Mie Geprek Katsu, Dahsyatnya Menu Baru di Mie DP

Setelah sebulan lamanya, akhirnya saya datang lagi ke kampus UIN tertjinta. Jika sebelumnya saya ke kampus untuk foto-foto dan selfie-selfie dengan menggunakan toga, kali ini saya ke sana untuk mengurusi ijazah dan foto wisuda. Sebenarnya udah males sih ke kampus lagi, tapi karena ada yang harus diurus, mau tak mau saya harus ke sana. Untuk menyelesaikan itu semua, yo wis, berangkatlah saya ke Tji Poe Tat pada Rabu lalu (14/3) dengan naik taksi busway.

Sambil menyelam minum air. Sebenarnya selain untuk mengurus ijazah, ada satu misi lagi yang dilakukan di Tji Poe Tat: wisata kuliner. Namun saya tidak sendiri, melainkan bersama Ka Maidy alias Me Eksis dan Said. Nah, dari sekian banyaknya tempat makan yang berjejer di sepanjang Jalan Pesanggrahan di sebelah kampus Tji Poe Tat tertjinta, pilihan kami tertuju pada Mie DP. Tampilan luarnya yang menarik dengan warna cat yang didominasi oleh warna hitam-merah dan adanya rekomendasi dari Said membuat perut kami tergerak untuk makan di sana. Mie DP cabang UIN sendiri sudah ada sejak 2013.

Oh ya, walau ada unsur kata 'DP', Mie DP enggak ada hubungannya sama sekali dengan artis berinisial DP alias Dewi Perssik apalagi Down Payment alias uang muka ya. Kebetulan aja singkatannya sama. Kata DP di sini berarti Dahsyat Puedes. Dinamakan demikian karena konon katanya menu andalan di Mie DP adalah menu berupa mie yang memiliki level kepedasan berbeda-beda. Mie dipilih sebagai menu utama karena mie adalah makanan yang dapat dimakan pada waktu kapanpun.
Mie DP bukan Mie Dewi Perssik (dok. kompas.com)
Jam sudah menunjukkan waktu makan siang. Tanpa pikir panjang, segeralah kami memesan makanan karena perut sudah main konser. Awalnya saya sempat bingung karena gambar-gambar makanan di menu tersebut bikin ngiler semua. Namun setelah sempat nanya-nanya ke Said yang sering makan di Mie DP, akhirnya saya memutuskan untuk memesan menu berupa Sushi Scramble Katsu, Es Green Tea dan tentu saja menu baru yang baru rilis, apalagi kalau bukan Mie Geprek Katsu! Menu ini rilis pada 12 Maret 2018 lalu. Ayam geprek sih udah sering, tapi kalau katsu geprek dan disajikan sebagai topping pada mie? Wah, bikin penasaran!
Mie geprek katsu, menu baru di Mie DP (dokpri)
Oh ya, saat kita memesan mie di Mie DP, jangan lupa tentukan level kepedasannya ya. Terdapat 6 level kepedasan dari level terendah ke level tertinggi. Ada level alay (0-15), ababil (16-30), kepo (31-45), ciyuss (46-60), peudes bingitz (61-80) bahkan hingga level dahsyat peudes (81-100). Setiap angka menandakan jumlah sendok cabe yang ditaburkan pada mie yang kita pesan. Semakin tinggi levelnya, semakin pedas dan semakin mahal harganya dengan selisih harga Rp1000 per level. Misalnya kita memesan mie geprek katsu level 16 alias ababil. Itu artinya, mie yang kita pesan akan ditaburi cabe sebanyak 16 sendok dan harganya lebih mahal Rp1000 dibanding ketika kita memesannya dalam level alay. Untuk menu mie geprek katsu yang saya pesan, saya sendiri meminta level 5.

Setelah menunggu beberapa menit alhamdulillah akhirnya pesanan kami jadi. Mbak-mbak berhijab mengantarkannya ke meja. Seketika kami pun menikmati menu yang masing-masing kami pesan.

