Tomorrow Today Fun(d) Festival, Ajang Milenial untuk Cerdas Finansial

Tomorrow Fun(d) Festival (dok. Imawan)
Halo milenials dan yang ngaku-ngaku milenials! Apa yang bisa kamu lakukan dengan uang Rp100.000?

Ngopi-ngopi tampan atau cantik di kafe?
Beli paket data?
Atau justru belanja online?

Apapun pilihanmu di atas, semuanya benar kok. Kita bisa melakukan salah satu dari kegiatan tersebut dengan uang sebesar Rp100.000. Tapi sebenarnya, ada satu hal lagi nih yang terlupakan dari uang Rp100 K. You know what? Dengan uang tersebut, ternyata kita udah bisa berinvestasi lho! Wew!

Eh, masa sih? Bukannya investasi hanya bisa dilakukan oleh orang kaya dan jumlahnya jutaan rupiah?
Dengan uang Rp100.000 bisa beli apa aja hayo? (dok. wikipedia)
Ya, dulu saya juga beranggapan seperti itu. Saya berpikir bahwa mana bisa sih investasi dimulai dari Rp100.000? Apalagi buat kita yang masih milenial seperti ini. Sepengetahuan saya, yang namanya investasi itu ya dilakukan oleh jutawan. Horang kayah deh pokoknya. Sobat missqueen seperti kita mah mana bisa. Boro-boro investasi, bisa beli paketan dan enggak ngandelin wifi saat internetan aja udah seneng banget. Hoho.

Namun sejak mengikuti Tomorrow Today Fun(d) Festival yang diadakan di Senayan City beberapa waktu lalu seketika saya berubah pikiran. Saya akhirnya sadar bahwa ternyata investasi jaman now tidak lagi hanya bisa dilakukan oleh orang kaya. Dengan mengeluarkan uang minimal Rp100.000, siapapun termasuk generasi milenial sudah bisa melakukan investasi. Wow!

Apa itu Tomorrow Today Fun(d) Festival? 

Mungkin teman-teman bertanya apa sih Tomorrow Today Fun(d) Festival?

Jadi, Tomorrow Today Fun(d) Festival adalah acara edukasi finansial yang dikemas dengan musik dan seni. Acara yang diselenggarakan oleh Sorak Gemilang Entertainment (SGE) berkolaborasi dengan PT Narada Aset Manajemen ini berlangsung selama 1 hari, yakni pada Sabtu, 1 Desember 2018. Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi milenial dalam hal investasi sejak dini. Bisa dikatakan acara ini adalah ajangnya milenial untuk cerdas finansial.

Kenapa milenial? Hal paling utama adalah karena milenial merupakan generasi yang cenderung konsumtif. Generasi milenial tak terlepas dari tren yang berkembang. Selain itu, milenial juga merajai investasi di pasar modal menurut data terbaru dari Bursa Efek Indonesia. Sebagai informasi, ternyata dari 1,5 juga investor perorangan, 34,08%  di antaranya masuk dalam kategori milenial dengan rentang usia 21-30 tahun loh!

Betapa potensialnya milenial di dunia investasi inilah yang kemudian menjadi latar belakang kenapa Tomorrow Today Fun(d) Festival diselenggarakan. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Ibu Mervi Sumali selaku Marketing Director Sorak Gemilang Entertainment (SGE).
Mervi Sumali saat menyampaikan pemaparan dalam Tomorrow Today Fun(d) Festival (dok. Imawan)
"Seiring dengan keberhasilan, para milenial rentan dengan kebutuhan gaya hidup yang tinggi, seperti traveling, shopping dan hangout. Oleh karena itu, penting untuk membekali diri dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bijak agar terhindar dari masalah cashflow dan memastikan masa depan yang lebih baik. Hal itulah yang menjadi latar belakang dari diadakannya Tomorrow Today Fun(d) Festival."

Tomorrow Today Fun(d) Festival dihadiri oleh berbagai narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing. Selain ada Nicoline Patricia (fotografer), Tomorrow Today Fun(d) Festival juga diisi oleh Kenny Santana (travel blogger), Agatha Suci (musisi), Jovi Adhiguna (kreator konten) dan bahkan hingga anaknya Presiden Jokowi, yakni Kaesang Pangarep (pemilik Sang Pisang)!
Kaesang Pangarep, salah satu pembicara di Tomorrow Today Fun(d) Festival (dok. IG Kaesan g Pangarep)
Asiknya, Tomorrow Today Fun(d) Festival tak hanya memberikan kesempatan kepada kita untuk belajar teori seperti pengaturan keuangan secara bijak demi mengatasi masalah cashflow, financial checkup dan menabung saja lho! Yang menarik adalah, dengan mengikuti kegiatan ini, kita juga langsung melakukan praktek investasi reksadana!

Untuk mengikuti festival ini, kita bisa melakukannya dengan membeli tiket sebesar Rp150.000 terlebih dahulu. Nah, dari harga tersebut ternyata uangnya tidak sepenuhnya digunakan untuk festival loh. Hal itu dikarenakan uang Rp100.000nya akan dikembalikan kepada kita dalam bentuk investasi reksadana. Mantap kan? Maka dari itu di awal tulisan s

"Dengan berpartisipasi di Tomorrow Today Fun(d) Festival, Narada Aset Manajemen mengajak semua masyarakat khususnya milenial baik itu di Jakarta maupun di luar Jakarta untu kmulai mengambil langkah awal dengan mendaftarkan diri dan mulai berinvestasi sejak hari ini serta mulai berani bermimpi besar. Setiap pembelian tiket senilai Rp150.000, akan dikembalikan ke pembeli tiket dalam bentuk investasi reksadana senilai Rp100.000. Investasi bisa dimulai semudah itu. Untuk belajar mengenai investasi, Narada Aset Manajemen akan mengadakan kelas investasi selama acara dengan cara yang lebih fun dan mudah dimengerti," Jelas Oktavian Dondi selaku Direktur Utama PT Narada Aset Manajemen.
Oktavian Dondi, Direktur Utama PT Narada Aset Manajemen (dok. Imawan)
Meskipun temanya kelihatan berat, enggak perlu khawatir bakalan bosan dengan acara ini.  Sesuai dengan namanya yakni "Fun(d)" festival, acaranya benar-benar fun kok! Sederet musisi tanah air ternama, seperti HiVi, Tulus dan Teza Sumendra siap memanjakan kita dengan penampilan-penampilan terbaiknya.

Tomorrow Fun(d) Festival telah berakhir pada 1 Desember 2018 lalu. Namun bagi teman-teman yang belum sempat ikut enggak perlu khawatir. Tomorrow Fun(d) Festival akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun kok. Yeay!

Komentar

  1. Asiknya itu punya investasi, merencanakan masa depan.

    Ayo deh kita, generasi millenial mulai investasi

    BalasHapus

Posting Komentar