PMJNews, Terobosan Polda Metro Jaya dalam Lawan Hoax

Hadirnya era digital bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi sangat memudahkan kehidupan kita. Misalnya, dulu kalau mau belanja sesuatu kita harus datang ke toko. Sekarang tinggal pesan dari hape, kita pun dapat memenuhi kebutuhan kita. Di sisi lain, era digital bagaikan bumerang. Salah satu buktinya adalah dengan mudah bertebarannya berita-berita yang menyesatkan dan tentu saja merugikan masyarakat.

Ngomongin tentang berita, sayangnya masih banyak orang Indonesia yang mempercayainya tanpa melakukan kroscek terlebih dahulu. Kalau beritanya bener sih enggak apa-apa, lah, kalau salah? Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan. Oleh karenanya, Polda Metro Jaya melalui bagian humas melakukan terobosan berupa diluncurkannya sebuah portal berita bernama PMJNews. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menyambut datangnya era revolusi industri keempat alias 4.0.
Tampilan portal berita PMJNews. (dokpri/SS dari website PMJNews.com)
PMJNews sendiri adalah singkatan dari Polda Metro Jaya News alias Berita Polda Metro Jaya. Sebagaimana portal berita lainnya, PMJNews juga menyajikan berbagai kategori berita. Enggak hanya tentang hukum aja, tapi ada juga kategori politik, ekonomi, sosial bahkan hingga hiburan! Semuanya lengkap deh pokoknya!

Di samping berita, PMJNews juga menyediakan kanal interaktif dengan publik melalui kanal "Sobat PMJ". Lewat fitur ini, kita dapat berinteraksi secara langsung dengan Polda Metro Jaya. Mantap!

Oh ya, peluncuran PMJNews sendiri dilakukan pada Rabu, 15 November 2018 di Gedung Promoter, Polda Metro Jaya Jakarta. Acara tersebut tak hanya dihadiri oleh berbagai perwakilan dari polisi saja, melainkan juga media dan bloger.
Suasana peluncuran portal berita PMJNews di Polda Metro Jaya pada Rabu (15/11) (dokpri)
Sebagai informasi, tujuan dibentuknya PMJNews tak terlepas dari tiga kebijakan yang dimiliki oleh Polda Metro Jaya. Ketiga kebijakan tersebut adalah:
  1. Peningkatan layanan. Kebijakan ini dilakukan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan profesionalitas dalam penegakan hukum di Indonesia serta peningkatan stabilitas keamanan dan ketertiban nasional. 
  2. Perbaikan kultur yang dilakukan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan dan menekan kekerasan ekstrem.
  3.  Terwujudnya polri yang semakin dicintai masyarakat
Lalu apa aja sih kelebihan PMJNews? Kabid Humas Polda Metro Jaya menjelaskannya saat menyampaikan sambutan pada peluncuran PMJNews (15/11). "PMJNews memiliki beberapa keunggulan yang menjadi kekuatan penyebaran informasi, yakni pertama keunggulannya adalah aktual karena berisi informasi aktual dan ada kemudahan dan kecepatan penyajian informasi. Kedua adalah cepat. Begitu diposting atau diupload, langsung bisa diakses semua orang. Ketiga adalah update atau pembaruan informasi dapat dilakukan dengan cepat baik dari sisi konten maupun redaksional."

PMJNews Hadir dalam Bentuk Aplikasi

Ibu Rara makan wijen. Kabar gembira buat para netijen! Selain hadir dalam bentuk website, PMJNews ternyata juga hadir dalam bentuk aplikasi lho! Tinggal ketik aja "PMJNews" di mbah playstore lalu ketik donlot, kita pun sudah bisa memiliki aplikasinya secara gratis. Enggak perlu khawatir memori bakal penuh karena memori aplikasi ini hanya sekitar 11 MB saja. Irit kan?
Tampilan aplikasi PMJNews (dok. Nursaid)
Sepanjang memakai aplikasi PMJNews sih saya enggak menemukan kesulitan sama sekali. Aplikasinya cepet banget kok dibukanya. Cara menggunakannya juga mudah. Untuk membaca berita, tinggal klik aja tiga garis yang ada di sebelah kiri atas. Kita pun sudah bisa menemukan berbagai berita berdasarkan kategori yang hendak kita baca.
Rubrik berita di PMJNews (dokpri)
Hiburan, salah satu rubrik berita di PMJNews (dokpri)
Salah satu tampilan artikel di aplikasi PMJNews (dokpri)



