Yuk Cuci Mata di Meet the Makers ke-11!

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menunjukkan kecintaan kita terhadap Indonesia. Salah satunya melalui pameran kerajinan Meet The Makers yang diselenggarakan oleh Red Lotus. Bertempat di Alun-alun Indonesia yang terletak di West Mall Grand Indonesia lantai 3, kegiatan ini diharapkan menjadi sarana bagi para artisan (istilah lain untuk pengrajin) dan masyarakat umum dalam membuktikan kecintaannya terhadap budaya lokal.
Poster pameran Meet The Makers ke-11. Regenerasi menjadi tema utama pada pameran kali ini (dok. infoeventdekorasikartini.blogspot.com)
Oh ya, ini bukan kali pertama pameran Meet The Makers Indonesia diadakan lhoo, melainkan sudah ke-11 kali sejak pertama kali pada 2007. Diadakan sebanyak dua kali dalam setahun, pameran ini diadakan dengan tujuan untuk mempromosikan, melestarikan sekaligus mengangkat derajat kerajinan tradisional di kancah nasional. Berbagai artisan dari beragam daerah di Indonesia turut ambil bagian. Khusus tahun ini pameran Meet The Makers ke-11 mengusung tema "Regenerasi". Siapa saja mereka? Biar enggak penasaran, yuk lihat foto-foto saat konferensi pers di bawah ini! :D

Konferensi Pers Meet The Makers ke-11. Dibuka langsung oleh Bregas Harrimartoyo selaku SC pameran (dok. pribadi)
Jauh-jauh dari pulau Sabu, NTT, mama Yovita turut ambil bagian (dok. pribadi)
Kalimantan siap "menggoyang" Meet The Makers ke-11 lewat artisan Borneo Chic (dok. pribadi)
Yang ini Cinta Bumi Artisan. Kerajinan fuya asal Sulawesi Tengah menjadi andalannya :D (dok. pribadi)
LAWE. Social enterprise asal Jogja yang satu ini sudah eksis sejak 2004! (dok. pribadi)
Ssssttt... Mbak Endang Wilujeng dari Omah Batik Sekar Turi ini mantan penjual es doger di Papua loh. Kalau dia enggak beralih profesi jadi artisan, mungkin enggak ada di Meet The Makers kali ya? (dok. pribadi)
Ayoo jangan mau kalah sama orang asing! Antropolog Prancis bernama Ibu Genvieve ini bahkan sudah puluhan tahun terlibat dalam dunia kerajinan Indonesia, terutama di Pulau Savu, NTT! (dok. pribadi)
Segitu aja? Enggak dong! Masih ada banyak lagi. Tercatat ada sekitar 16 artisan yang terlibat. Regenerasi menjadi tema utama dalam pameran kali ini karena kerajinan Indonesia tak sekadar sebuah kesenian semata, melainkan juga rangkaian sejarah, nilai budaya dan fungsi yang tinggi dalam kehidupan masyarakat masa lampau dan sekarang. Wiiih, keren kan?


Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, enggak usah takut untuk enggak sempat datang karena pameran ini berlangsung cukup lama. Pameran ini diadakan selama dua minggu, terhitung sejak 21 Oktober hingga 2 November 2016. Jadi kita punya pilihan waktu yang cukup banyak untuk berkunjung ke pameran. 

Namanya saja pameran kerajinan, jadi jangan pikir kalau di sini hanya ada kerajinan batik. Kerajinan lainnya seperti keramik khas Bayan, kulit kayu khas Fuya, tas, dompet bahkan hingga gantungan kunci juga ada looh! Pokok'e lengkap deh! Penasaran seperti apa? Lihat bocorannya di bawah ini dulu aja deh. Awas ngiler! :D
Cantiknya batik buatan artisan "Morenggo" (dok. pribadi)
Gantungan kunci yang unyu-unyu karya LAWE. Aduh, buat saya kepengen borong semua! (dok. pribadi)
Tas cantik ala Borneo Chic. Cewek mana sih yang enggak bakal naksir? (dok. pribadi)
Ingin kekinian dan tetap stylish? Dompet buatan Weaver of The Mama Aleta Community bisa jadi pilihan! (dok. pribadi)
Untuk memanjakan para pengunjung, di sini juga ada talk show dan demonstrasi kerajinan dari sejumlah artisan yang berbeda setiap harinya. Salah satunya adalah demonstrasi pembuatan kerajinan dari kulit kayu atau fuya asal Lembah Bada, Sulawesi Tengah. Dijamin bakalan bikin kita pinter tentang kerajinan lokal!

Pak Agus dari Sulteng mendemonstrasikan pembuatan kerajinan kulit kayu asal Sulteng. (dok. pribadi)

Asiknya lagi, pameran ini "blogger-friendly" banget! Pihak penyelenggara sadar betul akan keberadaan para blogger dalam memberikan pengaruh ke masyarakat luas lewat tulisan, apalagi di zaman yang serba digital ini. Oleh karena itu pihak penyelenggara menggandeng para blogger dengan mengadakan lomba blog dengan hadiah yang amat menggiurkan. Enggak tanggung-tanggung, Pemenangnya bisa mendapat kerajinan senilai 500 ribu-1.5 juta rupiah! Lomba ini berlangsung dari 21 hingga 29 Oktober 2016 dan pengumumannya akan dilakukan pada 30 Oktober 2016. Kece abis kan?

Dengan hadiah yang sekeren ini, blogger mana sih yang enggak bakalan mupeng? :D
Di tengah-tengah arus modernisasi yang semakin deras ini sudah saatnya kita semakin meningkatkan kepedulian kita terhadap kerajinan lokal. Enggak susah kok caranya, cukup datang ke pameran Meet the Makers juga menjadi salah satu kontribusi kita dalam mendukung kerajinan loka! Kalau biasanya cuci matanya di mall hanya sekadar belanja atau makan, sekarang yuk cuci mata di pameran Meet the Makers ke-11! Jangan lupa ajak teman-temanmu sebanyak mungkin. Ramaikan pameran, lestarikan yang tradisional. Kuy lah! :D

#meetthemakersindonesia #regenerasi #alunalunindonesia #bloggercihuy

Komentar

Posting Komentar