Istilah-istilah dalam Dunia Blog yang Perlu Kita Ketahui

Dalam bidang apapun, pasti ada istilah-istilah tertentu yang biasanya hanya dipahami oleh orang-orang yang berkecimpung di dalamnya, tak terkecuali dengan dunia blogging. Dunia blog juga banyak istilahnya lho! Walaupun saya telah berselancar di dunia blog sejak 2010, saya tak otomatis langsung tahu istilah-istilah tersebut. Saya bahkan baru tahu perlahan-lahan sejak setahun belakangan aktif. Pengalaman demi pengalaman dan pertemuan dengan satu teman ke teman lain memberikan saya pemahaman dan wawasan tentang istilah-istilah tersebut.

Nah, buat teman-teman blogger khususnya bagi blogger pemula, yuk kita kenali istilah-istilah di dunia blogging! Bagi nonblogger yang ingin tahu juga boleh kok. Ini mungkin belum mencakup semua istilah di dunia blogger. Jadi kalau ada yang kurang, silakan komentar ya! ^^

(dok. southindianholiday.com)
1. BW
BW adalah singkatan dari blogwalking atau kalau diartikan secara literal ke dalam Bahasa Indonesia berarti "berjalan di blog". Maksudnya, BW adalah kegiatan membuka, membaca dan bahkan memberikan komentar pada satu atau lebih postingan blogger lain. Kalau kita jadi blogger, biasakan bagi diri kita untuk melakukan BW ke blog orang lain. Enggak bakal rugi kok baca dan beri komentar pada postingan orang. Yang ada kita malah bertambah wawasan dan pengetahuan dan bahkan bisa mendapatkan inspirasi dari tulisan yang kita baca.

Kenapa? Soalnya sudah sifat dasar bahwa manusia adalah makhluk sosial yang butuh interaksi dan pasti membutuhkan satu sama lain. Begitu pun dengan blogger. Setiap blogger saling membutuhkan, terutama jika kita (blogger) sedang ikut dalam suatu proyek blogger yang melibatkan klien atau bahkan sedang ikut kompetisi. Dalam beberapa hal, jumlah komentar dan bahkan jumlah pembaca itu penting karena menandakan bahwa blog kita ada yang baca dan bermanfaat bagi orang lain. Nah, saat melakukan BW, usahakan jangan asal gugur kewajiban. Kalau melakukan BW ya beneran BW, dibaca dari awal sampai akhir alias jangan baca sekelebat lalu komen asal ya. Kamu baca blog saya saja sekarang sudah BW lho sebenarnya xD

2. Niche 
Niche adalah spesifikasi blog. Dengan kata lain, blog kita itu dominan membahas tentang apa sih? Apakah teknologi, olah raga, kesehatan, parenting, pendidikan, traveling atau apa gaya hidup? Ada blog yang dari A sampai Z postingannya khusus tema tertentu (misalnya tentang kecantikan mulu) namun ada pula yang random alias apa aja dibahas.

Ya, seperti saya ini. Gak jelas sih sebenarnya. Kesehatan ada, pendidikan ada, gaya hidup ada dan curhatan gak jelas juga ada. Nah, buat blog yang random, nichenya berarti terletak pada apa yang dominan dibahas di blog kita? Kalau dominan kesehatan berarti kesehatan, kalau tentang gaya hidup berarti gaya hidup dan seterusnya. Setiap blogger itu unik. Jadi enggak perlu ngikutin niche orang walau niche itu lagi banyak digandrungi atau favorit. Apa yang kita suka dan kuasai, ya sudah jadikan saja itu niche blog kita. Just be your(nique)self!

3. TLD 
TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain. Intinya, blog yang digunakan adalah blog yang sudah menggunakan domain berbayar alias enggak gratis. Cara membedakannya gimana? Yaa tinggal lihat saja di alamat blognya. Kalau di alamat blognya masih ada embel-embel .blogspot.com, .wordpress.com atau mungkin .tumblr.com, berarti itu artinya blognya belum TLD. Kalau sudah TLD berarti langsung .com. Saya sendiri sebenarnya sudah beli domain dan sudah melakukan pengaturan. Namun enggak tahu kenapa malah belum berubah-ubah sampai sekarang. Nanti deh saya benerin lagi. xD

Nah, terus gimana caranya untuk ngubah blog gratisan jadi blog TLD? Tinggal hubungi saja jasa penyedia domain berbayar. Ada banyak kok, mulai dari qwords, jagoan hosting dan sebagainya.

4. DA/PA
DA di sini bukan Dangdut Academy ya tapi merupakan kepanjangan dari Domain Authority. Sementara itu PA adalah kepanjangan dari Page Authority. Terus buat apa fungsinya?
Dikutip dari klikseo.com, DA/PA itu berperan banget dalam SEO alias Search Engine Optimazion) sebab berfungsi untuk memberi tahu ke kita tentang sejauh mana kualitas blog kita di mesin pencarian kayak mbah gugel.

