Hokben Tokyo Bowl, Cara Enak untuk Pergi ke Jepang

Saya suka sekali dengan Jepang. Tak hanya film, musik, budaya dan bahasanya, saya bahkan juga suka dengan kulinernya. Kalau kata orang Jepang, "Oishii!". Bagi saya makanan Jepang itu enak dan otentik.

Untuk dapat menikmati makanan Jepang, kita enggak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang. Di Indonesia telah banyak berdiri restoran atau tempat makan yang menyediakan kuliner khas Jepang sebagai sajian utama, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Nah, di antara sekian banyaknya restoran kuliner Jepang yang ada, Hoka-hoka Bento adalah resto favorit saya. Saya suka dengan makanan-makanan yang disajikan di sana. Selain mudah ditemui dimana saja, menunya bervariasi dan harganya juga terjangkau. Cocok banget lah pokoknya dengan generasi milennial seperti saya! Hoho.
logo hokben (dok. hokben.co.id)
Dahulu saya mengira Hoka-hoka Bento adalah restoran asal Jepang. Namun setelah sempat gugling saya baru tahu kalau Hoka-hoka Bento adalah restoran asli Indonesia yang menyajikan kuliner Jepang sebagai sajian utama. Waw!

Hokben pertama kali berdiri di Jakarta pada 18 April 1985 di bawah lisensi PT Eka Bogainti. Restoran di Kebon Kacang tercatat sebagai restoran pertama. Seiring berjalannya waktu, Hokben terus berinovasi. Salah satunya adalah layanan call center dan Hokben delivery pada 2007. Buat teman-teman yang muslim enggak perlu khawatir karena Hokben telah mendapatkan sertifikasi halal oleh MUI sejak 2008. Jadi bangga deh!

Terakhir kali saya makan di Hokben pada November 2015. Saat itu saya diajak oleh alm. kakak saya dan suaminya pergi ke ITC Permata Hijau. Usai membeli smartphone di sana, saya kemudian ditraktir oleh mereka berdua untuk makan makanan Jepang di outlet Hoka-hoka Bento di foodcourt di lantai 4. Setelah sekian lama tidak makan di Hoka-hoka Bento saya pikir kok ya kangen juga makan makanan Jepang di sana? Saya kangen makan nasi hokben yang sebenarnya tidak banyak namun bisa bikin perut kenyang. Akhirnya pada 7 Oktober 2017 saya pun memutuskan untuk berkunjung ke outlet Hoka-hoka Bento cabang Blok M Plaza yang terletak di lantai LG (lower ground). Enggak seorang diri, namun bersama sejumlah teman, salah satunya adalah Kak Oo.

Sudah lama enggak mampir ke Hokben membuat saya kurang update dengan menu-menu yang tersedia di sana sehingga saya pun sempat bingung, "Duh, mau pesan apa ya?" . Namun beruntung Irma Wulansari, salah satu orang dari Hokben memberikan saya informasi bahwa Hokben punya menu baru bertajuk "Hokben Tokyo Bowl". Lewat menu ini, setiap pengunjung berkesempatan untuk mendapatkan tiket PP dari Jakarta ke Tokyo secara cuma-cuma untuk 10 orang pemenang! Wiiiih! Seketika saya pun 'ngiler' ingin mencicipinya. Terlebih saat mendengar kata Tokyo. Saya pikir, "Wah kapan lagi? Harus coba nih!" Siapa tahu beruntung ke Jepang! Hoho

Hokben Tokyo Bowl merupakan tema utama dari menu baru yang disajikan oleh Hokben. Pada tema ini tersedia 5 varian menu dengan dua bahan utama, yakni ayam (tori) dan sapi (gyu) yang sangat menggugah selera. Kelima varian menu dengan harga termasuk pajak itu adalah:

1. Tori Soboro (Rp 27.000)
Tori Soboro (dokpri)
2. Gyu Soboro (Rp 31.000)
Gyu Soboro (dokpri)
3. Chicken Karaage (Rp 37.000)

4. Chicken Katsu Tare (Rp 31.500)
Chicken katsu tare (dokpri)
5. Chicken Steak (Rp 37.000)
Chicken steak (dokpri)
Meski varian menunya berbeda-beda, ada satu persamaannya, yakni terdapat rumput laut (seaweeed) pada setiap mangkok. Rumput laut ini dipotong-potong kemudian ditabur di atas nasi. Baru membayangkannya saja sudah bikin mupeng. Bagaimana ya rasanya?

