Kenapa Saya Menulis di Wikipedia?

Saya suka sekali dengan kegiatan menulis. Selain menulis di blog dan situs netizen, saya juga aktif menulis artikel di wikipedia Bahasa Indonesia. Sebenarnya sih saya udah tertarik menulis di wikipedia sejak pertengahan kuliah. Namun saya baru memutuskan untuk bergabung menjadi salah satu kontributor pada September 2017. 

Kalau ditanya awal mulanya gimana, jawabannya adalah karena saya pengen pergi ke Jerman selama sebulan! Eh, maksudnya?

Jadi, sekitar 3 tahun lalu Wikimedia Indonesia berkolaborasi dengan Goethe-Institut menyelenggarakan Proyek Ganesha, sebuah kompetisi menulis artikel bertemakan ilmu sosial di wikipedia. Enggak seperti kompetisi menulis pada umumnya yang sekali nulis langsung selesai, proyek ganesha ini terdiri dari 10 misi yang harus dilalui oleh setiap peserta dalam waktu kurang lebih selama 3 bulan. 

proyek-ganesha-wikipedia
Malam penganugerahan Proyek Ganesha Wikipedia 2017 (dokpri/difoto oleh Linz)
Setiap misi memiliki tantangan yang berbeda-beda. Semakin tinggi misinya maka semakin susah tantangan yang harus diselesaikan. Berhubung sponsornya adalah Goethe, maka pada beberapa misi setiap peserta wajib menulis artikel tentang Jerman.

Yang bikin menarik, hadiah dalam Proyek Ganesha ini bukan kaleng-kaleng. Bagi satu orang pemenang terbaik akan mendapatkan hadiah berupa kesempatan belajar bahasa Jerman selama sebulan di Jerman langsung. Semua biaya yang dibutuhkan akan ditanggung. Wow!

Pas tahu hadiahnya ke Jerman, saya mupeng dong. Tergiur dengan hadiah yang ditawarkan, saya pun memutuskan untuk ikut kompetisinya. Namun karena saya belum paham sama gimana caranya menulis di wikipedia, saya kemudian mengikuti wikilatih yang saat itu diadakan pada September 2017. Wikilatih sendiri adalah sebuah pelatihan menulis bagi kontributor wikipedia, biasanya ditujukan bagi pemula. 

wikilatih-2017
Wikilatih 2017 (dok. Wikimedia Indonesia)
Singkat cerita, saya berhasil menyelesaikan 10 tantangan yang diberikan. Atas raihan tersebut, saya terpilih sebagai salah 1 dari 7 orang yang masuk final sehingga berhak mengikuti malam penanugerahan para juara dan finalis yang berlangsung pada Februari 2018 di Goethe-Institut. 

Nah, dari situlah saya mulai berkenalan dengan wikipedia dan telah menulis beragam artikel di sana. Sejak itu, saya sering membagikan pranala artikel wikipedia yang dibuat ke media sosial pribadi.

Nulis Wikipedia Dapet Duit?

Seiring berjalannya waktu, akhirnya sebagian teman saya (terutama sesama bloger) mengetahui bahwa saya adalah kontributor wikipedia. Terkadang mereka menanyakan kepada saya seputar menulis di wikipedia. 

Dari berbagai pertanyaan, ada satu pertanyaan menarik yang sering saya dapatkan. Pertanyaan tersebut adalah, "Nulis di wikipedia ada duitnya enggak sih?" 

Aku cinta duit! (dok. DaBaby)
Lucu aja sih mendengar pertanyaan kayak gitu. Tapi saya maklum sih kenapa ada yang menanyakannya. Mungkin karena mereka melihat saya rajin menulis di wikipedia, mereka berpikir bahwa saya dapat duit dari sana. Padahal kalau ditanya ada duitnya atau enggak, jawabannya enggak!

Pada awalnya, saya memang menulis di wikipedia murni karena ngincer hadiahnya yakni pergi ke Jerman. Namun selepas itu, saya menjadikan kegiatan menulis di wikipedia sebagai hobi. Intinya sih senang aja gitu nulis di wikipedia.

Kalau nggak ada duitnya, terus kenapa masih nulis? 

Jawabannya karena seneng aja dan tidak semua kesenangan harus berpatokan pada uang. Kalau tujuannya dapat duit, tentu saya enggak bakal sama sekali nulis di wikipedia. Saya menulis di sana karena memiliki beberapa alasan tertentu yang tidak bisa ditukar dengan materi.

1. Mempermudah Masyarakat dalam Mengakses Informasi

Sebagai ensiklopedia digital terbuka yang bisa diakses oleh siapa saja, wikipedia berperan penting dalam mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi, terlebih di era digital seperti sekarang. Ketik saja informasi yang kita butuhkan di google, dijamin, wikipedia hampir selalu muncul di urutan pertama pertama.

Memang enggak semua artikel yang ditulis di sana dapat dipercaya 100% kebenarannya karena wikipedia dapat disunting oleh siapa saja. Tidak semua artikel di wikipedia lengkap dan netral pula. Wikipedia juga bukan wadah mutlak dan satu-satunya tolak ukur suatu informasi.

