Now I'm S.A :)


Jeng.. jeng..
akhirnya TOKO BUKU adalah singgasana gue berikutnya setelah sebuah tempat donat tempat gue bekerja sebelumnya
disini gue menjadi S.A. alias STORE ASSOCIATE
istilah kerennya sih gitu
artinya mah pramuniaga hehe

Sama seperti pramuniaga yang berarti 'pelayan toko'
store associate juga gitu
pekerjaannya gampang kok. Bisa dipelajarin sama siapa aja!

tugasnya secara umum adalah menjaga toko. tapi kalo kita rinciin lagi tugasnya lebih daripada itu

Pertama yaitu membantu customer untuk mendapatkan buku sesuai yang ia pinta
untuk soal ini S.A. bisa mencarinya di komputer dengan keyword berupa buku/penerbit/pengarang sesuai yang diminta
biasanya abis gitu akan ketauan kode rak dimana buku itu berada. Paling males kalo bukunya ada tapi tertera bahwa kode raknya "NO LOCATION".

Tugas S.A. kedua adalah mendisplay buku-buku yang baru dateng setelah itu kode bukunya diinput ke komputer sesuai dengan nomor rak dimana ia diletakkan. Ini dimaksudkan agar customer dapat dengan mudah menemukan buku kalau-kalau ia pengen beli buku itu

Tugas berikutnya adalah meretur buku-buku lama yang belum terjual. Bahasa kasarnya "NGGAK LAKU". Meretur adalah kegiatan mengembalikan buku terbitan lama. Biasanya jangka waktunya adalah 6 bulan sesudah pendisplayan. Misalnya sekarang bulan 11, berarti buku2 yang diturunin adalah bulan ke-3. Setelah diturunin dari rak terus buku2nya ditaro di belakang biar dibalikin ke penerbit.

Enggak cuma itu aja. Seorang S.A. juga harus mengiventarisir buku2 yang enggak ada barcodenya. Terus dijadiin satu dan dikasih tau dari rak mana biar nanti pas pengembalian buku gampang. 

Komentar