Menggila di Ancol bersama Teman-teman Kantor

Kapan terakhir kali lo pergi ke Seaworld?

Kalau gue sih tahun 2012. Udah lama deh pokoknya.

Nah, setelah 10 tahun enggak mampir, akhirnya gue mutusin lagi untuk main ke sana.

Semuanya berawal dari ke-BM-an Silpi, teman sekantor yang pengen banget berenang bersama ikan piranha. Takut Silpi kebawa mimpi, akhirnya Ghina Nurul, ngajakin beberapa teman kantor (termasuk gue) sehingga jadilah JJB (jalan-jalan bareng) ke Seaworld.

Rencana awalnya kita pergi ke Seaworld berenam orang, yakni gue, Ghina, Silpi, NaNa, Havid dan Dinar. Tapi karena Havid punya pengalaman kurang baik dengan Seaworld (kasih tahu gak ya :p) dan Dinar merasa kureng, akhirnya kita cuman berempat aja. 

Sebagai win-win solution biar kita berenam tetap bisa jalan-jalan, akhirnya duo Ideex ini tetap ikut JJB tapi di Ancolnya aja. Jadi, setelah kita berempat bersenang-senang di Seaworld, mereka nyusul langsung ke Ancol.

Kita berenam pergi ke Ancol pada Sabtu, 29 Januari 2021. Geng ciwi-ciwi yakni Ghina, Silpi dan Nana pergi ke Seaworld dengan naik KRL dan busway. Sementara yang cowo-cowonya yakni gue, Havid dan Dinar pergi ke sana dengan naik sepeda motor. 

busway
Silpi, Ghina dan Nana saat naik busway

Awalnya sih gue pengen naik busway aja. Tapi berkat bujuk rayunya Dinar akhirnya gue berubah pikiran sehingga gue mutusin naik sepeda motor. Kebetulan orangnya pas juga jumlahnya genap (6 orang) sehingga akan jadi lebih mudah jika kita ingin pergi ke tempat lain. Makasih yo Dinar.

Gue jalan ke Ancol sekitar jam 11.45an saat Ghina, Silpi dan Nana tiba di Tanah Abang. Alhamdulillah setelah menempuh perjalanan hampir 1 jam, akhirnya gue sampai di depan gerbang Ancol jam 12.48. Jarak antara gerbang ke Seaworld sih sebenarnya deket. Tapi karena jalannya dibikin muter-muter (mungkin karena pandemi), gue butuh waktu lebih lama deh untuk sampe ke Seaworld.

Ancol
Gue saat tiba di depan gerbang Ancol
Sekitar jam 13.07, gue sampe di depan pintu masuk Seaworld. Di sana gue langsung ketemu dengan Ghina, Silpi dan NaNa. Kita pun excited satu sama lain kayak anak kecil yang baru pertama kali dilepas buat jalan-jalan. 
seaworld
Silpi dan impiannya untuk berenang bersama ikan piranha

Gak pake waktu lama setelah ketemu, kita berempat langsung masuk ke Seaworld pake tiket yang udah dibeli secara online. Setibanya di dalam, kita langsung menjelajah satu per satu tempat biota air yang tersedia, mulai dari ikan badut, belut listrik, penyu, ubur-ubur hingga hiu. Dan kalau nemu spot yang kece, pastinya dong kita langsung foto-foto.

seaworld
NaNa, Ghina dan Silvi saat melihat ikan-ikan di Seaworld.

seaworld
Ceritanya ala-ala siluet gitu. Lucu kan??
seaworld
TBL TBL TBL.. Takut Banget Loh!
Di Seaworld terdapat banyak habitat air. Tapi untungnya gak ada aligator. Soalnya kalau ada, nanti bisa distoriin sama NaNa. Tampol nih! *kata Nana.

aligator
Nana dan aligator kesayangannya.

Di saat Silpi dan Ghina terlihat excited saat melihat ikan menari-nari di akuarium, NaNa malah  fish-shaming. Tiap kali melihat ikan yang bentuknya jelek, pasti deh dia bilang "Ih ikannya jelek.". Maapin nana ya Kan. Nana emang kayak gitu.

Kata Nana: Ih jeleque banget ikannya!