Es Green Tea alias matcha menjadi menu pertama yang saya cicipi. Saya memilih es matcha karena saya memang penggemar teh terutama matcha. Entah kenapa setiap ada pedagang minuman yang terbuat dari matcha, pasti deh kepengen beli. Berhubung Mie DP menyajikan menu es matcha juga, maka saya pun memesannya. Tampilan es matcha di sini menarik dengan adanya cream yang dihias seperti bunga di atasnya. Cantik. Saya suka dengan matchanya. Perpaduan antara krim dengan matcha-nya menimbulkan sensasi rasa yang unik. Ada unsur matchanya, tapi ada sedikit rasa susunya. Manisnya pas. Enggak lebay, tapi juga enggak kurang.
Segernya es matcha di Mie DP (dokpri)
Setelah nyobain matcha, saya beralih pada Sushi Scramble Katsu yang tampak menggoda selera. Rasanya enggak PHP karena enak banget! Butiran-butiran nasi bercampur dengan potongan rumput laut, katsu dan saus saat dikunyah ke dalam mulut terasa begitu nikmat. Kalau ingin merasakan sushi yang otentik dengan Jepang jelas bukan Mie DP tempatnya karena sushi di Mie DP telah disesuaikan dengan citarasa lidah orang Indonesia.
Sushi scrammble katsu yang bikin ngiler (dokpri)
Puas mencicipi matcha dan sushi, saatnya saya menikmati sajian utama, yakni mie geprek katsu. Ini dia menu yang ditunggu-tunggu. Mie geprek katsu adalah mie kering alias tanpa kuah. Tampilannya cukup menarik dengan berbagai topping yang dijamin mampu bikin kita ngiler. Ada potongan katsu yang telah digeprek, daun selada, telur rebus, remahan kerupuk pangsit dan tentu saja taburan cabe yang akan buat kita keringetan. Mantap deh pokoknya!
Dahysatnya mie geprek katsu di Mie DP (dokpri)
Seperti menu mie kering lainnya, mie geprek katsu memiliki citarasa kecap di dalamnya. Hal itu tampak pada penampilannya yang berwarna kuning agak kehitaman. Namun adanya taburan cabe dan bumbu lainnya membuat rasa kecapnya tidak begitu kental. Ada manisnya sih, tapi rasa pedasnya lebih dominan sehingga saya tidak terasa makan mie kecap. Dengan tekstur mie yang lembut dan mudah diseruput, mie geprek sangat eat-able!

Adanya taburan remahan kerupuk pangsit menambah selera makan. Saat dikunyah, rasanya crunchy-crunchy gimana gitu. Sekilas sih kayak mie ayam, namun sebenarnya berbeda. Untuk katsunya saya suka. Rasanya agak juicy namun tidak berminyak. Jangan lupa untuk makan seladanya ya. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menambah amunisi kesehatan untuk tubuh kita.

Untuk level kepedasan, saya rasa saya masih harus menyesuaikan untuk menikmati mie di level alay sebelum beranjak ke level yang lebih tinggi. Bagi saya level 5 itu sudah pedas dan sudah mampu membuat saya berkeringat dan merasa lidah berapi-api. Saya bahkan sampai harus menyeruput es matcha berkali-kali untuk meredakan rasa pedasnya, padahal saya sendiri pecinta makanan pedas. Buat pemula, saya rasa level ini cocok banget dijadikan sebagai pemanasan. Baru deh kalau sering makan kita bisa menantang diri kita dengan mengupgrade level kepedasan yang lebih tinggi.
Saatnya makan mie geprek katsu! (difoto oleh Nur Said)
Secara keseluruhan saya suka dengan menu yang saya pesan, terutama menu baru berupa mie geprek katsu yang benar-benar 'dahsyat peudes'nya! Kendati mengikuti tren jaman now dengan adanya menu ayam geprek, mie geprek katsu buatan Mie DP punya jati diri sendiri.

Dengan kisaran harga Rp16.000 tergantung level kepedasannya, rasa mie geprek katsu sangat memuaskan. Perut pun akan lega karena kekenyangan. Mie geprek katsu aslinya adalah mie kering. Namun kalau kita mau coba dengan kuah, boleh-boleh saja. Begitu pun dengan topping tambahan. Pelayanan di Mie DP bersifat fleksibel alias tergantung permintaan. Tentu saja harga yang harus dibayar akan berbeda dari menu aslinya.