Tapi tak bisa dipungkiri juga bahwa wikipedia menjadi wadah yang paling banyak diakses dalam memperoleh informasi sehingga keberadaannya amat diperhitungkan. Terlebih, wikipedia adalah artikel yang membahas suatu topik dari berbagai sumber berbeda sehingga wikipedia adalah jawaban bagi mereka yang ingin mengetahui suatu keseluruhan topik dengan lebih praktis.

Meski sering dijadikan acuan, sayangnya masih banyak topik yang belum tersedia di wikipedia khususnya pada wikipedia bahasa Indonesia. Perkembangan zaman yang begitu dinamis sehingga menyebabkan selalu ada hal yang baru di dunia setiap harinya serta masih minimnya kontributor yang bergabung menjadi beberapa penyebabnya

Nah, dari situlah saya termotivasi dalam menulis artikel wikipedia. Satu per satu artikel saya tulis hingga tak terasa akhirnya jumlahnya sudah banyak. Saya ingin masyarakat Indonesia jadi lebih mudah dalam memperoleh informasi yang benar. Harapannya, biar orang-orang Indonesia yang berwawasan luas ke depannya semakin banyak

Namun saya tidak asal menulis. Kualitas dan sumber terpercaya adalah hal utama. 

2. Melatih Kemampuan dalam Menerjemahkan Tulisan dan Memperkaya Wawasan Diri Sendiri

Eits, jangan kira menulis di wikipedia bermanfaat bagi orang lain. Bagi saya, menulis di wikipedia juga bisa bermanfaat bagi diri sendiri.

Sebagai alumnus sastra Inggris, saya terbiasa dengan hal-hal yang berkaitan dengan bahasa Inggris, mulai dari menulis, berbicara hingga menganalisa tulisan-tulisan berbahasa Inggris. Sayangnya, sejak lulus saya jarang melakukannya lagi karena lingkungan tidak menuntut saya untuk melakukan hal tersebut.

Kemampuan berbahasa adalah salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dari waktu ke waktu. Nah, biar kemampuan bahasa Inggris saya terus berkembang dan gak tumpul, penting bagi saya untuk mengasahnya. Salah satu cara yang bisa saya lakukan adalah dengan menulis di wikipedia. 

Apa kaitannya?  

Saat menuliskan artikel wikipedia bahasa Indonesia, sebenarnya saya tidak 100% menulis sih. Pada kenyataannya, saya lebih cenderung kepada menerjemahkan artikel berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia ketimbang menulis artikel bahasa Indonesia dari 0. Yang benar-benar nulis ada, tapi sedikit.

Kenapa? Hal itu karena kebanyakan topik telah tersedia di wikipedia bahasa Inggris namun belum ada di wikipedia bahasa Indonesia. Kalau menulis artikel bahasa Indonesia dari nol kan bakalan lebih lama ya. Biar lebih praktis, maka yang saya lakukan adalah dengan menerjemahkan artikel-artikel bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Meski dulu kuliahnya bahasa Inggris, enggak semua kata dalam bahasa Inggris telah saya ketahui juga. Kadang ada kata-kata yang saya lupa artinya apa, kadang juga saya belum mengetahuinya sama sekali. 

Jadi saat saya selesai menulis suatu artikel, sebenarnya saya juga belajar memperluas kosakata bahasa Inggris sekaligus belajar menerjemahkannya dengan baik. Selain itu, saya juga berkesempatan untuk memperluas wawasan saya sendiri. Soalnya tidak semua topik yang saya tulis telah saya ketahui sehingga saya harus memahaminya terlebih dahulu.

Seru sih. Bagi saya ini bagaikan peribahasa "Sambil Menyelam Minum Air". Nyatanya, saya tak cuman nerjemahin saja, tapi juga menambah ilmu pengetahuan dari artikel wikipedia bahasa Inggris yang saya baca untuk kemudian saya tulis ke dalam bahasa Indonesia.

3. Berpeluang dapat hadiah menarik

Menulis di wikipedia memang enggak dapat duit. Namun bukan berarti kita enggak bisa dapat sesuatu yang sifatnya materi lho.. Soalnya wikimedia Indonesia sendiri sering mengadakan tantangan atau kompetisi menulis di wikipedia dengan iming-iming hadiah menarik, seperti hadiah kursus bahasa Jerman selama sebulan di Jerman seperti yang saya ceritakan di atas dan kesempatan untuk menghadiri wikimania 2021 di Padang.

Memang enggak semua hadiah di wikipedia itu nominalnya besar atau wah. Ada pula yang tidak terlalu besar atau mungkin biasa saja, seperti hadiah pulsa Rp200.000, tas punggung, kaos dan merchandise wikipedia. Namun saya senang karena selain wikipedia senantiasa berupaya memberikan apresiasi bagi para kontributornya yang terlibat dan menyelesaikan suatu proyek, hadiahnya juga terbilang ekslusif.
 
 
Itu dia beberapa alasan kenapa saya menulis di wikipedia. Bagi kamu yang ingin berkontribusi dalam membebaskan pengetahuan, enggak ada salahnya buat gabung jadi kontributor wikipedia. Cara nulisnya bisa dipelajari di youtube atau kamu bisa mengikuti wikilatih jika suatu hari nanti diadakan kembali. Percayalah, satu artikel atau satu editanmu amat berarti bagi literasi masyarakat Indonesia.

Comments