Biomassa, Potensi Alam Luar Biasa

Alam menyediakan potensi luar biasa untuk kelangsungan hidup manusia. Selain dari angin, matahari dan panas bumi, manusia juga dapat memperoleh sumber energi terbarukan dari biomassa. 

Biomassa merupakan bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar. Penggunaan biomassa bisa bersifat secara langsung ataupun tidak langsung. Misalnya, untuk mendapatkan biodiesel dari kelapa sawit kita perlu mengolahnya terlebih dahulu.
Ilustrasi biomassa (dok. inhabitat.com)
Contoh energi biomassa terdiri dari beberapa jenis. Di antaranya:

1. Biogas
Biogas dihasilkan dengan cara pemecahan bahan organik, seperti pupuk kandang dan kotoran manusia. Fermentasi dengan menggunakan bantuan mikroorganisme anaerobik dalam menghasilkan gas metana dan karbondioksida menjadi kunci dari sumber ini. Biogas dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik dan bahan bakar kompor.

2. Kayu
Kayu adalah salah satu contoh energi biomassa. Cara menggunakannya adalah dengan melakukan pembakaran. Pembangkit listrik tenaga uap biasanya menggunakan kayu sebagai sumber energinya. Sayangnya, kayu memiliki beberapa kekurangan karena pembakarannya dapat menyebabkan efek rumah kaca.
Kayu (dok. e-kepeslap.com)
3. Limbah pertanian
Jangan sepelekan limbah pertanian! Sebab limbah pertanian seperti tongkol jagung dan cangkang kelapa sawit dapat menjadi sumber energi biomassa dalam memproduksi listrik.\

4. Tumbuhan
Contohnya adalah rami, jagung, gandum bahkan kedelai. Ternyata tak hanya dapat dimakan, tumbuhan juga bisa menghasilkan bahan bakar. Bahkan ada loh bensin yang bahan dasarnya dari tumbuhan!

Itulah beberapa contoh energi biomassa. Sebenarnya sih penggunaan biomassa sebagai sumber energi sudah enggak asing karena manusia sudah lama memanfaatkannya sudah sejak lama. Contoh gampangnya saja saat manusia menggunakan kayu untuk menyalakan api unggun. Namun sejak manusia menemukan energi fosil untuk menghasilkan tenaga, kian lama penggunaan biomassa semakin berkurang. Padahal dibanding dengan energi fosil, biomassa dapat diperbaharui dan didapatkan dengan lebih mudah.  

Ngomongin tentang biomassa, ada kabar baik nih guys! Kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia menjadikan negeri ini sebagai salah satu negara yang telah memanfaatkan biomassa sebagai sumber energi terbarukan. Sejumlah daerah dijadikan sebagai tempat pembangunan pembangkit listrik tenaga biomassa. Dimana sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya. Check this out!

1. Mempawah, Kalimantan Barat
Pemerintah melalui PLN membangun pembangkit listrik biomassa berkekuatan 10 Megawatt (MW) di Desa Wajok, Siantan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Belum jadi sih, tapi pembangkit ini direncanakan akan selesai pada Desember 2017. Memakan biaya investasi sebesar Rp 250 milyar, pembangkit ini memanfaatkan cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakarnya.

Tahu enggak berapa jumlah listrik yang dihasilkan? Dengan menggunakan 98.400 ton limbah cangkang sawit, pembangkit ini bisa menghasilkan sekitar 70 juta kilowatt per jam (kWh) dalam setahun lho! Listrik yang diproduksi nanti akan disalurkan lewat jaringan 20 kilo volt (kV) dengan panjang 5.6 kilometer sirkuit (kms) dari titik interkoneksi Gardu Induk (GI) Siantan ke sistem khatulistiwa.

Menariknya, tak hanya untuk membantu akses listrik di Kalimantan Barat, adanya pembangkit biomassa juga dapat menjadi salah satu percontohan mesin pembangkit dalam pemanfaatan cangkang sawit sebagai sumber energi terbarukan. Kalau kata anak muda jaman sekarang, ntap soul!

2. Sumatera Selatan
Kamu orang Sumatera Selatan? Wah, kamu patut berbangga nih karena provinsi Sumsel merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menggunakan pembangkit listrik tenaga biomassa.

Dikutip dari website Kementerian ESDM (www.esdm.go.id), pada akhir 2015 lalu pemerintah telah meresmikan PLTBg alias Pembangkit Listrik Tenaga Biogas berkapasitas 4 MW di Kabupaten Ogan Komerling Ilir, Palembang, Sumatera Selatan. Pembangkit tersebut berlokasi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Mesuji dan Kecamatan Mesuji Raya dengan kapasitas masing-masing 2 MW. Didirikannya pembangkit listrik tenaga biomasssa di Sumsel merupakan komitmen untuk mendukung program pemerintah dalam menargetkan penggunaan energi terbarukan sebanyak 23% pada 2025 pada bauran energi nasional. Ini juga merupakan solusi untuk mencukupi akses listrik di daerah-daerah sekitar perkebunan sawit.

Bersumber energi dari limbah cair kelapa sawit, ternyata pembangkit ini memiliki sejumlah kelebihan. Selain dapat beroperasi 24 jam, limbah cair kelapa sawit juga bersifat stabil, dapat diandalkan, tidak dipengaruhi faktor cuaca, ramah lingkungan dan harganya relatif murah dibanding teknologi listrik berbasis BBM (genset diesel atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel).

3. Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah
Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa di Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah telah beroperasi pada awal 2015. Lokasi pembangkit ini terletak tak jauh dari pembangkit listrik tenaga diesel di Karimunjawa. Dengan capaian kapasitas daya listrik hingga 504 kilowatt, pembangkit ini memanfaatkan limbah kelapa yang dipasok dari Wonosobo, Jawa Tengah dan Kalimantan.

Dibandingkan mesin diesel dengan tujuh pembangkit berbahan bakar solar, ternyata energi biomassa lebih efektif dan hemat. Itu karena jika menggunakan diesel, Karimunjawa butuh biaya sebesar Rp 3 milyar per tahun dengan kebutuhan 420 ribu kiloliter. Faktor lainnya adalah karena pasokan solar dari Pulau Jawa sering terhambat karena ekstremnya cuaca.


Karimunjawa (dok. rajakarimunjawa.com)
3. Gorontalo
Suka makan jagung? Jangan buang tongkolnya! Sebab tongkol jagung ini merupakan biomassa yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar penghasil energi. 

Inilah yang dilakukan PLN di Gorontalo. PLN membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Pulubala, Gorontalo. Pembangkit ini merupakan pembangkit listrik tenaga biomassa pertama di Indonesia yang memanfaatkan tongkol jagung sebagai sumber energi dalam menggerakkan generator dan menghasilkan energi. 

Dibangunnya PLTB tersebut berangkat dari ditantangnya General Manager PLN Sulawesi Tengah, Utara dan Gorontalo (Sulut Tenggo), Santoso Januwarsono oleh Direktur Operasi Indonesia Timur PLN, Vickner Sinaga. Kala itu ia dan petinggi PLN Gorontalo lainnya ditantang untuk mencari cara bagaimana agar Gorontalo dapat menghasilkan listrik berdasarkan potensi lokal yang ada di sana. Melihat potensi yang ada di Gorontalo, akhirnya jadi deh tongkol jagung sebagai sumber energinya.

FYI, beban listrik di Gorontalo telah mencapai 78 MW dengan pelanggan sebanyak 187 ribu orang dimana 70 ribu di antaranya merupakan pelanggan listrik prabayar. Listrik di Gorontalo sendiri telah terkoneksi dengan sistem interkoneksi 150 kV Sulutgo (Sulawesi Utara - Gorontalo).
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (iwin.org.ng)
Biomassa adalah potensi alam yang luar biasa yang harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan dengan baik. Sebagai komitmen pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan energi, pemerintah pun telah melakukan 10 perjanjian tentang penyediaan listrik berbasis energi terbarukan. Dari 10 perjanjian tersebut, 1 di antaranya adalah perihal pembangunan pembangkit listrik tenaga biomassa yang direncanakan akan dibangun di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dengan pengembang berupa PT Charta Putra Indonesia dan PT Inti Karya Persada Teknik. Mari kita doakan semoga semakin banyak daerah di Indonesia yang memiliki pembangkit listrik tenaga biomassa sehingga akses listrik akan semakin tersebar luas.*** #15HariCeritaEnergi



Referensi:
1. "Pengertian Definisi Energi Biomassa Beserta Contohnya"
http://benergi.com/pengertian-definisi-energi-biomassa-beserta-contohnya

2. "Sumsel Provinsi Pertama yang Memiliki PLTB"
https://m.tempo.co/read/news/2017/04/11/140864727/sumsel-provinsi-pertama-yang-memiliki-pltb

3. "Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Akan Dibangun di Sumsel"
https://news.detik.com/berita/d-3471017/pembangkit-listrik-tenaga-biomassa-akan-dibangun-di-sumsel

4.  "PLTBg Berkapasitas 4 MW Beroperasi di Palembang"
http://ebtke.esdm.go.id/post/2015/12/17/1057/pltbg.berkapasitas.4.mw.beroperasi.di.palembang

5. "Pembangkit Listrik Biomassa 10 MW Segera Dibangun di Kalbar"
https://m.tempo.co/read/news/2016/09/09/090803167/pembangkit-listrik-biomassa-10-mw-segera-dibangun-di-kalbar

6. "PLN Operasikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa di Gorontalo"
http://www.beritasatu.com/ekonomi/198255-pln-operasikan-pembangkit-listrik-tenaga-biomassa-di-gorontalo.html

7. "Pembangkit Listrik Biomassa Pertama Beroperasi di Gorontalo"
http://bisnis.liputan6.com/read/2081178/pembangkit-listrik-biomassa-pertama-beroperasi-di-gorontalo

8. "Sepuluh Perjanjian Penyediaan Tenaga Listrik Berbasis Energi Baru Terbarukan Diteken"
http://ebtke.esdm.go.id/post/2017/03/30/1606/sepuluh.perjanjian.penyediaan.tenaga.listrik.berbasis.energi.baru.terbarukan.diteken

Komentar

  1. Waw....tongkol jagung ternyata bisa buat biogas ya...keren banget deh.. Cangkangnya kelapa sawit juga ngga nyangka bisa sebesar itu energinya..luar biasa banget ya..kalau saja semua potensi yang ada sekecil-kecilnya bisa dimanfaatkan untuk energi terbarukan pasti mantep jiwa ya..Indonesia ga akan kekurangan energi tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka bener banget. Alam emang punya potensi luar biasa buat manusia

      Hapus

Posting Komentar