Menjelajah Amerika Lewat @America

Mau tahu seperti apa Amerika?

Mau menjelajah Amerika?

Daripada beli tiket dan ngurus visa dan jauh-jauh terbang ke Amerika, mending ke Pacific Place Jakarta aja. Bukan Amerika beneran sih, tapi dijamin, di sana kita akan serasa menjelajah Amerika dan mengenalnya lebih dekat!

Lewat apa? Lewat @America namanya. “Amerika-amerikaan” yang berada di bawah kedubes Amerika yang diresmikan sejak 2 Desember 2010 ini bisa kita kunjungi di lantai 3 Pacific Place Jakarta. Enggak usah khawatir, masuknya enggak bayar kok. Gratis tis tis! Kan didukung pemerintah Amerika. Soal akses terbilang mudah. Cukup dengan naik transjakarta jurusan Blok M-Kota (yang ke arah Kota ya) dan turun di halte Polda Metro, kita sudah sampai di sana. Memang enggak persis di depan Pacific Place. Kita mesti jalan kaki terlebih dahulu beberapa meter untuk bisa masuk ke dalam. Namun tenang aja, jaraknya dekat kok.Jadi enggak bakalan bikin encok deh! Hohoho.

Penampakan @America dari depan (dok. Linda Erlina)
Bukti peresmian @america Indonesia (dok. pribadi)
Beruntung, pada 2 Januari 2017 lalu gue bersama geng centil eh maksudnya geng blogger berkesempatan pergi ke sana. Kebetulan pada akhir 2016 hingga awal tahun 2017 @America mengadakan pemutaran film-film Amerika terkenal dengan dua sesi, sesi siang dan malam. Jadilah kami berlima (gue, Ka Linda, ka Oo, Ka Meidy, ka Yusuf dan Mbak Ugi) pergi ke sana.

Sebenarnya film sesi siang akan diputar jam 2. Namun gue baru jalan jam 2 dengan naik transportasi andalan, si bang TJ alias TransJakarta. Lantaran males muter-muter dari RS Medika-Harmoni, terus dari Harmoni-Blok M (pusing bro) dan bakal lama juga nyampenya, gue milih untuk motong jalan.Caranya? Dengan naik kopaja 70 ke arah Blok M. Maklum, daerah rumah strategis kemana aja. Setelah sampai di Blok M, baru deh lanjut naik TJ ke arah Kota lalu turun di halte Polda Metro.

Setibanya di Polda Metro, gue ketemuan dulu sama ka Meidy. Baru setelah itu kita naik taksi jalan kaki  ke Pacific Place dan ketemuan dengan ka Oo, sang hattrick live twitter dan ka Yusuf di sana. Kemudian baru deh kita bareng-bareng ke lantai 3. Adapun ka Linda dan Mbak Ugi menyusul.

@America mudah banget ditemuin. Kalau lo udah di lantai 3 dan melihat ada layar gede bertuliskan @America itu artinya lo udah nemuin @America. Setibanya di sana, langsung masuk aja. Saatnya menjelajah Amerika!

Ruang  Pemeriksaan dan Penitipan Tas
Ini dia ruangan yang pertama kali kita masuki setelah masuk dari pintu. Pertama-tama bentuknya seperti lorong dengan berbagai hiasan dan pajangan ala Amerika di sebelah kanan. Kemudian semakin masuk ke dalam, kita akan menemukan bagian pemeriksaan. Nah, di sini kita harus menitipkan tas dan melepaskan atau meninggalkan benda-benda yang berbau logam sebelum melewati metal detector. Untuk penitipan tas sendiri ada loker yang disediakan dan asyiknya, kuncinya bisa kita jadikan gelang karena terikat dengan karet. Jadi gak perlu takut kuncinya bakal hilang. Nah, karena enggak boleh bawa tas, ada baiknya kita bawa barang-barang berharga semisal dompet dan handphone. Meski sebenarnya aman-aman aja kalau ditaroh di loker, tapi namanya antisipasi baiknya bawa aja. Setelah semuanya selesai, baru deh kita melewati metal detector dan masuk ke ruangan berikutnya.
Gelang kunci (dok. pribadi)
Ruangan Utama
Sebenarnya sih enggak ada nama-nama khusus tentang ruangan di @America. Ini sih inisiatif gue aja biar gampang mengenalinya. Ini dia ruangan berikutnya yang kita masuki setelah melewati pemeriksaan: ruangan utama. Ruangannya sih enggak besar tapi di sini terdapat berbagai fasilitas edukatif dan hiburan yang kece abis dan tentunya bisa kita nikmati secara gratis. Ada apa aja sih?