Enggak lengkap ke Seaworld kalau belum lihat atraksi penyelam kasih makan kepada ikan-ikan yang berenang. Makanya pas tahu bahwa jam 14.00 ada atraksi penyelam kasih makan ke ikan, kita langsung ke lokasi untuk nikmatin pertunjukan bagaimana babang penyelam ngasih makan sekaligus berinteraksi dengan ikan-ikan yang ada.

Seaworld
Lucu banget lihat penyelam beratraksi memberi makan pada ikan (dok. Ghina)
Melihat ikan-ikan mengerubungi penyelam untuk makan terlihat lucu di mata gue. Apalagi pas ikan pari datang terus mangap-mangap buat makan. Gemoy banget! Dengan bentuknya yang unik dan beda daripada yang lain, ikan pari memang selalu jadi primadona di Seaworld.

Seaworld
Foto bersama ikan di Seaworld

seaworld
Wefie sama Pari ceritanya, tapi parinya gak keliatan.  

seaworld
Hepi banget Ghina :D

seaworld
Kita mah enggak bisa ngeliat kaca anaknya.

Setelah melihat ikan-ikan lucu dikasih makan sama penyelam, kita kemudian beralih ke akuarium hiu. Katanya sih jam 14.30 bakal ada atraksi penyelam yang bakal terjun ke dalam terus kasih makan. Tapi setelah ditunggu-tunggu, kok penyelamnya gak muncul-muncul ya. 

Takut kelamaan, kita udah laper dan berhubung Dinar serta Havid udah sampe di Ancol (Havid sampe jam 13.36, sementara Dinar sampe jam 14.00), akhirnya kita memutuskan untuk mengakhiri petualangan di Seaworld. 

Ancol
Dinar saat sampe duluan di Pantai Ancol (dok. Dinar)

Sembari menunggu Havid dan Dinar nyamperin ke parkiran Seaworld, kita duduk-duduk lucu dulu di area food court. Ghina memutuskan untuk beli Hop Hop rasa cokelat dengan topping grass jelly. Tapi sayangnya, rasa grass jellynya asem gitu.

Untuk mengganjal perut, kita makan biskuit marie rasa cokelat yang gue bawa. Kebetulan total isinya 12, jadi pas banget karena setiap orang kebagian dapat 2 buah. Mayan lah ya buat ngisi perut dulu.

Jam 14.54, Dinar dan Havid sampe di parkiran Seaworld. Gue, Silpi, Ghina dan Nana keluar dari Seaworld kemudian menemui mereka. Gak lama setelah itu, kita pergi menuju Pantai Ancol. Gue boncengan dengan Silpi, Havid dengan Ghina sementara Dinar dengan Nana Jimmy.

Menghabiskan Sore Bersama di Pantai Ancol

Beberapa menit kemudian, kita berenam sampe di Pantai Ancol. Berhubung gue belum sholat, gue sholat dulu di masjid terdekat, sementara teman-teman yang lain mampir ke McD untuk beli makan (kecuali Dinar dan Havid karena mereka udah makan duluan). Untung ada McD di dekat pantai jadi gak perlu repot-repot lagi kalau mau cari makanan.

Kelar sholat, gue nyusul ke McD untuk beli makanan. Setelah itu kita mutusin buat nyewa karpet seharga Rp25 ribu dan duduk di belakang batu. Sembari makan menu McD yang tadi dibeli, kita ngobrol-ngobrol bareng. Random. Mulai dari kerjaan, anjingnya Silpi, calonnya Nana, kegalawan Hapid hingga hal-hal personal lainnya. 

Etapi saat lagi asyik-asyiknya ngobrol, Nana malah kebelet boquer dong. Karena dapat jeritan alam, akhirnya dia pergi ke toilet. Mumpung  gak ada Nana, kita ghibahin dia deh. Kita brainstorming bareng tentang apa yang bakal Nana omongin kalau dia lagi susah boquer di toilet wkwk Jangan-jangan dia bakal ngomong, "Jimmy bete!"

Ancol

Ancol

Ancol

Ancol
Nana dengan pose bau mulutnya.

Ancol
Havid pose lo kenapa kayak orang berdoa? wkwk

Setelah foto-foto pake kamera, sebenarnya gue pengen banget untuk foto pake instax juga biar hasilnya langsung jadi. Kebetulan gue bawa juga. Tapi entah kenapa instaxnya enggak bisa, padahal baterainya udah sempat dikeluarin dan dicoba berkali-kali. Akhirnya, kita batal untuk foto-foto pakai instax saat itu.

