Rekomendasi Lagu untuk Jadi Pribadi Lebih Baik pada 2021

resolusi-2021
(dok. example.ng)
Enggak terasa sudah sebulan lamanya kita menjalani tahun 2021. Memasuki tahun yang baru ini, kita pasti berharap dapat menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Istilah kerennya: New Year New Me. 

Dengan hadirnya kondisi pandemi yang berlangsung sejak tahun 2020, saya enggak berharap muluk-muluk dalam menentukan apa yang ingin saya capai. Oleh karena itu, saya hanya menuliskan beberapa resolusi sederhana.

Namun ini bukan sekadar resolusi. Impian-impian tersebut saya tulis karena terinspirasi dari beberapa lagu yang saya dengarkan. 

Tak bisa dipungkiri, lagu juga dapat membuat sebuah perubahan. Makna lirik yang terkandung di dalamnya dapat memberikan kita motivasi untuk menjadi pribadi lebih baik lagi ke depannya.

Melalui tulisan ini saya ingin merekomendasikan lagu-lagu yang saya maksud. Jika kamu ingin lebih baik ke depannya, maka tulisan ini pas untuk kamu baca. Siapa tahu kita punya tujuan yang sama sehingga lagu-lagu di bawah ini juga cocok untuk kamu dengar.

Bangkit dari Dampak Covid-19 ("Jatuh, Bangkit Kembali" - HIVI!)

Lagu pertama yang cocok buat didengerin biar kita jadi pribadi yang lebih baik pada 2021 adalah "Jatuh, Bangkit Kembali" dari grup musik HIVI!. Lagu yang rilis pada 2019 ini diciptakan oleh Ezra Mandira, gitaris sekaligus vokalis HIVI!.

Menurut saya, lagu ini rekomen banget buat dimasukin ke dalam playlist karena selain memiliki nuansa musik ala-ala lagu tema (soundtrack) anime yang penuh semangat, lagu ini juga memiliki lirik yang simpel tapi bermakna. Didengar berulang kali pun juga enggak bosen.

hivi
HIVI! (dok. HIVI!)

Sesuai dengan judulnya, "Jatuh, Bangkit Kembali" bercerita bahwa hidup tak selamanya berjalan mulus seperti jalan tol. Namanya hidup, tentu terkadang ujian datang dan bisa membuat kita merasa terpuruk.

Tak masalah jika kita terperosok berkali-kali. Jatuh atau gagal itu biasa. Namun sebanyak apapun kita terjatuh, yang penting jangan putus asa dahulu. Berusahalah untuk terus bangkit karena pelaut hebat tak pernah lahir di laut yang tenang.
 
Ini sesuai dengan penggalan liriknya yang berbunyi sebagai berikut:
Sadarlah
Yang terjadi dalam hidupmu
Tak selalu semudah itu 
Berjalan
Mengikuti keinginanmu
Jangan putus asa dahulu
Karena pelaut hebat 
Tak pernah lahir di laut yang tenang
Hai kawan teruslah kau berjuang
Kita semua boleh jatuh
Tapi harus bangkut
Bangkit bangun kembali
Kita semua boleh jatuh
Tapi harus bangkit
Bangkit bangun kembali

"Jatuh, Bangkit Kembali" juga makin istimewa karena lagu ini menjadi kekuatan bagi korban tsunami di Palu. Pada 28 September 2018, seharusnya HIVI! mengadakan konser di salah satu SMA di Palu, Sulawesi Tengah. Namun lantaran saat itu sedang ada bencana tsunami, konser tersebut kemudian dibatalkan.

Menjelang akhir tahun, tercetuslah ide oleh HIVI! untuk meringankan beban korban tsunami Palu. Akhirnya pada 22-23 Desember 2018 mereka mengadakan bakti sosial di Palu dan mengadakan konser kecil di sekolah yang sebelumnya mereka batal kunjungi. 

Pada waktu bersamaan, HIVI! juga membuat video clip di sana. Selain itu, keuntungan yang diperoleh dari penjualan lagu dan merchandise "Jatuh, Bangkit Kembali"  disalurkan kepada korban tsunami Palu dan korban bencana lain yang membutuhkan.

