Sedekah Daging Kurban Dompet Dhuafa adalah Jalan Ninjaku

Tanggal 31 Juli 2020 ditetapkan sebagai peringatan Idul Adha 1441 H. Alhamdulillah, itu artinya sebentar lagi kaum muslimin dari berbagai penjuru dunia akan merayakan hari keagamaan terbesar kedua setelah Idul Fitri. Yeay!

Di satu sisi kita merasa senang. Namun di sisi lain kita juga merasa sedih. Adanya pandemi covid-19 sejak Maret lalu membuat pelaksanaan Idul Adha tahun ini terasa lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Suasana pemotongan hewan kurban Dompet Dhuafa di Desa Jampang, Bogor pada 2019 (dokpri)
Tak bisa dipungkiri, penyebaran wabah corona mengakibatkan banyak masyarakat terdampak ekonomi. Tak hanya menyebabkan seseorang mengalami penurunan pendapatan, namun juga berdampak pada hilangnya pekerjaan dan bahkan kebangkrutan.

Virus corona emang enggak kelihatan. Namun efek yang dihasilkan kan maen. Dampak ekonomi yang terasa juga turut membuat geliat masyarakat untuk berkurban pada tahun ini menjadi berkurang. Boro-boro untuk berkurban. Bisa bertahan hidup di tengah-tengah penurunan pendapatan, PHK dan kebangkrutan saja sudah luar biasa.

Bagi yang tinggal di kota-kota besar khususnya Jakarta, mendapatkan akses kurban setiap tahunnya sih hal biasa. Bahkan bisa jadi jumlah kurbannya selalu kelebihan. Namun bagi yang tinggal di daerah pelosok, bukan tak mungkin hewan kurban adalah hal langka. Apalagi menurut data IDEAS (Indonesia Development Islamic Studies) Dompet Dhuafa pada 2019, masih banyak masyarakat di wilayah luar Jakarta yang belum merasakan hewan kurban karena keterbatasan ekonomi.
Hewan kurban Dompet Dhuafa pada 2019 (dokpri)
Ironis memang. Sebelum pandemi, jumlah masyarakat di Indonesia yang belum merasakan hewan kurban saja masih banyak. Apalagi ketika pandemi. Tapi apakah kita tetap membiarkan jumlah orang yang enggak kebagian hewan kurban pada tahun ini semakin bertambah?

Tentu enggak mau dong? Kalau ada duit buat berkurban sih alhamdulillah. Namun kalau belum bisa, maka hanya ada satu caranya:
Tunjukkan jalan ninjamu dengan bersedekah daging di Dompet Dhuafa! 

Kenapa Sedekah Daging Kurban?

Seperti dibahas di awal, masa pandemi seperti sekarang adalah masa-masa yang sulit bagi semua orang. Nah, berangkat dari itulah Dompet Dhuafa kemudian mengeluarkan terobosan berupa program sedekah daging kurban. Hal itu karena Dompet Dhuafa percaya bahwa masih banyak orang baik di negeri ini.

Sesuai namanya, program sedekah daging termasuk pada ibadah sedekah. Meskipun nantinya nominal sedekah akan dikonversikan menjadi hewan, niat dan akadnya adalah akad untuk bersedekah, bukan akad kurban.

Ini sesuai dengan isi surat At Thalaq ayat 7 yang berbunyi, "Dan orang yang disempitkan rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekadar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan."

Tujuan utama dari program sedekah daging adalah untuk mengakomodir keinginan dan niat baik masyarakat yang sebenarnya ingin berkurban namun tidak jadi dilakukan karena terkendala biaya akibat dampak covid-19. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pengurangan distribusi hewan kurban ke berbagai daerah pelosok di Indonesia karena pandemi. Intinya sih, jangan sampai pandemi menyurutkan jumlah penyaluran hewan kurban dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Simbolis penyerahan daging kurban Dompet Dhuafa di Desa Jampang, Bogor pada 2019 (dok. Dompet Dhuafa)
Lalu berapa nominalnya? Bicara nominal, jumlahnya terjangkau banget! Hanya dengan mengeluarkan sedekah/donasi minimal Rp100.000, kamu pun sudah bisa ikutan sedekah daging dan menjadikannya sebagai jalan ninjamu untuk menunjukkan ketaqwaan kepada Allah! 

Donasi yang terkumpul nantinya akan dikonversi menjadi hewan kurban yang kemudian akan disalurkan ke pelosok nusantara. Enggak perlu khawatir sama penyalurannya. Dompet Dhuafa sudah terpercaya sejak 1993 dan bahkan sempat penghargaan Ramon Magsaysay 2016.

Bagi yang ingin berpartisipasi, caranya mudah. Cukup dengan mengunjungi link berikut ini kemudian donasi sesuai nominal yang kamu inginkan, kamu pun sudah turut berkontribusi dalam penyebaran daging kurban.
Yuk bersedekah daging di Dompet Dhuafa!
Jika Naruto, bapaknya Borutu berkata bahwa "Aku tak akan menarik kembali kata-kataku karena itu jalan ninjaku". Maka kini tak ada salahnya bagimu untuk berkata,
"sedekah daging kurban adalah jalan ninjaku untuk menunjukkan ketaqwaan kepada Allah."

Comments