Sudah Tahu Program-Program Kece Kementerian ESDM? Kenalan Yuk!

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (Sumber: PUBInfo) 

Sebagai negara yang kaya akan potensi energi dan sumber daya mineral, Indonesia butuh institusi pemerintahan yang bertugas mengawasi dan mengatur bagaimana ketersediaan energi dan mineral yang ada. Itu karena ketersediaan energi kian lama kian berkurang. Untuk itulah pemerintah memiliki Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (biasa disingkat KESDM), yang pada saat ini dipimpin oleh Ignasius Jonan sebagai  menteri. Websitenya bisa diakses di www.esdm.go.id.

Ngomong-ngomong soal energi, cita-cita Kementerian ESDM adalah ingin mewujudkan kedaulatan energi dan mencapai energi berkeadilan. Pemerintah melalui Kementerian ESDM juga ingin meratanya akses energi di seluruh daerah di tanah air. Namun itu tak bisa terwujud begitu saja. Perlu usaha, kerja keras dan sinergi satu sama lain untuk mewujudkannya. Nah, maka dari itu Kementerian ESDM menyelenggarakan berbagai program terkait energi. Dua fokus di antaranya adalah terkait energi terbarukan dan konservasi energi.

Perlu usaha, kerja keras dan sinergi satu sama lain untuk mewujudkannya. Nah, maka dari itu Kementerian ESDM menyelenggarakan berbagai program terkait energi. Dua fokus di antaranya adalah terkait energi terbarukan dan konservasi energi.
Nah, maka dari itu Kementerian ESDM menyelenggarakan berbagai program terkait energi. Dua fokus di antaranya adalah terkait energi terbarukan dan konservasi energi
Ngomong-ngomong soal energi, cita-cita Kementerian ESDM adalah ingin mewujudkan kedaulatan energi dan mencapai energi berkeadilan. Pemerintah melalui Kementerian ESDM juga ingin meratanya akses energi di seluruh daerah di tanah air.
Bukan Kementerian ESDM namanya kalau programnya tidak kece. So, teman-teman sudah tahu belum apa saja program-program kece Kementerian ESDM di bidang energi? Kenalan yuk!

1. Potong 10%
Yuk ikut dan dukung program Potong 10%! (Sumber: aperlindo.org)
Potong 10% adalah program kampanye Kementerian ESDM kepada masyarakat dan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.
Misalnya, mematikan lampu dan AC ketika ruangan tidak terpakai dan tidak membiarkan alat elektronik bekerja jika tidak digunakan. Untuk mensukseskan kampanye 10%, kementerian ESDM melakukan kegiatan temu netizen dengan tema potong 10% Pada kegiatan tersebut diadakan edukasi dan sosialisasi tentang hemat energi.
Program ini berupa imbauan tentang penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai namanya, maka target program ini adalah energi yang dikeluarkan menjadi lebih hemat 10% daripada total jumlah energi sebelumnya. Siapapun bisa terlibat dalam kegiatan ini dengan melakukan hal-hal kecil.
Kenapa energi perlu dipotong? Soalnya  menghemat energi lebih mudah daripada menciptakan energi. Menghemat 1 watt lebih mudah daripada menciptakan 1 watt. Menghemat 10 persen juga lebih mudah daripada membangun setara 10 megawatt (MW) yang membutuhkan dana sekitar Rp 450 triliun.
Atas dasar itulah program "Potong 10 Persen" diadakan. Kampanye terbesarnya diadakan di 3 kota besar di Indonesia, yakni Denpasar (Bali), Balikpapan (Kalimantan Timur) hingga Makassar (Sulawesi Selatan) melalui berbagai kegiatan menarik seperti funbike dan funwalk dan melibatkan berbagai pihak seperti masyarakat, LSM, jurnalis bahkan hingga blogger.
Potong 10% kelihatannya sepele namun dampaknya luar biasa.  Bayangkan, jika total energi yang terpakai sebesar 212,67 GWh berhasil dipotong 10%, berapa jumlah energi yang berhasil dihemat?  212,67 GWh! Lumayan kan. Dengan adanya pemotongan energi sebanyak itu saja, kita telah melakukan penurunan emisi karbondioksida hingga sebesar 0,192 ton! Langkah kecil yang berdampak besar untuk dunia!

