Istilah-istilah dalam Dunia Blog yang Perlu Kita Ketahui

Dalam bidang apapun, pasti ada istilah-istilah tertentu yang biasanya hanya dipahami oleh orang-orang yang berkecimpung di dalamnya, tak terkecuali dengan dunia blogging. Dunia blog juga banyak istilahnya lho! Walaupun saya telah berselancar di dunia blog sejak 2010, saya tak otomatis langsung tahu istilah-istilah tersebut. Saya bahkan baru tahu perlahan-lahan sejak setahun belakangan aktif. Pengalaman demi pengalaman dan pertemuan dengan satu teman ke teman lain memberikan saya pemahaman dan wawasan tentang istilah-istilah tersebut.

Nah, buat teman-teman blogger khususnya bagi blogger pemula, yuk kita kenali istilah-istilah di dunia blogging! Bagi nonblogger yang ingin tahu juga boleh kok. Ini mungkin belum mencakup semua istilah di dunia blogger. Jadi kalau ada yang kurang, silakan komentar ya! ^^

(dok. southindianholiday.com)
1. BW
BW adalah singkatan dari blogwalking atau kalau diartikan secara literal ke dalam Bahasa Indonesia berarti "berjalan di blog". Maksudnya, BW adalah kegiatan membuka, membaca dan bahkan memberikan komentar pada satu atau lebih postingan blogger lain. Kalau kita jadi blogger, biasakan bagi diri kita untuk melakukan BW ke blog orang lain. Enggak bakal rugi kok baca dan beri komentar pada postingan orang. Yang ada kita malah bertambah wawasan dan pengetahuan dan bahkan bisa mendapatkan inspirasi dari tulisan yang kita baca.

Kenapa? Soalnya sudah sifat dasar bahwa manusia adalah makhluk sosial yang butuh interaksi dan pasti membutuhkan satu sama lain. Begitu pun dengan blogger. Setiap blogger saling membutuhkan, terutama jika kita (blogger) sedang ikut dalam suatu proyek blogger yang melibatkan klien atau bahkan sedang ikut kompetisi. Dalam beberapa hal, jumlah komentar dan bahkan jumlah pembaca itu penting karena menandakan bahwa blog kita ada yang baca dan bermanfaat bagi orang lain. Nah, saat melakukan BW, usahakan jangan asal gugur kewajiban. Kalau melakukan BW ya beneran BW, dibaca dari awal sampai akhir alias jangan baca sekelebat lalu komen asal ya. Kamu baca blog saya saja sekarang sudah BW lho sebenarnya xD

2. Niche 
Niche adalah spesifikasi blog. Dengan kata lain, blog kita itu dominan membahas tentang apa sih? Apakah teknologi, olah raga, kesehatan, parenting, pendidikan, traveling atau apa gaya hidup? Ada blog yang dari A sampai Z postingannya khusus tema tertentu (misalnya tentang kecantikan mulu) namun ada pula yang random alias apa aja dibahas.

Ya, seperti saya ini. Gak jelas sih sebenarnya. Kesehatan ada, pendidikan ada, gaya hidup ada dan curhatan gak jelas juga ada. Nah, buat blog yang random, nichenya berarti terletak pada apa yang dominan dibahas di blog kita? Kalau dominan kesehatan berarti kesehatan, kalau tentang gaya hidup berarti gaya hidup dan seterusnya. Setiap blogger itu unik. Jadi enggak perlu ngikutin niche orang walau niche itu lagi banyak digandrungi atau favorit. Apa yang kita suka dan kuasai, ya sudah jadikan saja itu niche blog kita. Just be your(nique)self!

3. TLD 
TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain. Intinya, blog yang digunakan adalah blog yang sudah menggunakan domain berbayar alias enggak gratis. Cara membedakannya gimana? Yaa tinggal lihat saja di alamat blognya. Kalau di alamat blognya masih ada embel-embel .blogspot.com, .wordpress.com atau mungkin .tumblr.com, berarti itu artinya blognya belum TLD. Kalau sudah TLD berarti langsung .com. Saya sendiri sebenarnya sudah beli domain dan sudah melakukan pengaturan. Namun enggak tahu kenapa malah belum berubah-ubah sampai sekarang. Nanti deh saya benerin lagi. xD

Nah, terus gimana caranya untuk ngubah blog gratisan jadi blog TLD? Tinggal hubungi saja jasa penyedia domain berbayar. Ada banyak kok, mulai dari qwords, jagoan hosting dan sebagainya.