Adanya pesan untuk bangkit dari keterpurukan membuat lagu ini tak hanya cocok bencana di Palu. Berlangsungnya pandemi sejak tahun lalu juga membuat lagu ini amat relevan sebagai penyemangat dengan masa sekarang. Faktanya, semua sektor terdampak akibat covid-19.

Gara-gara corona, tak sedikit dari kita yang tersungkur dalam waktu sekejap padahal beberapa saat sebelumnya keadaannya baik-baik saja: dari perusahaan besar yang gulung tikar, karyawan di-PHK, orang yang harus melawan penyakit dan bahkan hingga kondisi ketika seseorang harus menghadapi perpisahan dengan orang-orang terkasihnya.

Tentu tidak mudah melewati cobaan yang berat ini. Namun di saat semua orang sedang berjuang dari keterpurukannya masing-masing, sudah saatnya kita juga untuk berusaha bangkit. Kita semua boleh jatuh. Tapi harus bangkit. Bangkit bangun kembali.


Hidup Lebih Sehat ("Ayo Fitness" - Agung Hercules)

Setuju enggak kalau nikmat terbesar dalam hidup adalah kesehatan?

Pasti setuju dong *maksa :p*. Soalnya mau sekaya, secakep atau setinggi apapun jabatan kita, akan lebih berarti jika kita sehat.

Sebagai manusia normal, kita pasti akan mengalami sakit. Meski begitu, bukan berarti kita pasrah begitu saja. Kita tetap harus berikhtiar untuk senantiasa meningkatkan kualitas kesehatan agar risiko penyakit yang kita alami dapat diminimalisasi.

Cukuplah tahun lalu saya beberapa kali tumbang karena sakit karena kebanyakan males gerak dan kurang mengonsumsi makanan yang bergizi. Tahun ini mudah-mudahan kesehatan saya lebih baik lagi.

ilustrasi-olahraga
Oleh karena itu, sejak akhir tahun saya sudah mulai membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat, mulai dari rutin berjalan kaki, bermain bulu tangkis, bersepeda bahkan hingga mengurangi minuman boba ataupun minuman ringan. 

Untuk memperkaya wawasan, saya juga mulai rajin mencari informasi tentang akses atau layanan kesehatan. Dari hasil pencarian, saya akhirnya menemukan info bahwa ternyata salah satu akses kesehatan terbaik adalah Malaysia Healthcare.

medical-tourism-malaysia-indonesia
Tampilan laman Medical Tourism Malaysia Indonesia (dok. medicaltourismmalaysia.id)
Malaysia Healthcare ini punya perwakilan di Indonesia yakni Malaysia Healthcare Indonesia. Melalui layanan ini kita bisa mengakses beragam layanan kesehatan, mulai dari mendapatkan rekomendasi RS terbaik di Malaysia (seperti Ara Damansara Medical Centre, Gleneagles Kuala Lumpur dan Island Hospital) hingga mendapatkan informasi seputar estimasi biaya berdasarkan kebutuhan untuk pengobatan dan perawatan.

malaysia-healthcare
Alasan kenapa memilih Malaysia Healthcare (dok. medicaltourismmalaysia.id)
Yang menarik, dalam rangka menyambut tahun 2021, Malaysia Healthcare Indonesia menyelenggarakan aktivitas "New Year New Me" lho. Jadi, cukup pasang filter telah tersedia di bagian profil instagram @medtourismmy.id kemudian share di IGS sesuai syarat dan ketentuan berlaku, kita berkesempatan dapat hadiah menarik berupa saldo digital. Wow!

Saya rasa sih bukan saya saja yang berharap untuk hidup lebih sehat, khususnya dalam menjalani hari-hari pada 2021. Saya yakin teman-teman yang baca tulisan ini juga pasti sama.

Ngomongin soal hidup lebih sehat, saya punya rekomendasi lagu yang cocok didenger nih khususnya bagi siapapun yang pengen hidup lebih sehat. Siapa tahu jadi lebih semangat lagi dalam mencapai tujuan. Judul lagu tersebut adalah "Ayo fitnes yang dinyanyikan oleh (alm.) Agung Hercules.

