraemon (dok. characterdesignreferences.com)
Dulu Doraemon hanya tayang setengah jam saja dari pukul 08.00 WIB hingga 08.30 WIB. Namun sejak beberapa tahun belakangan, Doraemon selalu tayang selama satu jam dari jam 8 pagi hingga jam 9. Pada hari-hari tertentu, seperti liburan sekolah atau liburan idul fitri, Doraemon edisi the movie bahkan ditayangkan juga. Wuiiih.. mantap!

Sepanjang nonton Doraemon, kita tentu sudah tahu dan sering melihat tokoh-tokoh di dalamnya. Tokoh utamanya tentu saja adalah Doraemon, Nobita, Suneo, Giant dan Shizuka. 
Selain tokoh utama, tak jarang tokoh lainnya juga muncul. Sebut saja Dekisugi, Dorami, Ibu Nobita, Ayah Nobita, Pak Guru, Jaiko, Ibu Giant bahkan hingga Paman Kaminari. Mereka memang tidak selalu hadir dan tidak sedominan tokoh utama seperti Nobita dan kawan-kawannya. Tapi sejarang-jarangnya mereka hadir di film, pasti deh kita tahu seperti apa dan bagaimana rupa mereka. Iya kan?
Karakter-karakter dalam film Doraemon (dok. gambardoraemon.com)
Yang menarik adalah kita tahu dengan rupa ibunya Nobita dan kawan-kawannya, tapi belum tentu tahu seperti apa rupa ayah dari Nobita dan kawan-kawannya. Ayahnya Nobita dan ayahnya Suneo udah pasti tahu lah ya karena suka muncul beberapa kali dalam film (apalagi ayahnya Nobita). 

Namun kalau ayahnya Shizuka dan Giant? Pasti banyak deh yang enggak engeh! Soalnya mereka hampir enggak pernah tampil alias jarang banget hadir di film Doraemon lho!

Nah, maka dari itulah tulisan ini dibuat. Melalui tulisan ini gue pengen ngajak kalian buat kenalan dengan bokapnya Shizuka dan bokapnya Giant biar makin tahu tentang karakter minor lainnya dalam film Doraemon. 

Penasaran? Ternyata, ini dia wajah ayahnya Shizuka dan Giant! Cekidot!

Yoshio Minamoto, Babenya Si Cantik Shizuka

Ingat nama belakang Shizuka? Nah, nama belakangnya inilah yang merupakan nama bokapnya, yakni Yoshio Minamoto.

Om Yoshio ini digambarkan sebagai pria berkacamata, bertinggi sedang dan berwarna kulit peach dengan penampilan tradisional. Biasanya rambutnya ditampilkan dengan model belah tengah. Dalam beberapa adegan, ia bahkan digambarkan suka mengisap cerutu. Enggak dijelaskan sih ia bekerja sebagai apa, tapi yang jelas ia adalah pekerja kantoran di sebuah perusahaan.
Yoshio Minamoto di manga (tidak diketahui manga keluaran tahun berapa) (dok. Doraemon Wikia)
Yoshio Minamoto alias bapake Shizuka terbilang jarang banget tampil di anime Doraemon. Catatan paling tua menyatakan  bahwa om Yoshio pernah tampil pada anime Doraemon pada 1973 dalam episode "Wishing Star, Shooting Star". Sayangnya tidak diketahui secara pasti siapa orang yang menjadi pengisi suaranya kala itu.
Yoshio Minamoto pada anime 1973 (dok. Doraemon Wikia)
Setelah itu ia juga muncul pada anime 1975, 1999, 2005, 2014 bahkan hingga 2018. Pada anime 1999, babenya Shizuka muncul dalam film berdurasi 27 menit berjudul "Doraemon: Nobita's the Night Before".
Yoshio Minamoto pada anime 1979 (dok. Doraemon Wikia)
Yoshio Minamoto pada anime 2005 (dok. Doraemon Wikia)
Disulihsuarakan oleh Akira Kume, dalam film itu Yoshio tampil di adegan terakhir, yakni ketika ia berbincang dengan Shizuka untuk mempertimbangkan kembali keputusannya untuk menikah dengan Nobita. Yoshio juga digambarkan sedang mengingat masa kecil Shizuka dan memberikan dukungan atas keputusan yang Shizuka akan jalani. Di akhir film diceritakan bahwa Shizuka akhirnya menikah dengan Nobita.
 