Dari tadi duduk terus, tentu bosen dong? Mumpung ada sepeda di Ancol, akhirnya sekitar jam 5 kita mutusin untuk beranjak ke tempat penyewaan sepeda dan skuter. Gue sih udah beberapa kali ke pantai Ancol. Tapi kalau sepedaan di Ancol, gue baru kali ini melakukanya. 

Biaya sewa sepeda dan skuter adalah sebesar Rp25 ribu per jam. Kita cuman nyewa 2 sepeda dan 2 skuter. Berhubung kita ada berenam orang, maka kita menggunakannya secara bergantian. Namanya juga anak sosmed, kita pun enggak lupa untuk foto-foto bareng. Oya, ini pengalaman pertama kali juga bagi gue untuk main skuter.

bersepeda di Ancol
Bersepeda dan berskuter di Ancol

Naik sepeda dan skuter di Ancol ternyata seseru itu. Gue bahkan sampai bolak balik beberapa kali saking sukanya. 

Saat naik sepeda sih gue lancar karena udah bisa dari awal. Tapi saat naik skuter, gue agak terbata-bata karena belum terbiasa. Gue jadi heran sama Havid. Dia kok bisa lincah ya main skuternya padahal baru nyoba. Gue malah rada ngeri pas main skuter karena ada rasa takut jatuh. wkwk

Di sela-sela main sepeda dan skuter,  gue, Havid dan Dinar nyempetin dulu untuk Sholat Ashar. Gue dan Havid pake celana panjang, jadi aman saat sholat. Nah, masalahnya Dinar pakai celana pendek di atas lutut sehingga kalau dia sholat gak sah.

Gue mikir gimana caranya supaya lututnya gak keliatan. Aha! Berkaca dari pengalaman gue, akhirnya gue ngide ke Dinar untuk libetin jaket gue dan jaket Havid ke bagian  pinggang ke lututnya dia biar auratnya gak keliatan. Tada.. akhirnya jadilah Dinar sholat dengan tampilan seperti ini.

Life hack saat lo pake celana pendek dan bawa jaket tapi pengen sholat

Setelah selesai sholat, kita kembali lagi main skuter dan sepeda. Saking asyiknya, enggak terasa sudah sekitar sejam lamanya kita menyewa sepeda dan skuter. Itu artinya, sepeda dan skuternya sudah harus dikembalikan ke tempat semula. 

Untungnya, billing waktu skuter yang gue pake abis saat gue berada di dekat tempat penyewaannya sehingga gue gampang buat balikin. Sementara skuter yang dipakai Dinar harus digotong berdua dengan Havid karena billingnya keburu habis sebelum dikembalikan. Jadi, skuternya gak bisa digerakin deh karena billingnya terlanjur habis.

Gak lama setelah balikin skuter dan sepeda, maghrib tiba. Lampu-lampu yang menggantung di area pantai pun mulai menyala, menambah keindahan langit yang perlahan mulai berubah menjadi kegelapan.

Ditemani semilir angin malam yang berhembus dengan mesra, kita berenam pun mengabadikan momen dengan kamera sebelum kemudian kita bergegas dari Ancol.

Ancol

Ancol

Menikmati kuliner pecinan di 99 Pecenongan

Awalnya kita cuman pengen main di Ancol aja, abis gitu pulang. Tapi karena masih ada waktu dan "kepagian" kalau langsung pulang, akhirnya kita mutusin untuk berburu kuliner di ibukota. 

Di antara kita berenam, Silpi yang pertama kali ngasih ide untuk berburu kuliner. Kemudian cling! dengan otak cemerlangnya, Ghina langsung ngusulin untuk makan di daerah Pecenongan. Idenya Ghina sempet didebat dulu sih sama Dinar karena dia ragu emang ada makanan enak apa di Pecenongan. Tapi karena kita memang random dan Pecenongan gak terlalu jauh juga dari Ancol, akhirnya jadilah kita makan di sana. Jadi setelah sholat Maghrib selesai, kita pun langsung cus ke Pecenongan.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih setengah jam (atau lebih ya?), akhirnya kita sampai juga di lokasi tujuan. Sempat nyasar sedikit sih karena dibuat bingung sama gugel maps, tapi alhamdulillah kita bisa sampai di lokasi dengan selamat. Havid dan Ghina sampai lebih dulu, kemudian gue dan Silvi lalu disusul oleh Dinar dan Nana. Kita sampai sekitar pukul 20.05-20.15.