Yang menarik, terdapat berbagai layout berita di PMJNews. Jadi, kalau kita udah bosen dengan satu layout, kita bisa ubah ke layout lainnya. Asik kan?
Salah satu layout PMJNews. Ternyata kita bisa mengubahnya lho! (dokpri)
Itulah dia sekilas tentang tampilan PMJNews dalam bentuk aplikasi. Secara keseluruhan saya suka dengan terobosan yang telah Polda Metro Jaya lakukan. Bagi saya PMJNews itu luar biasa karena enggak hanya menyediakan berbagai berita aktual dan informatif namun juga bisa menjadi sarana untuk melawan hoax.

Menariknya, PMJNews juga menyediakan fitur notifikasi sehingga ketika ada berita baru yang masuk, kita tidak akan ketinggalan. Bagi teman-teman yang belum unduh, yuk unduh sekarang juga! Lewat PMJNews, teman-teman bakal mendapatkan informasi yang terdepan dan terpercaya.

Pada akhirnya, beredarnya hoax di tengah-tengah masyarakat bukan semata tugas Polda Metro Jaya saja, namun juga tugas kita semua sebagai masyarakat. Bagaimanapun, kitalah yang justru bertanggung jawab atas berita yang beredar, baik itu benar atau salah.

Komentar

  1. wah, jadi pengen donlot aplikasinya juga..Bagus banget inovasi dari Polda Metro Jaya ini, kita jadi bisa update berita terkini tanpa takut kena hoax. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka. Daripada cari sumber berita yang gak jelas, mending update di PMJNews aja. Soalnya terdepan dan terpercaya!

      Hapus
  2. Wah aplikasi baru ya. Semoga bisa mengurangi ketimpangan pemberitaan saat ini. Belum bisa download nih memori hp masih blm cukup...

    BalasHapus
  3. Jadi yg di PMJ News ini berita2 yang terpercaya ya, kak? Kita harus dukung nih, biar jangan berita basi dan gaje tersebar diluaran.

    BalasHapus
  4. Keren ya aplikasi ini kita langsung tahu info yang akurat ya

    BalasHapus
  5. Tetobossn bagus noh, bisa didonlot juga, keren deh psk pak polisi

    BalasHapus
  6. Nah bagus juga program ini. Secara sering kita temukan hoaks yang mengatasnamakan kepolisian kan... kalau sudah ada info resmi begini jadi gampang ceki ceki. Semoga portalnya update terus.. :-)

    BalasHapus
  7. Wah mantaps semova saja beritanya memang benar2 fakta. Semoga bs menyajikan berita yg akurat....

    BalasHapus
  8. paten ini... infonya semoga ga tendesius deh pak polisi mengeluarkan portal berita ini

    BalasHapus
  9. Sebuah terobosan keren dari Jajaran Kepolisian. Jadi skrg kalo macet2an bisa sambil pantau berita lewat PMJNews yaa.. kerenn

    BalasHapus
  10. Portal beritanya mobile friendly kan ya ?? Bisa jadi referensi tambahan nih untuk mencari berbagai informasi dan berita secara basisnya adalah Polda Metro Jaya

    BalasHapus
  11. keren ini..semoga PMJNews selalu update info terkini sekaligus mengedukasi masyarakat ya

    BalasHapus
  12. cadass, makin banyak sumber yang bisa dijadikan referensi utama, apalagi tampilan situs dan di app nya mirip satu newsroom yg sdh terkenal juga, sukses PMJNews

    BalasHapus

Posting Komentar