Pada 2014, Yoshio juga tampil dalam  Doraemon The Movie: Stand By Me. Bagi yang udah nonton seharusnya sih tahu. Tapi mungkin karena porsi tampilnya tidak sebesar tokoh yang lain, banyak yang tidak engeh. Aruno Tahara menjadi pengisi suaranya saat itu.
Yoshio Minamoto dalam film "Doraemon: Stand By Me" (dok. Doraemon Wikia)
Yang terbaru, Yoshio juga nongol di anime Doraemon dalam episode "Ingin Mendapatkan Nilai 100 Sekali Seumur Hidup" pada 2018. Dalam episode tersebut Yoshio digambarkan sedang mumet mengerjakan tugas dari kantor di rumah.

Nobita yang saat itu meminjam pensil ajaib dari Doraemon datang membantu. Dengan pensil ajaib, ia mengerjakan tugas Yoshio dan dalam sekejap tugasnya pun dapat selesai. Yoshio yang dari tadi mandek ngerjain pun seketika takjub karena Nobita berhasil mengerjakannya dengan gece.
Yoshio Minamoto dalam anime pada 2018 (dok. Doraemon)
Dari beberapa penampilannya, gue merasa kalau bapake ini kurang mirip dengan Shizuka. Soalnya Shizuka lebih mirip dengan mamake ketimbang bapake. Tapi dalam hal urusan rajin dan bijak, gue rasa hal ini menurun ke Shizuka.

Seperti Giant, Sasuke Gouda pun Terkuat!

Sama seperti ayahnya Shizuka, ayahnya Giant alias Takeshi Gouda juga jarang loh nongol di film Doraemon. Maka dari itu kehadirannya sulit ditelusuri.

Babenya Gian memiliki nama lengkap Sasuke Gouda. Tidak diketahui secara pasti ia berprofesi sebagai apa. Tapi kalau lihat dari latar belakang si Giant, sepertinya Sasuke Gouda ini adalah seorang wirausahawan yang mencari uang lewat toko bersama dengan istrinya.

Dari segi perawakan, Sasuke enggak jauh beda dengan Gian dan istrinya. Ia sama-sama berbadan besar dan berwarna kulit tan. Dengan usia yang diperkirakan 30 hingga 40 tahun, Sasuke memiliki karakter yang strict alias kaku. Intinya sih kalau dia bilang A ya A, B ya B, alias enggak bisa dilanggar dan diganggu gugat.

Dibandingkan dengan bokapnya Nobita dan kawan-kawannya, babenya Giant bisa dikatakan paling jarang banget nongol di film. Makanya Sasuke tidak sefamiliar tokoh-tokoh lainnya.

Sasuke tercatat pernah tampil pada anime Doraemon tahun 1973. Kala itu ia digambarkan sebagai pribadi yang pendek, berkacamata dan bisa dikatakan sebagai orang yang lemah. Dengan kondisi seperti itu, ia pun sempat dirundung (dibully) oleh anaknya sendiri.
Rupa ayahnya Giant, Sasuke Gouda pada anime 1973 (dok. Doraemon Wikia)
Tapi seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan juga pada karakter Sasuke Gouda. Pada anime 1979, ia digambarkan berbadan besar dan tampak lebih kuat. Pada anime 2005 ia digambarkan memiliki kumis mirip seperti kumisnya Charlie Chaplin. Walau ada beberapa perbedaan, ada satu persamaan yang pasti. Yap! Babenya Sasuke disebut-sebut sebagai orang terkuat di kota.
Sasuke Gouda pada anime 1979 (dok. Doraemon Wikia)
Sasuke Gouda pada anime 2005 (dok Doraemon Wikia)
Oh ya ada yang unik nih. Ternyata babenya Gian pernah tampil secara bersamaan dalam satu episode yang sama dengan babenya Shizuka lho, tepatnya dalam episode "Ingin Mendapatkan Nilai 100 Sekali Seumur Hidup". 