1.      Display Pembuat Pajangan
Di sini terdapat display pembuat pajangan. Gue bingung apa namanya, tapi ya semacam alat pembuat pajangan gitu. Sayangnya enggak ada deskripsi singkat tentang alat itu. Jadi ya udah gue cuman melihat aja.

2.      Game 
 
Ingin melepas penat? Main game aja di @america. Eitsss, di sebelah kiri itu yang saya maksud dengan display pembuat pajangan ya (dok. pribadi)
Ke kanan sedikit dari display terdapat tempat untuk main game. Di sini pengunjung @America bisa main Play Station. Kurang tahu game apa aja yang bisa dimainin, tapi dari sejak gue masuk ke sini sampai pulang, game yang dimainkan hanya sepak bola aja. Atau apa jangan-jangan gamenya hanya sepak bola? Buat yang butuh penyegaran, buruan ke @America! Main game bisa jadi salah satu solusinya.


3.      Peta Dunia
Ke kanan sedikit lagi ada alat canggih yang dinavigasikan dengan  google earth. Alat ini dijamin bakalan bikin otak kita makin encer karena kita bakal tahu posisi dan nama-nama negara di dunia. Bahkan enggak hanya bumi aja, kita juga bisa melihat permukaan bulan lewat alat ini.
Enggak hanya Amerika, di @america kita juga bisa jelajahi dunia! (dok. pribadi)
Dengan menggunakan tombol layar sentuh, kita bisa menentukan kita mau melihat lebih dekat daerah apa. Kita juga bisa melihatnya dengan cara rotasi 360 derajat. Hasilnya? Dapat dilihat di layar gede yang ada di hadapan kita. Gue sama teman-teman di Young and Bounty Hunter sempet ketagihan nyoba alat yang satu ini dan foto-foto di depannya. Bahkan saking ketagihannya, gue yakin kalau Ka Linda bakalan makin termotivasi untuk membuat google Bekasi!


4.      Pojok Baca
 
Pojok baca, surganya bagi pembaca buku (dok. pribadi)
Terletak di dekat pusat informasi, kita juga bisa menyelami lebih lanjut tentang Amerika lewat berbagai buku. Buat yang suka baca buku, boleh lah mampir ke sini. Buku-buku ini tersedia di sebuah rak hitam dengan pilihan judul beragam, ada majalah forbes,  national geographic hingga buku tentang Muslim di Amerika.


5.      Member Booth
Di member booth, kamu bisa nanya-nanya seputar @America kepada petugas yang berjaga dan bahkan subscribe agar kamu enggak ketinggalan tentang kegiatan-kegiatan di @America. Disediakan laptop kok buat berlangganan info dari @america. Setelah subscribe kita bakal dikasih stiker. Asyik kan? Gue dapet sih, tapi sayang lupa narohnya sehingga hilang deh.

Puluhan i-pad berjajar seakan berkata, "Pinjam aku! Pinjam aku!" di member booth (dok. pribadi)
Enggak cuman itu aja, di sini juga tersedia peminjaman i-Pad yang bisa kita pinjam secara gratis. Cukup titipkan aja KTP ke mbak-mbak atau mas-mas di sana, maka kita sudah bisa meminjam i-Pad. Aplikasi yang ada di i-Pad keren-keren loh. Edukatif dan kebanyakan seputar Amerika. Saya sempat menikmati layanan ini dan salah satu aplikasi favorit saya adalah "shack the states". Di game ini pemain akan diuji pengetahuannya seputar wawasan tentang 50 negara bagian Amerika Serikat lewat berbagai pertanyaan yang ditampilkan. Pokoknya seru deh. Aplikasi lainnya adalah duolingo, dimana kita bisa belajar bahasa-bahasa Eropa seperti Spanyol, Prancis atau bahkan Jerman. Selain i-Pad, di sini juga kita bisa minjam boardgame untuk dimainkan secara bersama-sama. Sayangnya boardgame hanya bisa dimainkan di akhir pekan dank arena kita datang di hari biasa, enggak bisa minjem deh.

Berbagai aplikasi edukatif dan informatif di i-pad @america (dok. pribadi)

6.      Pojok Konsultasi
Siapa yang ingin studi di AS? Yuk konsul di sini! (dok. pribadi)
Berencana kuliah di Amerika Serikat? Atau ingin tahu gambaran bagaimana pendidikan di AS? Datang aja ke pojok konsultasi yang terletak di pojok (namanya juga pojok konsultasi), di sebelah kiri pusat informasi. Di sini kamu bisa bertanya-tanya dan berkonsultasi tentang segala macam hal pendidikan di Amerika Serikat, mulai dari biaya hidup, syarat-syarat hingga beasiswa. Ada juga beberapa brosur yang bisa kamu bawa pulang. Sekarang konsul, besok berangkat ke Amerika. Siapa yang tahu?