Sebenarnya saya ingin banget mencoba semua varian menu yang ditawarkan. Namun itu enggak mungkin karena mencoba satu saja sudah kenyang banget. Terlebih saya juga ingin makan menu yang lain. Mau enggak mau, saya pun harus memilih salah satu dari varian menu Hokben Tokyo Bowl yang tersedia. Hmm... tapi apa ya?  Tiba-tiba terpikirkan di benak saya untuk memesan Hokben Tokyo Bowl Chicken Karaage. Saya penasaran kayak gimana sih rasanya. Tanpa pikir panjang saya pun segera memesan menu tersebut. Untuk menemani Chicken Karaage, saya juga memesan puding rasa taro, sup udang dan teh kotak.

Tak perlu waktu lama, hidangan yang saya pesan pun telah tersaji. Saya pun kemudian membawa nampan berisi makanan yang telah dipesan ke salah satu meja. Di meja telah ada kak Oo dengan menu Hokben Tokyo Bowl Chicken Steak-nya.
Chicken karaage yang menggugah selera (dokpri)
Itadakimasu! Saya dan Kak Oo mencicipi Hokben yang telah menggoda iman kami. Saya 'comot' kepalan nasi demi kepalan nasi di mangkok dengan sumpit kemudian saya masukkan ke dalam mulut saya. Umaaaai! Begitulah kata orang Jepang untuk mendefinisikan rasa enak. Meski sudah dua tahun enggak mampir ke Hokben, saya salut dengan konsistensi Hokben dalam mempertahankan citarasanya. Nasinya enak banget! Berbeda dengan nasi yang biasa saya makan, nasi yang saya makan di Hokben terasa agak kenyal seperti beras ketan. Meski baru memakan sedikit, kita sudah akan mudah buat kenyang. Khas Hokben. 

Usai menyantap nasi, saya kemudian mencicipi chicken karaagenya. Ayamnya terdiri dari beberapa potongan. Dengan ukuran per potong yang agak besar membuat saya kesulitan untuk memasukkannya ke dalam mulut dalam satu suapan. Oleh karena itu saya memotong ayamnya terlebih dahulu menjadi beberapa bagian dengan sumpit barulah saya memakannya. Saat mengunyahnya, nyam... juicy! Ayamnya terasa lezat, terlebih saat dicampur dengan lelehan mayonaise. Dagingnya empuk dan kulitnya terasa krispi. Tingkat kematangannya pas. Saya suka dengan perpaduan rasa antara ayam dan taburan rumput laut. Ciamik!

Pergi ke Jepang adalah salah satu impian saya. Hokben Tokyo Bowl adalah cara enak untuk mewujudkan itu. Selain bakalan terpuaskan nafsu lapar kita, kita juga berpeluang untuk mendapatkan salah satu dari 10 tiket pesawat ke Jepang yang tersediakan. Caranya mudah. Cukup selfie saat makan varian menu Hokben Tokyo Bowl beserta struk kemudian unggah di sosial media, kita pun berpeluang untuk terbang ke Jepang. Asyiknya lagi, Hokben Tokyo Bowl juga punya promo menarik. Hanya bayar 2 menu, kita sudah bisa mendapatkan 3 menu Hokben Tokyo Bowl. Wiiiiih!
Jepang, negara impian saya (dok. google)
Secara keseluruhan saya puas dengan varian menu Hokben Tokyo Bowl khususnya Chicken Karaage. Dari skala 1-10, saya memberikan nilai 8 untuk varian chicken karaage. Jika ukuran potongan ayamnya diperkecil saja sehingga muat untuk dimasukkan ke mulut dalam satu suapan, pasti varian ini akan lebih sempurna. Oh ya, ini bukan kali terakhir saya mencicipi varian menu Hokben Tokyo Bowl. Saya juga ingin mencicipi semua varian menu Hokben Tokyo Bowl. Pasti enggak kalah enaknya!

Buat teman-teman yang belum nyobain, buruan ke Hoka-hoka Bento terdekat! Rasakan kenikmatan kuliner Jepang dan dapatkan cara enak untuk pergi ke Jepang!

Komentar

  1. Sepakat, gak usah jauh-jauh ke Jepang. Ke HokBen aja kita udah bisa makan makanan Jepang. 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Tapi kalau makan di Jepang langsung, juga SJMD :D

      Hapus
    2. Iya generasi millenials kek gen Z kek kids jaman now or old pasti semua sukak Oishii nya HokBen. Kidzu bento atau Set menu yang lain berhasil buat saya mimpi indah semalam

      Hapus
  2. Wah..kamu berhasil membuatku ngiler nih...dari dulu aku suka banget sama Hokben, bareng temen SMP, SMA sampai kuliah masih aja suka dengan menu menu Hokben. Asiknya ada menu baru sekarang bkin aku pengen nyobain langsung deh, apalagi ada kompetisi ke Jepangnya nih..kece abis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk jadi kepengen makan ya kak

      Hapus

Posting Komentar