Siapa yang mau coba mie geprek katsunya Mie DP? (dokpri)
Mie geprek katsu yang menggugah selera (dokpri)
Masukannya apa ya? Hmm... saya rasa mungkin waktu penyajian mie geprek katsunya bisa lebih dipercepat karena saat memesan mie geprek katsu, menunya tersaji dalam durasi yang agak lama dibanding menu yang lain.  Hehe. Saya juga akan sangat senang jika potongan katsunya lebih diperbanyak.*ngarep* haha.

Saya rasa ini bukan kali terakhir saya memesan mie geprek katsu. Kalau ke Ciputat lagi, saya rasa saya bakal memesannya lagi dan menanti menu-menu inovatif lainnya.
Berfoto di Mie DP (dari kiri ke kanan: Pak Adit - saya - me eksis - Said)

***

Twitter Mie DP: @dahsyatpeudes
Instagram Mie DP: @mie_dp

Komentar

  1. Wah..kok enak yaaa...waktu itu aku udah coba menu susgu yang daging sama yang ada keju mozarella nya...enak banget! Minumnya lychee tea yang sueger Pisan..jadi penasaran nih sama menu Mie nya.. hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, berarti kalinda belum nyobain menu mienya ya? Boleh bo kapan2 kl ke Tji Poe Tat kita kulineran di sana lagi xD

      Hapus
  2. Sushi scrammble katsunya bener tuh bikin ngiler.

    Oia, ceritain juga dong ada Blogger Soms yang ngga dateng, tapi minta dibungkusin Mie DP'a. Kan bikin KZL!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sushinya enak banget ka. Kalau ke sana pengen mesen lagi rasanya. Wah siapa itu blogger soms? Wkwk

      Hapus
  3. nantangin tuh sushi scrammble katsu -nya

    BalasHapus
  4. Hmm, boleh juga dicoba kalau pas ke Tji Poe Tat UIN. Cukup menggoda untuk disantap. Etapi, itu level dahsyat pedas level 100, maksudnya 100 sendok sambal cabe gitu? Uedan...yang bisa makan sepedas itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap. bener mbak jadi 100 sendok xD Dewa banget deh yang nyobain level 100 wkwk

      Hapus
  5. Melihat gambarnya aku tertarik dengan sushi sama es matcha nya.
    Menggoda iman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw iya bikin ngiler banget mbak menunya :9

      Hapus
  6. Dari namanya unik juga ya mie geprek katsu..aku pikir mienya digeprek kayak ayam geprek gitu..

    Es matcha juga menggoda untuk di coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw enggak mbak. Katsunya aja yg digeprek terus dijadiin topping mie. Es matchanya enggak kalah enaknya lho

      Hapus
  7. Sushi scramble katsu malah yang menurut gw menarik hehe.. pengen nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw semuanya menarik kok sebenarnya xD

      Hapus
  8. Foto fotonya bikin ngiler euy.... ini geprek versi mie ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Biasanya kan ayam geprek nah ini mie geprek katsu.

      Hapus
  9. Aku suka banget yang ada kejunyaaaa!!! pasti juara banget. Plus yang ada pangsit gorengnya. Pasti kriuk kriuk nikmat!

    BalasHapus
  10. Ternyata kalia temen kuliah, eh atau cuma gak sengaja ketemu ya?
    Aku suka mie yang pedes2 gtu. Harganya jg ramah kantong ya, mungkin krn langganan mahasiswa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Said doang mbak satu kampus. Tapi kalau sama me eksis beda kampus. Mie pedes juga favoritku xD

      Hapus
  11. wahhhhhh, mieeeee geprelkkkk rasanya pasti lebih nampoolll niiihh. malam malam liat beginian perut ikutan ribut kalau giniii.. oiya, maapkeun yaa , baru sempat bewe vinanya :)

    salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mampir ke Ciputat, dicoba aja mbak mie gepreknya xD

      Hapus

Posting Komentar