Kalau ke sini, jangan lupa ambil brosurnya. Di belakangnya ada ilustrasi peta AS yang kece abis! (dok. Linda Erlina)
7.      Popcorn Gratis
 
Yang anak kosan, buruan cobain popcorn gratis di @america ! (dok. pribadi)
Iseng? Mending nyobain popcorn aja yuk! Demi memanjakan para pengunjung, @America menyediakan layanan berupa popcorn gratis. Alat pembuat popcorn diletakkan di depan member booth dan kalau kita mau, kita bisa minta ke petugas setempat. Mau tawar boleh, mau asin juga bisa. Tinggal ditambahkan garam aja sesuai selera. Tapi kalau persediaan popcornnya habis, enggak usah khawatir. Tunggu aja karena popcorn akan dibuat secara berkala.


8.      Instagramable Spots
Hobi foto-foto? Saatnya mengunjungi instagramable spots di @America yang ada di sebelah kiri peta canggih! Bentuk instagramable spots ini menyerupai lorong dengan ada kursi dan bangku-bangku lucu di sisi kanan kiri. Ada pula layar-layar informatif di sisi sebelah kanan. Makin instagramable karena di dinding, baik sebelah kanan ataupun kiri terlukis berbagai lukisan dan mural yang artistik yang berhubungan dengan Amerika dan Indonesia. Pokoknya cocok banget deh buat kamu yang hobi selfie atau foto-foto! Kecenya lagi, di sini juga ada colokan-colokan yang bisa digunakan kalau baterai gawai kita lagi sekarat.

Penasaran kayak gimana spot-spot kece yang instagramable abis? Yuk lihat foto-foto di bawah ini!

Kece banget ya? (dok. pribadi)
Enggak sah ke @america kalau belum foto di depan sini! (dok. pribadi)
Sit like a boss! (dok. pribadi)
9.      Ruang Rapat
Masuk menelusuri lorong instagramable spots ternyata ada ruangan kecil lagi yang ‘nyempil’ dengan sejumlah kursi di dalamnya tapi tidak dibatasi dengan pintu. Di situ juga ada beberapa colokan yang bisa banget dicoba kalau baterai gawai udah lemah. Sepi banget di sini. Kata ka Oo, biasanya sih ruangan ini digunakan buat rapat untuk acara-acara tertentu.


10.  Wi-fi
Ini dia layanan yang paling dicari oleh setiap pengunjung: wi-fi. @America juga menyediakan layanan wi-fi tanpa password dan secara gratis yang dapat dinikmati setiap pengunjung. Kecepatannya? Jangan ditanya, kenceng banget bro! Saya bahkan sempat memperbaharui aplikasi-aplikasi di handphone saya dan mengunduh beberapa aplikasi. Kapan lagi make wifi gratis dan kenceng pula? Buat kamu-kamu pemburu wi-fi, @America rekomendasi banget untuk dikunjungi!

Puas menjelajah ruangan utama, tak lengkap rasanya kalau ke @America enggak masuk ke ruangan lainnya. Tahukah kamu? Di @America juga ada ruangan serba guna yang letaknya persis di depan pintu setelah kita masuk ke ruangan utama.  Ada apa aja di dalam? Yuk intip!

Ruangan Serba Guna
Selain biasa digunakan untuk acara diskusi atau presentasi, ruangan ini juga biasa digunakan untuk pemutaran film. Di sana terdapat layar berukuran besar. Nah, ini dia ruangan yang kami masuki untuk menonton film. Berhubung kami datang pada Rabu, 2 Januari 2017, maka film yang kami tonton adalah Dream Girls untuk sesi siang (14.00-selesai) dan Eat Pray Love untuk sesi malam (18.00-selesai). Berhubung kami datang tidak on time dan menonton film sesi malam juga terpotong dengan waktu maghrib, kami pun tidak menonton 100% dari awal hingga akhir.

Oh ya, di sini tidak ada kursi-kursi layaknya kelas di kampus. Setiap pengunjung bisa duduk di tempat duduk yang dibuat seperti undakan-undakan. Semakin naik ke atas, kita akan menemukan beans chair  dengan warna-warni yang menggoda. Ada merah, kuning, hijau pokoknya warna-warna deh kayak pelangi. Setiap pengunjung bebas memilih beans chair yang mereka sukai. Di tengah-tengah juga terdapat sofa namun dengan posisi yang berlawanan dengan layar.