Terus apa bedanya PA sama DA? Kalau PA itu gambaran rangking tentang blog kita di mesin pencarian sedangkan DA itu lebih cenderung pada kekuatan blog yang dipengaruhi oleh seberapa lama usia blog kita, seberapa banyak jumlah konten atau bahkan seberapa populer blog kita. Baik DA ataupun PA, keduanya memakai skor dengan skala 0-100. Semakin besar angkanya, maka semakin bagus yang itu artinya berpengaruh ke mesin pencarian.

Untuk mengetahui berapa DA/PA dari blog atau web kita mudah kok. Tersedia beberapa website pemeriksa DA/PA yang bisa kita gunakan secara gratis. Salah satunya bisa kita coba di sini. Tinggal masukkan saja nama blog kita apa terus tunggu sebentar deh, maka hasilnya akan muncul. Saya sempat mencoba pada 14 Januari 2018 dan hasilnya adalah jeng jeng... DA saya nilainya 90 sedangkan PA saya nilainya 1. Lumayan ya untuk DA-nya tapi untuk PA-nya hiks sedih banget ya :(

5. Unique Visitor
Unique visitor adalah jumlah pengunjung yang masuk ke suatu blog dalam waktu tertentu. Unique visitor berbeda dengan total visitor ya. Misalnya nih ada 4 orang masuk ke blog saya pada hari satu hari yang sama (Senin). Dari 4 orang tersebut, 2 orang berkunjung sebanyak 2 kali dan keduanya membuka 5 halaman blog.  Nah, berarti unique visitor pada hari Senin ada 4 orang. Total visitornya berjumlah 6 (karena 2 orang berkunjung sebanyak 2 kali ditambah 2 orang yang berkunjung sebanyak 1 kali dalam satu hari).

Itulah beberapa istilah di dunia blogging. Nanti kalau sempat saya tambahkan lagi. Kalau ada yang mau kasih tambahan silakan saja komen :)

Komentar

  1. Wah...Aku baru tahu loh yang DA sama PA...kepengen coba juga aaah....sementara ini aku belum banyak tau istilah perbloggeran karena aku masih newbie nih...Makasi yaaa buat pencerahannya ka valka... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masih banyak istilah dalam dunia blog yang belum kutahu kok. Hoho

      Hapus
  2. Waktu masih blogspot, dan/pa 95/1. Penasaran gimana cara naikin pa? Dan sekarang ganti tld. Dari 1/1 lagi. Lagi coba perbanyak postingan biar pas naik. Konon begitu kata orang2 biar pas kita naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya katanya kalau udah ganti TLD jadi dari awal lagi DA/PAnya. Nah, itu juga belum tau.

      Hapus
  3. Wah ternyata istilah-istilah dalam dunia blog tidak sedikit yah, banyak juga. Tapi jadi paham setelah baca istilah-istilah ini! Makasih ya gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Dengan senang hati mas, semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. Makasih banyak infonya... Sy newbi banget, infonya bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan senang hati kak. semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  5. Makasih banyak infonya... Sy newbi banget, infonya bermanfaat...

    BalasHapus
  6. Thanks gan infonya , baru semingguan main blog, silahkan berkunjung gan di blog saya mahmudmm11.blogspot,com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  7. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  8. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di Indonesia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak saat itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah berusaha beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya Saya sangat sedih. Pada hari yang penuh pengabdian ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Annisa bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Rossa dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pinjaman Rossa dan seberapa benar pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Bunda Rossa dan setelah mengajukan permohonan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya Saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan Saya akan membantu memberikan kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi dan juga teman saya Annisa Barkarya melalui email: annisaberkarya@gmail.com

    BalasHapus
  9. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya )  memiliki nilai yang sangat besar danusaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    BAGAIMANA CARA MENGENAI KREDIT PINJAMAN JAMINAN
    (a) Peminjam palsu tidak perlu meminta cagaran dan tidak ada laman web
    (b) Peminjam palsu tidak mempunyai sijil perniagaan
    (c) Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan anda yang membuat anda layak mendapat pinjaman
    (d) Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada dominan
    (e) Peminjam palsu tidak mempunyai alamat pejabat fizikal
    (f) Peminjam palsu meminta yuran pendaftaran dan bayaran trans
    Daftar sekarang
    DAFTAR SEKARANG: info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    laman web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp :::+447723553516
    bersaksi whatsApp..+6281617538564


    . Saya mendapat pinjaman sebanyak Rp3,6 miliar dengan kadar faedah pinjaman sebanyak 1% dari PINJAMAN AASIMAHA ADILA AHMED. Semoga Allah memberkati mereka. InsyaAllah, dengan setia
    teddylisa baik
    Pengerusi Eksekutif / PENGENALAN Pegawai, VENTURES HARTA TANA