Dalam episode tersebut diceritakan bahwa Giant mencuri pensil ajaibnya Nobita sehingga ia mendapatkan nilai 100 setelah ulangan. Lantaran bangga mendapatkan nilai tersebut, Giant pun menemui babenya dan akhirnya menunjukkan hasil ulangannya. 

Alih-alih senang, si babe justru malah menangis dan kesal dengan Giant. Ia tidak percaya dengan hasil yang Giant dapatkan. Ia lantas bilang ke Giant bahwa ia lebih suka Giant mendapatkan nilai jelek tapi jujur ketimbang nilai bagus tapi didapatkan dengan cara yang tidak baik. Akibatnya, Giant pun diomeli dan dihajar olehnya. Di akhir cerita Giant yang merasa menyesal kemudian mengembalikan pensil ajaib kepada Doraemon dengan keadaan penampilan babak belur karena dipukul oleh ayahnya.
Sasuke Gouda pada anime 2018 (dok. Doraemon)
Perlu diketahui nih gaes ternyata seiyu alias pengisi suara Sasuke Gouda telah mengalami beberapa pergantian. Pada 1976-1980, Sasuke disulihsuarakan oleh Masayuki Kato, pada 1987 dan 1993 oleh Yu Shimaka, pada November 1987 oleh Daisuke Gori dan pada 2005 oleh Shinpachi Tsuji.

******

Nah, itulah dia wajah atau rupa dari ayahnya Shizuka dan Giant. Kalau dilihat-lihat wajahnya ayahnya Giant sebelas dua belas ya. Tapi kalau ayahnya Shizuka kurang mirip karena Shizuka lebih mirip dengan ibunya.

Walau mereka adalah karakter minor dan jarang banget tampil di film Doraemon, peran mereka enggak boleh disepelekan loh. Bayangin deh apa jadinya kalau enggak ada ayah? Pasti deh Shizuka dan Giant pun gak bisa lahir ke dunia (film)! Wkwkw

Akhir kata, tiap tahun film boleh saja semakin banyak bermunculan. Namun semoga film Doraemon terus ditayangkan di TV ya agar tidak hanya generasi 90an aja yang tumbuh bersama, namun juga generasi-generasi selanjutnya.

NB: Oh ya, buat kalian yang punya request atau ide tentang tulisan berikutnya, silakan komen ya. Kalau sempat dan bisa, nanti akan coba gue tulisin.

Komentar

  1. waaaahh...mereka muncul tapi ngga ngeh aku pas di stand by me...wkwkwkwk...karena jarang dan dominan mamake yang muncul ya. Seru banget akhirnya tahu mereka kayak apa, karakternya gimana bahkan sampai muncul di mana aja episodenya. Makasi yaaaa udah ngasi tahu kalau keberadaan mereka penting banget...hohoho XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw iya . Babenya shizuka aja sih ka yg muncul di Stand By Me. Kalau bapake Gian sih lebih jarang lagi munculnya.

      Hapus
  2. Sekilas sebenarnya kaya pernah liat emang. Tapi gak banyak. Dan ternyata emang tiap periode tahun udah punya tampilan yg berbeda ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jangankan bapaknya Shizuka/Giant. Tiap tokoh dari waktu ke waktu beda tampilannya kok walau gak jauh perbedaannya.