2. Kegiatan dan Lomba Hemat Energi untuk Anak Sekolah
Nah seru deh ikutan Lomba Hemat Energi di Sekolah, andai saja jaman saya seolak dulu sudah ada ya, hehehe :) (Sumber: ebtke esdm)
Program yang dilaksanakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tak hanya ditujukan kepada orang dewasa atau pihak swasta saja melainkan juga kepada anak-anak sekolah. Kementerian ESDM sadar bahwa anak-anak adalah tonggak yang akan menentukan akan seperti apa nasib energi di negara ini di masa depan. Untuk itulah Kementerian ESDM juga menyelenggarakan program dengan target anak sekolah, mulai dari anak SD, SMP hingga SMA berupa lomba hemat energi. Harapannya, anak-anak tersebut dapat menjadikan hemat energi sebagai gaya hidup yang tak dapat dipisahkan sebagaimana kita dan makan nasi.
Program Konservasi Energi di Lingkungan Sekolah telah dilaksanakan sejak 2012 di berbagai daerah di Indonesia. Pada 2016 sendiri kegiatan itu diselenggarakan di berbagai sekolah dasar di 4 provinsi di Indonesia, yakni Aceh (Banda Aceh), Padang (Sumatera Barat), Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Yogya (Daerah Istimewa Yogyakarta).
program dirancang semenarik mungkin sesuai dengan karakter anak-anak. Beberapa di antaranya adalah dengan mengadakan lomba ranking satu, lomba pidato hemat energi, lomba menggambar, dongeng, pertunjukan sulap hingga pameran bertemakan hemat energi.
Kegiatan dirancang semenarik mungkin sesuai dengan karakter anak-anak yang penuh dengan keceriaan. Apa saja? Buanyak! Selain lomba ranking satu, ada pula lomba pidato hemat energi, lomba menggambar, dongeng, pertunjukan sulap hingga pameran bertemakan hemat energi. Pada tahun ini saja, tepatnya pada Juli hingga Oktober 2017, Kementerian ESDM meluncurkan program Lomba Hemat Energi. 30 sekolah di kota-kota besar di Indonesia dilibatkan, mulai dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Bandung, Palembang, Surabaya bahkan hingga Denpasar.
Bagi saya program yang dilaksanakan oleh Kementerian ESDM ini merupakan investasi loh!

3. Pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik Energi Terbarukan
Nah ini dia nih program pembangunan sumber energi terbarukan dari EBTKE ESDM, Mantap! (Sumber: Kemenpora)
Untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Indonesia, diperlukan pembangkit tenaga listrik. Namun berhubung ketersediaan sumber energi fosil semakin berkurang, maka sumber energi terbarukan perlu dimanfaatkan. Oleh karenanya, pemerintah melalui Kementerian ESDM melakukan program berupa pembangunan pembangkit listrik yang bersumber dari energi terbarukan, seperti tenaga surya, angin, air, sampah bahkan hingga panas bumi.
Berikut adalah berbagai pembangkit tenaga listrik sumber energi terbarukan yang direncanakan dibangun:
1. Energi Hidrolik
-PLTA Wadaslintang, Kebumen (Jawa Tengah) (86 MW)
-Bendungan Serba Guna dan PLTA Jatigede (Jawa Barat) (110 MW)
-Bendungan PLTA Malea (Sulawesi) (90 MW)
-Bendungan PLTA Baliem (50 MW) di Papua.
2. Energi Panas Bumi (Biomassa)
-Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Mempawah (10 MW). Direncanakan selesai Desember 2017.
-Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Kabupaten Ogan Komerling Ilir, Palembang, Sumatera Selatan. Beroperasi sejak akhir 2015.
-Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Beroperasi sejak  awal 2015.
-Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Gorontalo.
3. Energi Angin
-Pembangkit Listrik Tenaga Angin Sidrap (Sulawesi). Direncanakan beroperasi 2018.
-Pembangkit Listrik Tenaga Angin
Jeneponto (Sulawesi).
-Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bantul (Yogyakarta).
4. Pembangkit Listrik Tenaga Surya
- PLTS di Kabupaten Karangasem, Bali dengan kapasitas 1MW
- PLTS di Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang dengan kapasitas 5MWp
- PLTS di Pulau Medang, Sekotok, Moyo, Bajo Pulo, Maringkik, dan Lantung dengan total kapasitas 900KWp. 
    5. Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)
    Nah ini bagian yang menarik nih. Berdasarkan artikel dari website ebtke.esdm.go.id, PLN membeli 7 PLTSa dari 7 kota di Indonesia loh yaitu DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Surakarta, Surabaya dan Makasar dengan kapasitas Jakarta sebesar 4x10 MW dan 6 kota lainnya sebesar 10MW. Keren banget ya dari sampah energi yang dihasilkan. Luar biasa!

    Itulah tiga program utama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam mengembangkan dan memaksimalkan sumber energi terbarukan dan dalam melakukan konservasi energi. Namun program-program Kementerian ESDM ini tidak dapat berjalan lancar jika tidak ada dukungan dan sinergi dari berbagai pihak, termasuk kita semua. Maka dari itu mari kita dukung dan jadi bagian dari program-program kece Kementerian ESDM di bidang energi!
    ***
    #15HariCeritaEnergi

    Referensi:
    1. "Hemat Energi "Potong 10 Persen": Lebih Murah daripada Bangun Pembangkit Listrik"
    http://ebtke.esdm.go.id/post/2017/05/21/1666/hemat.energi.potong.10.persen.lebih.murah.daripada.bangun.pembangkit.listrik
    2. "Pelaksanaan Potong 10 Persen hingga 2019"
    http://ebtke.esdm.go.id/post/2016/05/15/1233/pelaksanaan.potong.10.persen.hingga.2019
    3. "Pemerintah Galakkan Program Potong 10 Persen"
    http://ebtke.esdm.go.id/post/2016/04/27/1208/pemerintah.galakan.program.potong.10.persen
    4. "Bangun Generasi Hemat Energi ESDM Sosialisasikan Konservasi Energi di 30 Sekolah Dasar"
    http://ebtke.esdm.go.id/post/2016/05/02/1212/bangun.generasi.hemat.energi.esdm.sosialisasikan.konservasi.energi.di.30.sekolah.dasar
    5. "Nilai Hemat Energi Harus Ditanamkan Sejak Dini"
    https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/nilai-hemat-energi-harus-ditanamkan-sejak-dini
    6. "Sosialisasi Hemat Energi Sejak Dini ESDM Gelar Lomba di Sekolah"
    https://m.detik.com/finance/energi/3584915/sosialisasi-hemat-energi-sejak-dini-esdm-gelar-lomba-di-sekolah
    7. "Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Indonesia"
    http://www.dct.co.id/home/artikel/451-pembangkit-listrik-tenaga-surya-di-indonesia.html
    8. "PLN Beli PLTSa Dari 7 Kota Di Indonesia"
    http://ebtke.esdm.go.id/post/2016/12/05/1466/pln.beli.pltsa.dari.7.kota.di.indonesia

    Komentar

    1. Mau dong ikut program potong 10% nya ESDM..Ternyata program yang ditawarkan kece kece ya..tinggal Kita nya aja nih mau ikutan atau ngga nya.. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hayuk atuh! Siapa aja bisa ikut kok!

        Hapus

    Posting Komentar