Di sana, kita memilih untuk makan kuliner Pecinan di 99 Pecenongan. Ini kali pertama gue, Havid dan Dinar makan di sana. Untungnya di sebelah tempat makannya persis ada indomaret. Penasaran kenapa instax gue enggak bisa nyala-nyala, akhirnya gue mampir ke indomaret untuk beli baterai alkaline. Siapa tahu penyebabnya karena baterai. 

99-pecenongan
99 Pecenongan

99-pecenongan
99 Pecenongan
Pas dicoba, dugaan gue ternyata benar. Instax gue enggak bisa dipakai sebelumnya karena faktor baterai. Seketika gue bersyukur karena instax gue enggak kenapa-kenapa. Yeay! Akhirnya instaxnya bakal kepake juga!

Di 99 Pecenongan kita memesan berbagai menu yang kemudian diletakkan di meja berputar. Gue enggak tahu nama menunya apa aja, tapi yang pasti ada fu yung hai dan es teh manis. Tiap orang memesan 1 porsi nasi, kecuali Ghina dan Nana. Mereka hanya mesan 1 porsi nasi untuk berdua. 

99 Pecenongan
Selamat makan!

Satu per satu menu berdatangan, hingga akhirnya semua menu yang dipesan komplit tersaji di atas meja. Tanpa mikir lama, kita pun segera menyantapnya dengan lahap. Secara keseluruhan, gue suka dengan menu-menu yang tersaji. Sajian udang dan fu yung hainya juara. Untuk menikmati segala sajian yang dipesan, kita masing-masing patungan sebesar Rp47.500 karena total menunya seharga hampir Rp300 ribu.

Laper bu??

Mari kita makan! *pakai nada Sisca Kohl.

Mumpung instax gue sudah bisa dipakai, gue ngide untuk berfoto bersama pakai instax biar hasilnya langsung jadi. Tiap orang kebagian 2 foto, 1 foto berisikan 3 orang sesuai gender (sesama cowok/sesama cewek) dan 1 foto lagi adalah foto bareng-bareng (semuanya). 

Khusus foto bareng-bareng (berenam orang), gue minta tolong sama mbak-mbak yang kerja di 99 Pecenongan untuk mengabadikan momen lewat instax. Berhubung butuh 6 foto, maka gue minta mbak-mbaknya untuk menjepret sebanyak 6 kali. 

Seharusnya foto yang dihasilkan bisa lebih bagus. Tapi karena dodolnya, gue lupa ngelepas lensanya hasil foto berenam enggak sejelas foto bertiga. Maklum udah ngantuq. Tapi gapapa lah ya yang penting ada mukanya wkwk

instax
Hasilnya selucu itu
instax
Lucu banget hasilnya
Enggak terasa, jam sudah menunjukkan pukul 21.30. Kayaknya baru sebentar seru-seruan, ternyata udah selesai aja. Waktu yang semakin larut membuat kita berenam harus pulang. Gue dan Havid nganterin Silpi dan Ghina ke Stasiun Gondangdia sementara Dinar nganterin Nana ke Stasiun Duri. 

Alhamdulillah, kita semua sampai dengan selamat. Havid yang jarak kosannya dekat dengan Gondangdia jadi yang paling dulu sampai, disusul gue, Dinar, Silpi, Nana dan terakhir adalah Ghina.

Tanggal 29 Januari telah berakhir, namun kenangan akan terus terngiang. Meski hanya sehari, tapi gue merasa hari itu adalah hari yang berkualitas. Untuk mengikat memori yang ada, untuk itulah gue menulis tulisan ini. 

Terima kasih telah bersedia berbagi cerita bersama. Setelah 7 bulan bekerja, ini pengalaman pertama gue jalan-jalan bareng teman-teman di kantor sekarang (bukan outing). Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, panjang umur dan perlindungan sehingga bisa berjumpa pada momen-momen bahagia berikutnya.

Comments