      Hapus
  3. Endut endut gimana ya. Luar biasa ngeselin nih kadang giant hahaha...aku main hati lho kalau liat film ini. Aku request dong film Trian to Busan hahaha kisah nyata ya kabarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya gian mah ngezelin orangnya. Tapi di balik sifatnya itu dia penyayang loh. Oke mbak thanks buat requestnya :D

      Hapus
  4. wah aku baru tau hahaha. Sampe sekarang pun masih suka nonton Doraemon, apalagi ceritanya itu bisa dinikmati juga sama anak-anak jadi nggak takut nonton bareng sekeluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film Doraemon everlasting ya mbak. Walaupun udah tayang sejak lama tapi tetap cocok ditonton oleh siapa aja sampai sekarang. Aku pun juga suka nonton Doraemon sampai sekarang. Hehe.

      Hapus

  5. Aku kenalan sama babenya shizuka pas ngeliat trailernya nobita yang akhirnya nikah sama shizuka.

    Film doraemon emang gak ada matinya ya. Bahkan belakangan dihebohkan dengan ending cerita dari kartun satu ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Babenya shizuka nongol di Stand By Me.

      Setuju banget kak. Walaupun pengarangnya udah gak ada, tapi karyanya tetap membekas sampai sekarang ya.

      Hapus
  6. Waaaah, ini sih animasi yg gak pernah bosen liat sejak masih SD kelas 4. Saat badan masih imuuut. Gak kayak Nobita cs yg begitu terus. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Dari dulu Nobita gak pernah lulus SD ya mbak xD

      Hapus
  7. Aku juga pernah lihat mereka tapi yaa memang hanya di film versi layar lebar aja dan itu juga gak diekspose. Padahal peran sekecil apapun dari sebuah cerita harusnya tampil memenuhi porsi yang sama yaa. Jadi, kangen sama Doraemon dkk deh.

    Oia, kalo boleh request bahas kartun 90an lain supaya milenial terobati kangen'a. Kalo aku sih paling suka sama Crayon Shinchan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh ka. Setiap peran pasti mengambil bagian penting dalam alur cerita.

      Woke kak. Ditampung dulu ya requestnya.

      Hapus
  8. Ah iya bener, sekian lama sering nonton Doraemon tapi jarang banget liat ayah Shizuka dan Giant

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih eksis mamake ketimbang bapake soalnya. Apalagi mamake Gian.

      Hapus
  9. iya sih dan semuanya berubah wajahnya.. dari anime hingga film bioskopnya... apalagi di komik... ayahnya berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kalau diperhatiin emang banyak perubahan. Enggak hanya pada bapake Giant dan bapake Shizuka aja tapi juga dengan karakter2 lainnya.

      Hapus
  10. Kakau yang mirip pak SBY itu bapaknya siapa ya. Nobita yak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lol mirip SBY. Iya babenya Nobita.

      Hapus
  11. Saya sangat suka sama film doraemon, sampai sekarang saya gunakan nobita untuk objek foto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doraemon selalu membekas ya ka.

      Hapus
  12. Terima kasih infonya. Buat penggemar Doraemon pasti senang

    BalasHapus
  13. Mau di dunia nyata atau pun dunia filem, ternyata pendeskripsian orang tua dan anaknya itu sama ya?! Selalu digambarkan memiliki kemiripan, entah itu mirip karakternya maupun bentuk tubuhnya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau beda nanti penonton bingung mak. "Itu anaknya siapa?" Wkwk

      Hapus
  14. Bapaknya giant mirip ya sama bapaknya nobita. Apalah mereka kakak adik?

    BalasHapus
  15. Aku happy banget baca artikel ini. Soalnya dari dulu kubertanya tanya, kenapa yang sering nongol bapaknya Nobita doang. Kemana para bapak yang lainnya. Makasih ya mba.

    BalasHapus

Posting Komentar