teamLab Future Park, Pameran Seni Interaktif Kekinian Kini Hadir di Jakarta!

Pengen ngerasain nyiptain binatang laut lalu berada di dalam akuarium?

Pengen ngerasain gimana rasanya masuk ke hutan penuh warna sembari ditemani oleh satwa dan bunga?

Atau pengen ngerasain juga gimana jadinya matahari sambil meluncur di perosotan?

Eits, ada kabar gembira! Sekarang enggak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Singapura atau Jepang. Di Jakarta juga ada loh. Kunjungi aja teamLab Future Park Jakarta yang terletak di lantai 2 Mal Gandaria City Jakarta Selatan. Di sana kita bisa menjelajah dunia imajinasi lewat kecanggihan teknologi dengan area seluas 2000 meter persegi. Wow!
Pembukaan teamLab Future Park Jakarta (dok. Frieda)
 Pameran yang memiliki nama lengkap teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives ini dibuka dari 20 Juni hingga 20 Desember 2019. teamLab dibuka oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia yakni Triawan Munaf. Pembukaan juga turut dihadiri oleh CEO teamLab Kids Akitae Matsumoto, CEO SGE Live Mervi Sumali dan CMO Narada Asset Management N. Anie Puspitasari.

Oh ya, teamLab Future Park Jakarta ini terbuka untuk umum ya gaes. Jadi, siapapun bisa berkunjung ke sana tanpa ada batasan umur. Mau ajak kakak, adik, anak, keponakan, pasangan atau sendirian aja juga bisa. Tapi makin rame sih makin asik. Hoho.

Sebagai salah satu penyelenggara, Mervi Sumali menyatakan bahwa ia turut bangga karena SGE Live menjadi salah satu pihak yang bisa menghadirkan teamLab Future Park ke Jakarta. "Kami sangat bangga dapat menghadirkan teamLab ke Jakarta.".

teamLab-future-park-jakarta
teamLab Future Park Jakarta, pameran seni interaktif kelas dunia kini hadir di ibukota! (dokpri)
Ia kemudian menambahkan, "Hadirnya teamLab di Jakarta membuat pecinta seni tidak perlu jauh-jauh ke Tokyo ataupun Singapura untuk mengeksplorasi kreativitas tanpa batas bersama seluruh anggota keluarga melalui instalasi digital interaktif."

Selain SGE Live, kehadiran teamLab di Jakarta juga dapat terealisasi berkat dukungan dari Narada Asset Management. Sang CMO yakni N. Anie Puspitasari menyampaikan apresiasinya saat hari pembukaan. "Narada sangat mendukung SGE Live yang slelau menghadirkan kegiatan edukatif dan seni untuk seluruh keluarga. Hal ini sejalan dengan semangat Narada sebagai life partnerbagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya kebutuhan rekreasi dimana perencanaan dan pengellaan keuangan merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan tujua hidup.

Terus Ada Apa Aja Sih?

Setelah tahu bahwa ada pameran seni interaktif di Jakarta, ini dia bagian yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Terus ada apa aja sih di dalamnya?

Eits, enggak perlu khawatir. teamLab Future Park Jakarta punya 5 instalasi menarik yang amat sayang untuk dilewatkan. Meski berbeda-beda, setiap instalasi tetap mengusung tema yang sama. Yap, apalagi kalau bukan alam. Makanya kita bisa menemukan berbagai unsur alam seperti laut, binatang, matahari, bunga, buah dan sebagainya. Menurut saya ini keren banget. Soalnya kita enggak hanya bisa seru-seruan atau foto-foto aja, melainkan juga bisa belajar untuk lebih meningkatkan kepekaan diri terhadap alam.

So, apa aja sih 5 instalasi yang dimaksud?

1. Animals of Flowers, Symbiotic Lives

Salah satu spot instagrammable di teamLab Future Park (dok. Imawan)
Di sini kita dapat melihat bagaimana bunga-bunga tumbuh dari tubuh-tubuh binatang. Setiap bunga bertunas, mekar, menyebar dan menghilang. Saat masuk ke instalasi ini, coba deh untuk sentuh binatangnya. Maka bunga-bunga yang ada di tubuh binatang itu akan menyebar. Nah, ketika bunga-bunga ini tersebar, maka binatang pun akan menghilang.

2. Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn

Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn (dokpri)
Kalau tadi kita cuman bisa lihat animasinya aja, nah di sini lebih menarik lagi. Soalnya kita bisa menciptakan binatang atau bunga dari gambar yang telah kita warnai. Tenang aja, baik gambar dan krayon untuk mewarnainya udah disediakan kok jadi kita enggak perlu repot-repot gambar atau bawa alat mewarnai dari awal.
Kita akan disediakan krayon untuk mewarnai gambar (dokpri)
Saat menjelajah dunia ini, saya sendiri memilih kupu-kupu sebagai animasi yang ingin saya ciptakan. Sebenarnya bingung sih mau warnain pake warna apa. Tapi ya udah deh saya warnain pake warna ungu berpolkadot aja.
Kupu-kupu ungu berpolkadot biru ala Valka :p (dokpri)
Terus tinggal scan aja dan tunggu selama beberapa detik. Tada... maka hewan atau bunga yang kita warnai barusan akan jadi animasi. Jangan lupa persiapkan ponsel atau kamera untuk merekam sebelum gambar yang kita buat barusan pergi ke tempat lain.

