Hal Paling Bete

Gue paling bete kalau gue ngomong, padahal omongannya belum selesai dan belum juga ke tengah-tengah pembicaraan, eh orang yang diajak ngomong malah bilang, "Iya iya tau". Apalagi kalau pas gue jelasin orangnya main gadget. Tambah bete lagi kalau orangnya malah nanya, "Eh tadi gimana caranya?"

*Gubrak! Pas gue ngomong kenapa dipotong? :P
Ya udah karena keburu bete langsung gue berhenti ngomong dan biasanya gantian gak dengerin juga :P

Gak masalah kok kalau kita lebih tahu tentang apa yang akan dibicarakan. Tapi kadang kalau kita merasa tahu tentang suatu hal yang akan lawan bicara bicarakan, dengerin aja dan pura-pura gak tahu aja dulu. Tunggu sampai habis, jangan potong. Gak ada salahnya kok. Kalau udah selesai ngomong baru deh boleh kasih tanggapan. Lagipula belum tentu sama juga kan dengan apa yang kita pikirkan? kalau dilakuin hal ini yakin deh orang gak akan bete sama kita. Malah jadi nyaman buat ngomong.

Emang sih seni mendengarkan itu benar-benar mahal dan gak bisa dipelajari di dunia sekolah manapun. Makanya ada sekolah public speaking tapi gak ada sekolah public listening

NB : Gak bermaksud nyindir, hanya sebagai introspkesi agar kita sama-sama saling memperbaiki dan mengingatkan diri dalam hal 'mendengarkan'.

Komentar