    BalasHapus
  11. Halo semuanya, nama saya Sarah Adia dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada ALLAH yang telah mewujudkan impian saya, saya telah mencari pinjaman selama 2 tahun terakhir sekarang sampai teman saya yang namanya LILOW BELUM memperkenalkan saya kepada Anthony Yuliana Lenders pemberi pinjaman yang andal, di mana saya akhirnya mendapatkan pinjaman sebesar Rp350 juta, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum Anthony Yuliana Lenders mentransfer pinjaman sebesar Rp350 juta ke dalam akun saya, saya akan suka untuk menggunakan kesempatan ini untuk menasihati mereka yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena 70% dari pemberi pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata. jika Anda tertarik dengan pinjaman, saya ingin memberi nasihat bahwa Anda harus menghubungi pemberi pinjaman yang andal melalui email (anthony.yulianalenders@gmail.com) atau melalui BBM INVITE (E37F9BCC) atau melalui whatsapp +1 (323) 4026088, email saya untuk lebih lanjut informasi (sarahadia234@gmail.com)

    BalasHapus
  12. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, saya seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen, Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.
    ALLAH memberkati kalian semua! Terima kasih.

    BalasHapus
  13. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN YANG LUAR BIASA HARI INI?

    Kami telah memberikan pinjaman bisnis kepada lebih dari 15.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil.

    Apakah Anda memerlukan pinjaman asli Online untuk mengamankan tagihan Anda? Mulai bisnis baru? Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi? atau Pinjaman bisnis, Ajukan pinjaman cepat dan mudah untuk memulai pembiayaan baru proyek Anda dengan tingkat bunga termurah 2%. Apakah Anda membutuhkan Pinjaman dalam jumlah berapapun? Apakah bank atau Perusahaan Pinjaman Bayaran menolak Aplikasi Pinjaman Anda karena Skor Kredit Anda Rendah atau Kurangnya Jaminan Keamanan? dan Anda membutuhkan Pinjaman Pribadi atau Bisnis yang mendesak untuk membiayai kembali bisnis Anda, membayar tagihan Anda, menyelesaikan masalah kredit macet Anda, membeli dan memiliki rumah sendiri? dll. HUBUNGI KAMI SEKARANG MELALUI EMAIL: (carmelapedro24@gmail.com)

    PINJAMAN TEXCO adalah platform pinjaman pertama yang memanfaatkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk menentukan harga kredit dan mengotomatiskan proses pinjaman. I Mrs Camila Michael telah menunjukkan kinerja kredit yang kuat dan mempertahankan salah satu peringkat konsumen tertinggi di industri ini menurut tinjauan konsumen terkemuka. Ajukan pinjaman jenis apa pun dan jumlah berapa pun pilihan Anda hari ini dengan menghubungi kami melalui email: (carmelapedro24@gmail.com)

    "Pinjaman Texco" percaya bahwa setiap orang berhak mendapatkan masa depan finansial yang lebih baik jika mereka mengusahakannya. Kami telah membangun pasar dan bersedia membantu orang yang kurang mampu mendapatkan pinjaman yang mereka butuhkan untuk bangkit kembali dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%.

    Kami menawarkan semua jenis pinjaman, Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda.

    CATATAN: Ingatlah bahwa hanya perlu 24 jam untuk memproses file Anda dan 100% Dijamin, apa pun Skor Kredit Anda.

    Dengan hormat,
    Nyonya Carmela Pedro
    PINJAMAN TEXCO LTD
    (carmelapedro24@gmail.com)
    WhatsApp: +1 585-326-2165
    Viber: +1 585-326-2165
    Terima kasih.

    BalasHapus
  14. nama saya Julia Simon, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya membutuhkan modal besar $ 200.000,00. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan hal ini. pada Januari 2017, teman saya memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. Augusta Ibramhim, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan pinjaman tempat dia bekerja. Ibu yang baik, Augusta Ibramhim, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan melanjutkan untuk memberkatimu. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia bahwa ada banyak scammer di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Augusta Ibramhim dan Anda dapat menghubunginya melalui email: (augustaibramhim11 @ gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (juliasimon460@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. tolong dia satu-satunya orang yang bisa diandalkan dan dapat dipercaya.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  15. nama saya Julia Simon, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya membutuhkan modal besar $ 200.000,00. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan hal ini. pada Januari 2017, teman saya memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. Augusta Ibramhim, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan pinjaman tempat dia bekerja. Ibu yang baik, Augusta Ibramhim, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan melanjutkan untuk memberkatimu. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia bahwa ada banyak scammer di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Augusta Ibramhim dan Anda dapat menghubunginya melalui email: (augustaibramhim11 @ gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (juliasimon460@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. tolong dia satu-satunya orang yang bisa diandalkan dan dapat dipercaya.

    Terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar