Pencapaian Qlue di 2019, Mulai dari Smart Citizen Day hingga Dapat Penghargaan di Dubai

Waktu terasa begitu cepat. Rasanya baru kemarin kita menyambut datangnya 2019. Namun ternyata sebentar lagi udah 2020 aja.  

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tahun 2019 menyisakan kenangan tersendiri bagi setiap pihak. Termasuk bagi Qlue. Sebagai pelopor start-up smart city di Indonesia, tak bisa dipungkiri bahwa sepanjang 2019 Qlue telah mencatatkan berbagai pencapaian positif dan momen yang tak terlupakan.
Qlue, perusahaan rintisan smart city yang telah berdiri sejak 2016 (dokpri)
Salah satunya adalah Smart Citizen Day. Berlangsung pada 28 Maret 2019 di The Opus Grand Ballroom Jakarta, Qlue berhasil membuat terobosan dalam hal penyebaran informasi teknologi kepada masyarakat umum dengan rangkaian acara diskusi yang menarik.
Meski baru pertama kali diadakan, acaranya berlangsung dengan sukses. Soalnya di Smart Citizen Day kita tak hanya bisa mendapatkan beragam informasi menarik tentang teknologi namun juga bisa melihat secara langsung kecanggihan teknologi yang diusung oleh Qlue dalam membantu implementasi dari smart city di Indonesia. Kebetulan saat itu saya adalah salah satu pesertanya.
Qlue selenggarakan Smart Citizen Day pertama di tahun 2019 (dok. Qlue)
Antusiasme para peserta untuk mengikuti Smart Citizen Day juga luar biasa. Dengan rangkaian acara diskusi yang menarik, Qlue menjadi magnet bagi 1.500 warganet yang peduli dengan teknologi dan 20 pembicara kompeten untuk sama-sama berdiskusi tentang masalah teknologi demi masa depan Indonesia.
Pencapaian lainnya adalah Qlue berhasil menutup 2019 dengan pertumbuhan bisnis di atas 50% dibandingkan tahun 2018. Hal itu sejalan dengan peningkatan jumlah klien yang terdiri dari instansi pemerintah dan swasta seperti diungkap oleh Rama Raditya selaku pendiri dan CEO Qlue.

"Qlue mencatat pertumbuhan bisnis yang luar biasa dengan meningkatnya pendapatan perusahaan di atas 50% dengan jumlah klien yang meningkat 89% menjadi 85 klien yang terdiri dari instansi pemerintah dan swasta." tutur Rama Raditya.
(dokpri)
Raihan itu terwujud karena sepanjang 2019 Qlue terus mengembangkan solusi smart city berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT) dan mobile workforce. Selain itu Qlue juga menerapkan strategi berupa pengembangan solusi smart city, ekspansi bisnis di dalam dan di luar negeri serta kolaborasi dengan mitra bisnis. Alhasil, pertumbuhan bisnis mengalami peningkatan dan jumlah klien pun bertambah.

Selama 2019 Qlue juga telah berhasil melebarkan sayapnya di lebih dari 30 kota dan kabupaten baru, mulai dari Minahasa, Tarakan, Kupang bahkan hingga Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Belitung. Kemudian Qlue juga berhasil mengembangkan solusi CCTV dan Video Analytics QlueVision yang digunakan di tiga Balai Besar Jalan Nasional untuk mendapatkan analisis tentang jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan nasional di Banten, Mataram dan Papua.
Saya bahkan juga baru tahu bahwa sepanjang 2019 Qlue telah membantu pihak kepolisan lewat aplikasi 'Polisiku' dan command center yang telah diaplikasikan di 22 Polda dan 5 polres seluruh Indonesia. Menurut saya ini keren banget karena dapat meningkatkan keamanan dengan lebih mudah.
Atas berbagai inovasi tersebut, berbagai penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri pun berhasil Qlue raih. Qlue tak hanya mendapatkan penghargaan The Innovator Awards 2019 dari Majalah Forbes Indonesia saja, namun juga berhasil meraih Startup of The Year 2019 dari Jumpstart Magazine Hong Kong, Indonesia Best IoT Startup 2019 dari ASEAN Rice Bowl Startup Awards 2019 dan bahkan yang bergengsi adalah Best M-Government Service Awards di The World Govenrment Summit 2019 di Dubai, Uni Emirat Arab. Wow!
Berbagai penghargaan yang berhasil Qlue raih sepanjang 2019 (dokpri)
Best M-Government Service Award, salah satu penghargaan bergengsi yang berhasil Qlue raih di tahun 2019 (dokpri)
Tak sampai di situ saja, Qlue juga mendapatkan dukungan dari berbagai badan dan institusi baik dari dalam maupun luar negeri, mulai dari Gojek, GSMA, NVIDIA, Facebook dan bahkan hingga Microsoft. Wow! Enggak nyangka! Sebagai orang Indonesia, saya pun turut bangga!

Meski berbagai pencapaian telah diraih, namun Qlue tak ingin berpuas diri karena masih banyak hal yang ingin Qlue wujudkan. Memasuki tahun baru 2020, Qlue terus berupaya untuk mengembangkan solusi smart city yang berfokus pada smart mobility, smart security dan smart environment.

Sebagai masyarakat umum, tak ada hal lain yang bisa saya lakukan selain memberikan dukungan. Saya berharap semoga Qlue tak lelah dalam berinovasi. Terlebih, Indonesia bakal punya ibu kota baru sehingga peran Qlue dalam mewujudkan kota cerdas di ibu kota baru amat dibutuhkan. Semoga Qlue semakin maju dan tahun 2020 dapat menjadi awal bagi Qlue agar dapat menjadi pemain lokal yang semakin diperhitungkan di dunia.

Komentar

  1. Semoga tahun depan Qlue semakin berinovasi yaa demi Indonesia yang lebih canggeh, yeay!

    BalasHapus

Posting Komentar