Penasaran kayak gimana liriknya? Seperti ini bunyinya. Liriknya persuasif banget ngajakin kita buat menerapkan pola hidup sehat. Bahkan Mas Agung menyarankan kita buat melakukan fitness!

Ayo rame-rame kita lestarikan
Pola hidup sehat dengan olahraga
Fitness.. fitness.. kebugaran.. yo 
Fitness.. fitnes.. kesehatan..
Fitness fitness kesehatan

Pada penggalan lirik berikutnya kita malah diingatkan dengan pepatah lama.

Di dalam tubuh yang sehat 
Terdapat jiwa yang kuat
Begitulah pepatah lamanya ooo... ooo...

Namanya sakit enggak pernah enak. Dengan dengerin lagu ini kita juga bakal diingetin buat jaga kesehatan dan makan menu yang utama.

Jagalah kesehatanmu
Sebelum jatuh sakitmu
Jangan lupa menu yang utama oh yeah..
Empat sehat lima sempurna

Memaafkan Diri Sendiri ("Forgive Yourself" - Inna Modja)

Apa salah satu kesalahan terbesar dalam hidup?

Bagi saya adalah belum memaafkan diri sendiri. Terkadang kita menyadari bahwa kita sudah memaafkan kesalahan orang lain. Namun di sisi lain ternyata kita masih menutup hati untuk memaafkan diri sendiri. 

Adanya rasa penyesalan atas kesalahan yang pernah dilakukan di masa lampau atau kekecewaan karena tidak memikirkan matang-matang atas apa yang dilakukan atau tidak dilakukan pada waktu tertentu menjadi penyebab utamanya.

Kesalahan di sini bisa berbentuk apa saja. Bisa berupa seseorang yang gagal lulus sarjana, seorang ibu yang ditinggal anaknya saat masih bayi hingga seorang anak yang ingin menunjukkan baktinya kepada kedua orang tuanya secara langsung namun tak berhasil karena mereka keburu meninggal dunia.

Mengalami penyesalan adalah hal yang manusiawi. Tapi jika kita dihantui rasa penyesalan terus-menerus, rasanya tidak baik untuk kesehatan mental. Alhasil, hidup tidak akan terasa tenang dan kita akan kesulitan melangkah ke depannya.

Mumpung masih awal tahun, saya rasa ini waktu yang tepat bagi kita untuk belajar memaafkan diri sendiri atas beragam kesalahan di masa lalu. Memaafkan diri sendiri enggak berarti mengabaikan kesalahan ya. Kita tetap mengakuinya, namun kita lalu melepaskannya sebagai pelajaran agar tidak terulang lagi karena yang berlalu biarlah berlalu. 

Nah, buat manteman yang pengen jadi pribadi yang baru pada tahun baru, enggak ada salahnya buat dengerin lagunya mbak Inna Modja dari Mali. Liriknya yang dalam membuat kita merefleksikan diri tentang seberapa jauh kita menerima diri sendiri.

You can fight the feeling
The pain is too deceiving
You just keep believing
But nothing's really wrong

Mbak Inna juga ngingetin untuk jangan takut dengan kesalahan. Lepasin aja segala penyesalan yang ada karena yang berlalu biarlah berlalu. Lebih baik maafkan diri sendiri.
Don't be scared of your darkness
Wait till tomorrow , it will be gone
Sorrow changes with seasons
Sometimes with no reason
Just let it go
Forgive Yourself, Forgive Yourself
 
 
 
Akhir kata, tahun 2021 masih panjang. Terlepas seberapa banyak batu kerikil yang akan kita lalui nantinya, saya berharap semoga Tuhan senantiasa melindungi dan memberikan kita kemudahan dalam menjalani hari-hari.

Comments

  1. wah jadi ikutan semangat untuk menjalani tahun ini, ternyata dari lagu kita bisa berkontemplasi yaa

    ReplyDelete

Post a Comment