4. DA/PA
DA di sini bukan Dangdut Academy ya tapi merupakan kepanjangan dari Domain Authority. Sementara itu PA adalah kepanjangan dari Page Authority. Terus buat apa fungsinya?
Dikutip dari klikseo.com, DA/PA itu berperan banget dalam SEO alias Search Engine Optimazion) sebab berfungsi untuk memberi tahu ke kita tentang sejauh mana kualitas blog kita di mesin pencarian kayak mbah gugel.

Terus apa bedanya PA sama DA? Kalau PA itu gambaran rangking tentang blog kita di mesin pencarian sedangkan DA itu lebih cenderung pada kekuatan blog yang dipengaruhi oleh seberapa lama usia blog kita, seberapa banyak jumlah konten atau bahkan seberapa populer blog kita. Baik DA ataupun PA, keduanya memakai skor dengan skala 0-100. Semakin besar angkanya, maka semakin bagus yang itu artinya berpengaruh ke mesin pencarian.

Untuk mengetahui berapa DA/PA dari blog atau web kita mudah kok. Tersedia beberapa website pemeriksa DA/PA yang bisa kita gunakan secara gratis. Salah satunya bisa kita coba di sini. Tinggal masukkan saja nama blog kita apa terus tunggu sebentar deh, maka hasilnya akan muncul. Saya sempat mencoba pada 14 Januari 2018 dan hasilnya adalah jeng jeng... DA saya nilainya 90 sedangkan PA saya nilainya 1. Lumayan ya untuk DA-nya tapi untuk PA-nya hiks sedih banget ya :(

5. Unique Visitor
Unique visitor adalah jumlah pengunjung yang masuk ke suatu blog dalam waktu tertentu. Unique visitor berbeda dengan total visitor ya. Misalnya nih ada 4 orang masuk ke blog saya pada hari satu hari yang sama (Senin). Dari 4 orang tersebut, 2 orang berkunjung sebanyak 2 kali dan keduanya membuka 5 halaman blog.  Nah, berarti unique visitor pada hari Senin ada 4 orang. Total visitornya berjumlah 6 (karena 2 orang berkunjung sebanyak 2 kali ditambah 2 orang yang berkunjung sebanyak 1 kali dalam satu hari).

Itulah beberapa istilah di dunia blogging. Nanti kalau sempat saya tambahkan lagi. Kalau ada yang mau kasih tambahan silakan saja komen :)

Komentar

  1. Wah...Aku baru tahu loh yang DA sama PA...kepengen coba juga aaah....sementara ini aku belum banyak tau istilah perbloggeran karena aku masih newbie nih...Makasi yaaa buat pencerahannya ka valka... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masih banyak istilah dalam dunia blog yang belum kutahu kok. Hoho

      Hapus
  2. Waktu masih blogspot, dan/pa 95/1. Penasaran gimana cara naikin pa? Dan sekarang ganti tld. Dari 1/1 lagi. Lagi coba perbanyak postingan biar pas naik. Konon begitu kata orang2 biar pas kita naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya katanya kalau udah ganti TLD jadi dari awal lagi DA/PAnya. Nah, itu juga belum tau.

      Hapus
  3. Wah ternyata istilah-istilah dalam dunia blog tidak sedikit yah, banyak juga. Tapi jadi paham setelah baca istilah-istilah ini! Makasih ya gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Dengan senang hati mas, semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. Makasih banyak infonya... Sy newbi banget, infonya bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan senang hati kak. semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  5. Makasih banyak infonya... Sy newbi banget, infonya bermanfaat...

    BalasHapus
  6. Thanks gan infonya , baru semingguan main blog, silahkan berkunjung gan di blog saya mahmudmm11.blogspot,com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus

Posting Komentar