3. Sliding through the Fruit Filed

Siapa yang kangen main perosotan? Nah, di sini tempatnya! Tapi enggak sekadar meluncur di perosotan aja loh ya. Saat meluncur, kita sebenarnya sedang bermain peran sebagai matahari.
Sliding through the fruit field (dokpri)
Nah, permukaan miring yang akan kita lalui ini ibarat kata adalah sebuah alam. Di sini ada berbagai animasi yang merepresentasikan unsur-unsur alam. Misalnya, bola biru melambangkan air, bola kuning melambangkan lebah, bola ungu melambangkan virus dan sebagainya. Ada pula gambar stoberi yang melambangkan buah, gambar bunga dan gambar lain yang melambangkan benih.
Permukaan miring yang jadi perosotan (dokpri)
Tugas kita sebagai matahari adalah memastikan bahwa keadaan lingkungan di bumi berjalan sebagaimana biasanya. Mengatur strategi darimana kita meluncur adalah lebih tepatnya. Jadi saat meluncur, pastikan tubuh kita mengenai gambar-gambar yang bermakna positif, seperti bola biru yang melambangkan air dan bola kuning yang berarti lebah dan hindari mengenai virus. Ketika gambar-gambar itu bertubrukan dengan bunga atau buah, maka bunga-bunga akan bertumbuhan dan benih baru juga akan bertaburan. Wah, asik kan?

4. Sketch Aquarium

Dunia akuarium di teamLab Future Park Jakarta. Gimana, keren kan? (dokpri)
Pengen ngerasain berada di dunia akuarium? Sketch aquarium di teamLab adalah jawabannya!

Serupa dengan Graffiti Nature, di sini kita bisa menciptakan binatang-binatang laut kesukaan kita hanya dengan mewarnai dan memindainya saja. Bedanya, jika Graffiti Nature adalah binatang hutan dan bunga, maka sketch aquarium adalah binatang laut.
Setelah diwarnai, jangan lupa pindai gaes biar jadi animasi :D (dokpri)
Setelah dipindai, tunggu beberapa detik kemudian perhatikan akuarium. Jeng...jeng... enggak lama kemudian binatang laut yang baru saja kita warnai akan berenang-renang di dalam lautan! Saya sendiri memilih untuk menggambar ubur-ubur saat ada di instalasi ini.

Oh ya, jangan lupa sentuh gambar seperti kendi yang ada di bawah akuarium. Dengan begitu makanan yang ada di dalam kendi akan keluar dan semua binatang laut akan mengerubunginya. 

Menariknya, sketch aquarium ini hanya menampilkan 100 hewan laut pertama saja yang berhasil dipindai. Kemudian saat hewan yang dipindai melebihi dari 100, maka hewan-hewan yang lebih dulu dibuat akan menghilang secara otomatis secara berurutan. Itu tergantung seberapa lama binatang itu jadi animasi untuk memberikan kesempatan pada hewan-hewan yang baru dipindai.
Yeay! Akhirnya jadi juga ubur-uburnya :D (dokpri)

5. Light Ball Orchestra

Bagaimana rasanya bermain dengan bola untuk mengubah warna dan suaranya? Mampirlah ke Light Ball Orchestra, maka kita bisa merasakannya.

Caranya mudah. Gelindingkan saja bola-bola cahaya yang ada di dekat kita. Maka warna dan suara yang ada di dalam ruangan itu akan menciptakan sebuah orkestta. Bola-bola yang berada di atas kepala kita ini saling terhubung satu sama lain. Jadi kalau kita menyentuh satu bola, maka bola-bola di sekitarnya akan terpengaruh dan warnanya akan berubah ke seluruh ruang. Tunggu beberapa saat maka itulah alunan musik yang berhasil kita ciptakan!
 
Nah, itu dia berbagai keseruan yang bisa kita nikmati di teamLab Future Park Jakarta. Penasaran? Buruan rasakan sendiri sensasinya di Gandaria City! Bagi pengguna kartu debit atau kartu kredit BCA ada promo menarik nih. Selama periode soft opening (20 Juni-19 Juli 2019) tiket teamLab dibanderol dengan harga Rp135.000 (Senin-Jumat) dan Rp150.000 (Sabtu-Minggu) (di luar pajak dan biaya administrasi). Pembelian dapat dilakukan di website SGE dan di Gandaria City secara langsung.

Pamerannya sendiri dibuka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Untuk kenyamanan, para pengunjung dibatasi menjadi 8 sesi yang masing-masing sesi dapat dinikmati dengan durasi selama 1,5 jam. Informasi lebih lanjut yuk kunjungi instagram @futureparkjakarta !

Komentar

  1. Penasaran pengen main ke sanaaa...kayaknya seru bangett yaaa..XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk. Masih berlangsung sampe Desember 2019 lho xD

      Hapus

Posting Komentar