Ayo dipilih dipilih dipilih! (dok. pribadi)
Meski tersedia beans chair dengan berbagai varian warna yang cantik, gue merasa kurang nyaman duduk di sana. Gue sudah mencobanya, tapi kok lebih nyaman duduk ‘ngedeprok’ ya?Soalnya duduk di beans chair membuat gue galau mau menentukan posisi duduk seperti apa. Selain itu beans chair juga tidak ada senderannya, jadi makin kurang nyaman-lah gue. Gue pikir-pikir kayaknya beans chair lebih enak ditidurin deh ketimbang didudukin.

Kalau boleh bawa pulang, udah gue bawa pulang nih beans chairnya! (dok. pribadi)
Yang gue suka dari ruangan ini adalah fasilitas audionya yang sangat bagus dan jelas. Alhasil, penonton dapat dimanjakan dengan kualitas suara yang ditampilkan. Gue juga lope-lope banget sama ACnya. Dingin! Buat yang suka foto-foto, di sini juga tersedia properti yang berhubungan dengan @America yang bisa digunakan dalam foto.

Niat awal ke @America pada hari ini sih nonton film. Tapi kenyataannya gue enggak bisa fokus dalam melakukannya. Ya sudah, selama di dalam ruang serba guna, selain memanfaatkan wi-fi yang ada gue juga memainkan i-pad yang saya pinjam. Maklum lebih sering megang ulekan daripada megang aiped. Kemudian gue juga malah lebih sering selfie dan berfoto-foto ria.

Oh ya, ada yang menarik selama berada di sini. Di sini gue secara tidak sengaja ketemu dengan Mala dan temannya (aduh gue lupa namanya). Kemala dan temannya adalah teman gue satu angkatan saat ikut PJBM alias Pelatihan Jurnalistik Bulutangkis Mahasiswa yang diadakan oleh Tabloid Bola dan PBSI pada 2013 lalu. Gue dan  Mala juga pernah meliput Indonesia Open bareng pada 2015 dan ikutan juga lomba supporter di tahun yang sama. Udah lama enggak ketemu, ternyata kami dipertemukan lagi di sini. Sebenarnya saat masuk ke ruang serba guna gue memang melihat ada dua perempuan hijaber duduk di paling depan. Namun karena di ruangan itu gelap, gue enggak engeh dan bisa melihat secara jekas kalau itu ternyata Mala dan temannya. Nah, barulah pas di luar saat saya foto-foto, Mala dan temannya nongol. Pas kita saling bertatapan baru deh kaget. Gue dan dia sama-sama manggil: “Valka!!” “Malaaa!!”

@america ternyata mempertemukan gue dengan sesama pejuang jurnalistik bulu tangkis! (dok. pribadi)
Oh ya, gue lupa bilang kalau di dalam @America tidak ada toilet. Jadi kalau kamu mau kencing atau boker buang air besar, kamu harus keluar dari @America dan pergi ke toilet umum. Nanti bisa masuk lagi deh. Tapi menurut gue enggak masalah sih dan gue maklum karena @America terletak di dalam mall. Jadi bukan masalah besar kalau harus keluar dulu.

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, gue merasa @America sukses bikin para pengunjung merasa pewe dan mager. Terlepas dari tampilan pintu masuknya yang kaku, gue rekomendasiin banget kalau tinggal di Jabodetabek atau sedang mampir ke Jakarta, buat berkunjung ke sini. @America cocok banget dijadiin tempat hang out yang enggak sekadar menghibur, tapi juga mendidik.

Akhirnya setelah puas berleyeh-leyeh ria di @America selama beberapa jam, Young and Bounty Hunter, kumpulan blogger kece memutuskan untuk pulang.  Tapi tetep… narsis dulu dong sebelum itu. Foto-fotonya dapat dilihat di bagian akhir ya. Setelah sempat lihat-lihat pameran starwars di lantai paling bawah, kita pun pulang ke rumah masing-masing.

Ke @America bareng udah. Kapan ya bisa ke Amerika Serikat bareng? Semoga. 

Kita berlima minus Mbak Ugi. Ki-ka: Ka Maidy, Ka Linda, ka Yusuf dan Ka Oo (dok. pribadi)
Fobar di depan bukti peresmian @america (dok. pribadi)
Di Instagramable Spot (dok. Achmad Humaidy)
Full team + Mala dan temannya (dok. pribadi)

Komentar

  1. salah satu Blogger Muda Indonesia review tempatnya lengkap nih*

    Jangan lupa BlogWalking ke http://perjalananhidupseorangachmadhumaidy.blogspot.co.id

    -terima kasih-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woah terima Kasih sudah mampir. Sudah dikunjungi :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kok sama sih postingannya: https://www.kompasiana.com/nkurniadi/menjelajah-atamerica-lewat-amerika_5956744190fdfda53a22f20e ??

    BalasHapus

Posting Komentar