3 “Jangan” + 7 tips saat menghadapi UN

Dag-dig-dug
Dag-dig-dug

Waduh! Bunyi apaan tuh? Kok kayak gitu bunyinya?
O… Val tahu.. Lagi deg-degan ya menjelang UN?

UN? Yap! Tidak salah lagi, ritual yang setiap tahunnya diadakan dan terkadang membuat jantung deg-degan tinggal sebentar lagi. Yah,, bisa dibilang sudah menghitung hari. Apalagi nilai standarnya yang kini jadi 5,75. Humm…

Nah, bagi kamu khususnya yang saat ini akan melaksanakan UN, baik itu tingkatan SMP, SMA, dan sederajatnya, SWM punya trik-trik ampuh nih buat menghadapi ritual yang menyeramkan itu! Ampuh? Insyaallah… Dan barangkali saja trik and trik ini bisa membantu teman-teman demi kelancaran mengerjakan soal.

1. JANGAN PARNO

Takut, cemas, khawatir, pengen nangis, atau sebangsanya menjelang detik-detik UN itu mah udah biasa. Malah bisa dibilang manusiawi. Toh, bukankah dengan begitu dapat diartikan bahwa kita harus berjuang mati-matian demi menghadapi musuh yang bernama si “UN”? Oke, kamu boleh takut. Boleh deg-degan. Boleh khawatir. Dan lain sebagainya. Itu hakikat manusia kok. Kan Allah pernah bilang kalau Allah akan menguji manusia dengan khauf (rasa takut). Tapi… kalau ketakutan akan UN itu sudah merajalela dan membuatmu jadi parno, itu mah berbahaya banget! Bisa-bisa kita jadi sulit untuk mengerjakan UN nanti. UN memang ‘wah’, tapi rileks aja saat mengerjakannya. Juga atur deh dag-dig-dug yang terus-terusan berbunyi. Kuncinya harus tenang saat ngerjainnya.

2. JANGAN BELAJAR…

Jangan belajar? Nggak salah nih?
Eits, jangan suudzon gitu dong. Kan ada titik-titik setelah kata-kata itu. Jadi artinya ya ada kelanjutannya. Oke lah, untuk melaksanakan UN kita harus belajar yang giat. Tapi… inget juga dong, otak itu nggak selamanya kita gunakan untuk belajar. Yah, tahu sendiri, bisa-bisa ngebul deh otak. Belajar itu boleh. KUDU. Bagus malah. Tapi… JANGAN BELAJAR TERLALU MEMAKSA (nih kelanjutannya). Jadi kalo otak kamu udah benar-benar jenuh, jangan dipaksain buat sarapan lagi. Bisa-bisa kembung and akhirnya malah nggak ada yang nyantol satu pun. Jadi belajar secukupnya saja! Yah, meskipun cuman sedikit, bahkan cuma satu paragraf aja, yang penting rutin, daripada banyak-banyak sekaligus tetapi jarang-jarang. Nonton tv? Ya boleh-boleh aja kok, nggak ada yang melarang! Asal kamu harus tahu kapan waktunya ‘otakmu’ untuk beristirahat dan ‘BELAJAR’. GOOD LUCK!

3. JANGAN LUPA…

Jangan lupa persiapan, itu maksudnya! Nah, karena UN itu urgen banget apalagi bagi yang pengen masuk ke perguruan tinggi, jangan lupa nih sama persiapannya. Baik itu persiapan otak, persiapan keuangan, maupun perlengkapan sekolah. Siap-gak-siap, KUDU SIAP deh! Apalagi sama yang namanya pensil dan kawan-kawannya. Juga kartu UN nanti. Kudu dibawa deh! Jangan ampe lupa! Sebab kalau ketinggalan, itu juga bisa mempengaruhi daya konsentrasi kamu. Dan kalau masalah otak, siapin baik-baik deh. Ingat, UN itu dimaksudkan untuk memberikan yang terbaik, BUKAN menjadikan kita sebagai sosok yang “sok perfeksionis”. Jadinya ya… lakukanlah saja yang terbaik, yang dapat membanggakan sekolah kita dan yang dapat mengangkat nama kita dan orang tua kita. Entah itu nilainya 70, 80 dan bahkan 90, lakukan aja yang terbaik. Saran SWM, kita jangan terpaku dan berpatokan bahwa nilai mata pelajaran ini harus dapat 85 atau 90 misalnya. Punya target boleh-boleh saja, bagus malah. Tapi lebih baik lagi kalau kita berpikiran kalau LAKUKANLAH YANG TERBAIK dan usahakanlah MELEBIHI BATAS NILAI STANDARDNYA! Sebab kalau kita selalu berpatokan pada ‘nilai berapa’ yang akan kita dapat, secara nggak sadar, kita akan terbentuk menjadi sosok yang ‘sok perfeksionis’. Sebab apa-apa harus perfek. Nggak boleh jelek dari si ‘anu’. Harus lebih bagus dari si ‘anu’. Dan bla…bla… bla… Jadi, sekali lagi, lakukanlah yang terbaik deh dan berusahalah sekuat tenaga agar nilainya memuaskan!

4. KUDU OPTIMIS plus BERPIKIR POSITIF.

5. Santaplah makanan yang memberikanmu suntikan energi untuk belajar. Tapi hindari gula berlebihan karena akan membuatmu sukar berkonsentrasi

6. Sebutir apel akan membantumu berkonsentrasi lebih baik ketimbang secangkir kopi

7. Buatlah ringkasan kecil seputar pelajaran yang akan diUNkan. Bahkan jika perlu, distabiloin dan digarisbawahi tentang hal-hal yang penting.

8. Di saat mengerjakan soal UN, telitilah dan jangan terburu-buru. Kalau sudah, periksa lagi jawabannya. Dan kalau pun ada teman kamu yang udah keluar duluan, yaa… cuekin aja. Teruslah mengerjakan! Sebab jika kamu terpengaruh itu dapat menganggu konsentrasimu.

9. Minta doa dari orang tua, guru-guru, dan orang-orang terdekat. Dan… kurangilah perbuatan-perbuatan yang kurang baik.

10. Tentunya, jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan! Dan kalau bisa, beberapa hari sebelum UN, curhat saja sama Allah.
Akhir kata, selamat berjuang! Semoga DAPAT mengerjakan UN dengan BAIK dan LULUS dengan nilai yang memuaskan. Amin…

*** Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu BISA mengerjakan UN. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan BERHASIL. Kamu akan SUKSES. Kamu akan SUKSES. Kamu akan SUKSES. Kamu akan SUKSES. Kamu akan SUKSES. Kamu akan SUKSES. Kamu akan SUKSES. Kamu akan SUKSES. Kamu akan SUKSES. Kamu akan SUKSES. ***
Jakarta, 18 Maret 2010

Komentar